BlogLifestyle7 Rekomendasi Merk Joran Pancing Terbaik, Murah dan Kuat
0
0

7 Rekomendasi Merk Joran Pancing Terbaik, Murah dan Kuat

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Agu 24, 2022

10 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan memancing, memilih joran pancing terbaik tentu sangat penting dilakukan. Selain berfungsi sebagai dudukan reel, joran pancing juga sangat berperan sebagai tumpuan dalam proses pengangkatan ikan hasil tangkapan, terutama ikan berukuran besar.

Jika kita ingin memancing ikan berukuran besar, tentu dibutuhkan joran pancing yang kuat dan tidak mudah patah. Selain itu, joran pancing juga harus disesuaikan dengan karakteristik ikan dan juga lokasi pemancingannya. Semua hal itu akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

Teknik dan Jenis Joran Pancing yang Bagus

Sebelum menentukan joran pancing yang akan digunakan, Anda harus tahu beberapa hal tentang joran pancing itu sendiri. Mulai dari jenis-jenis joran pancing yang ada di pasaran, teknik memancing yang akan diterapkan, lokasi pemancingan, hingga reel yang akan digunakan.

Banyak tersedia joran pancing yang dijual dengan harga murah, tetapi memiliki kualitas yang baik. Itulah kenapa kita jangan terpaku pada harga tinggi atau fitur yang lengkap saja. Terkadang, untuk jenis ikan atau lokasi pemancingan tertentu, joran pancing yang dibutuhkan tidak perlu yang lengkap.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih joran pancing untuk digunakan:

1. Jenis-Jenis Joran Pancing

Jenis Jenis Joran Pancing

Joran untuk memancing di area kolam tentu akan berbeda dengan joran untuk di tengah laut. Perbedaan tersebut terletak dari bahan pembuatan, panjang joran yang bersangkutan, serta fitur-fitur yang melengkapinya. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak pembahasan berikut ini:

· Joran Pole (Tegek)

Jenis joran yang pertama adalah joran pole atau tegek. Joran jenis ini sangat cocok digunakan untuk area kolam dan juga sungai. Penggunaannya juga tidak sulit karena tidak memerlukan reel untuk menarik ikan yang tertangkap.

Pemasangan senar juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan kedalaman kolam atau sungai. Biasanya, joran jenis ini digunakan untuk memancing ikan dengan intensitas yang cepat sehingga umpan tidak perlu dilempar, dan hanya dicelupkan saja.

Panjang Joran: 300 cm – 700  cm

Lokasi: Kolam dan sungai

Model: Antena

Model Reel: Tanpa reel

· Joran Bambu (Kolaman)

Jenis joran pancing berikutnya yang biasanya digunakan untuk memancing di kolam adalah joran bambu. Ciri khas utamanya adalah pada bagian pangkal yang berupa ukiran sebagai pegangan. Harga dari jenis joran ini relatif murah dan bisa dibeli oleh semua kalangan.

Jenis ikan yang bisa dipancing menggunakan joran ini meliputi ikan-ikan yang biasa ditempatkan di dalam kolam, seperti lele, gurameh, nila, dll. Panjang joran bambu sendiri berkisar antara 80 cm sampai dengan 120 cm. Joran ini memiliki bagian sambungan antara joran dan bambu yang kuat.

Panjang Joran: 80 cm – 120  cm

Lokasi: Kolam

Model: Pieces dengan ukiran pada bagian pangkalnya

Model Reel: Tanpa reel

· Joran Antena (Teleskopik)

Joran antena memiliki panjang yang bisa disesuaikan layaknya antena pada radio, mulai dari 150 cm sampai dengan 500 cm. Sifatnya yang bisa diatur panjang pendeknya membuat pancing ini praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Pada bagian reel, model yang digunakan adalah reel spinning.

Bagian atas pada joran jenis ini biasanya terbuat dari bahan yang keras dan berisi, sementara di bagian pangkalnya bolong. Joran pancing terbaik jenis ini dijual dengan harga yang cukup variatif, ada yang di bawah 100 ribu rupiah, tetapi ada juga yang dijual dengan harga di atasnya.

Panjang Joran: 150 cm – 500  cm

Lokasi: Kolam dan danau

Model: Antena

Model Reel: Reel Spinning

· Joran Fly Fishing

Jenis joran berikutnya adalah joran fly fishing. Penamaannya berdasarkan umpan yang digunakannya, yaitu FLIES. Umpan tersebut merupakan serangga dengan berat yang relatif ringan sehingga bisa dilempar dengan jarak yang cukup jauh.

Joran jenis fly fishing dapat digunakan untuk lokasi pemancingan di area sungai ataupun danau. Panjang joran ini berkisar antara 180 cm sampai 450 cm dengan diameter yang kecil. Untuk jenis ikan yang bisa dipancing adalah ikan-ikan kecil atau ikan di air dangkal.

Panjang Joran: 180 cm – 450  cm

Lokasi: Sungai dan danau

Model: Sambungan (piece) berdiameter kecil

Model Reel: Reel spinning

· Joran Ice Fishing

Berikutnya, ada juga jenis joran ice fishing yang bisa digunakan untuk memancing ikan-ikan seperti lele, nila, mujair, tombro, bandeng, dll. Joran ini termasuk berukuran pendek dengan ukuran panjang berkisar antara 50 cm – 100 cm.

Sementara model jorannya terdiri dari model sambungan dan juga teleskopik sehingga mudah untuk dikemas saat ingin membawanya menuju lokasi pemancingan. Joran ini termasuk jenis joran yang hanya digunakan di kolam, danau atau tempat-tempat beku dengan membuat lubang di atasnya.

Panjang Joran: 50 cm – 100  cm

Lokasi: Kolam, danau, tempat beku

Model: Sambungan (piece), antena

Model Reel: Reel spinning, reel overhead, reel kecil

· Joran Trolling

Jenis joran trolling merupakan salah satu jenis joran yang dirancang khusus untuk memancing menggunakan teknik trolling, yaitu teknik memancing dengan cara menyeret umpan menggunakan perahu. Teknik trolling sendiri biasanya digunakan untuk memburu ikan predator di laut lepas.

Jika Anda ingin menekuni olahraga memancing menggunakan teknik trolling, joran pancing terbaik yang bisa Anda pilih adalah joran khusus ini. Pasalnya, desain reel dan juga ring guidenya benar-benar dibuat khusus untuk mengoptimalkan proses memancing dengan teknik trolling.

Panjang Joran: 150 cm – 210  cm

Lokasi: Laut, sungai besar

Model: Butt tipe Bent (Bengkok), straight (lurus)

Model Reel: Reel tipe overhead khusus trolling

· Joran Spinning

Joran ini dirancang khusus dan digunakan untuk model reel spinning. Selain itu, joran ini juga bisa digunakan untuk teknik memancing casting. Hal itu karena tingkat akurasi dan juga jarak lontaran yang dihasilkan cukup baik, sehingga kita tidak akan kehilangan momen penting saat memancing.

Sebenarnya akurasi dari joran ini tidak terlalu bagus juga, tetapi memang jarak lontarannya cukup jauh sehingga kita tidak perlu banyak bergerak untuk menuju spot-spot tertentu.

Panjang Joran: 150 cm – 210  cm

Lokasi: Laut, air tawar

Model: Sambungan (piece) dan Antena (teleskopik)

Model Reel: Reel tipe overhead khusus trolling

· Joran Baitcasting

Joran ini menggunakan reel overhead yang dipakai untuk memaksimalkan teknik casting saat memancing. Dengan joran ini, Anda bisa menjangkau spot-spot tertentu yang sulit sekalipun. Akurasi lontarannya juga sangat baik sehingga potensi mendapatkan ikan buruan menjadi lebih besar.

Banderol harga untuk joran jenis ini cukup beragam tergantung panjang joran dan juga bahan, serta merk joran itu sendiri. Uniknya, joran jenis ini memiliki pegangan khusus bernama Trigger Grip.

Panjang Joran: 150 cm – 200  cm

Lokasi: Rawa

Model: Sambungan (1 – 2 piece), dan antena

Model Reel: Reel tipe overhead khusus Baitcasting

· Joran Surf Casting

Joran jenis ini merupakan joran pancing terbaik untuk digunakan di area tepi pantai atau dari atas tebing. Karakteristiknya tentu saja harus panjang dengan dudukan reel yang besar dan juga kuat. Hal itu bertujuan untuk dapat melemparkan umpan sejauh mungkin.

Dengan ukuran joran yang besar, tentu dibutuhkan dua buah tangan untuk melempar umpan secara maksimal. Terlebih lagi di bagian pangkalnya juga terdapat gagang yang panjang dan besar.

Panjang Joran: 360 cm – 500  cm

Lokasi: Pantai, tebing (pinggiran karang)

Model: Sambungan (piece), antena (teleskopik)

Model Reel: Reel spinning berukuran hingga 5.000 ke atas

2. Teknik Memancing

Teknik Memancing

Langkah selanjutnya dalam menentukan joran pancing terbaik adalah dengan mengenal teknik-teknik memancing. Hal itu bertujuan untuk mengenali kebutuhan-kebutuhan dalam melakukan teknik tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

· Dasaran

Teknik ini digunakan untuk mereka yang sedikit malas karena yang perlu dilakukan hanyalah melemparkan mata kail ke dasar laut, lalu menunggu sampai umpan dimakan oleh ikan. Teknik ini baik diterapkan pada lokasi di sekitar pantai atau danau menggunakan kapal.

· Casting

Teknik memancing selanjutnya yaitu teknik casting. Teknik ini bertujuan untuk memancing ikan-ikan predator dengan cara melemparkan umpan lalu memainkan lure dengan menggulungnya secara perlahan serta sesekali menariknya untuk memancing predator.

· Jigging

Berikutnya ada cara jigging, yaitu teknik memancing ikan dengan cara melempar umpan jig ke dasar laut, kemudian lure dimainkan dengan menggulungnya secara perlahan. Memainkan lure juga bisa dilakukan dengan mengangkat dan menurunkan joran.

· Trolling

Teknik trolling adalah teknik memancing dengan cara melemparkan umpan ke dasar laut, lalu menaruh joran di belakang kapal. Selanjutnya, kapal bergerak dengan kecepatan tertentu sembari memantau mata kail apakah sudah ditarik oleh ikan.

· Fly Fishing

Teknik memancing satu ini memanfaatkan serangga bernama FLIES sebagai umpannya. Reel yang digunakan pada joran merupakan reel fly fishing. Untuk tekniknya sendiri hampir sama dengan casting. Ikan target dari teknik ini meliputi arpon, bluefin trevally, bass, dll.

· Surf Casting

Pada teknik surf casting, umpan yang digunakan adalah umpan hidup. Hal ini berbeda dengan teknik casting pada umumnya yang menggunakan umpan tiruan. Lokasi terbaik untuk menggunakan teknik memancing ini adalah di area sekitar pantai saat air laut pasang.

· Popping

Teknik memancing satu ini dilakukan dengan cara melempar popper, lalu menaikkannya ke atas permukaan secara  berulang-ulang agar ikan yang menjadi target bisa terpancing. Ketika ikan sudah terjerat, popper akan bersuara saat ditarik.

Sebenarnya masih ada beberapa teknik memancing lainnya yang bisa digunakan. Hanya saja teknis di atas adalah teknik-teknik yang sering diterapkan.

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik

Setelah mengetahui beberapa jenis joran pancing yang bagus dan kuat untuk berbagai kondisi, serta teknik-teknik dalam memancing, kali ini kita akan membahas joran pancing terbaik dari beberapa merk pancing terkenal yang layak untuk dibeli. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Shimano

Shimano

Merk joran pancing terbaik pertama yang kami rekomendasikan adalah joran pancing dari Shimano. Ada berbagai jenis joran pancing yang disediakan oleh merk ini, mulai dari joran pancing termurah hingga joran pancing level High-End. Dengan begitu, Anda bisa memancing di berbagai lokasi.

Tidak hanya itu, joran pancing terbaik Shimano juga menyediakan joran dengan berbagai mode, mulai dari mode sambung (pierce), dan juga mode antena (teleskopik) sehingga pancing-pancing tersebut mudah untuk dibawa.

Merk Asal: Jepang

Harga: Rp 169.500 – Rp 7.927.000

2. Relix

Relix

Di posisi berikutnya ada joran pancing terbaik dari merk Relix, yaitu salah satu brand lokal yang dinaungi oleh PT. Central Sarana Pancing. Meski berasal dari brand lokal, kualitas joran yang dihasilkan tidak bisa diragukan.

Terutama untuk mereka para pemancing ultralight fishing, yang dapat memancing ikan-ikan besar maupun kecil sama baiknya. Untuk itu, jangan ragu dengan salah satu merk joran pancing terbaik di Indonesia ini.

Merk Asal: Indonesia

Harga: Rp 90.000 –  Rp 900.000

3. Maguro

Maguro

Satu lagi merk joran pancing terbaik dari Jepang yang menawarkan desain mewah dan elegan adalah merk Maguro. Merk ini menyediakan beragam jenis joran, dan juga perlengkapan memancing lainnya. Harga yang ditawarkan juga  tidak menguras kantong dan bisa disesuaikan dengan budget.

Merk ini telah lama eksis dan pertama kali memasarkan produknya pada tahun 2000 silam. Dengan masih adanya brand ini sampai sekarang, tentu bisa menjadi bukti bahwa Maguro adalah brand berkualitas dengan produk yang masih banyak diminati oleh kalangan pemancing dan umum.

Merk Asal: Jepang

Harga: Rp 85.000 – Rp 3.500.000

4. Aiwa

Aiwa

Jika Anda menginginkan joran pancing terbaik untuk di laut, maka merk satu ini adalah yang kami rekomendasikan. Hal itu lantaran produk joran dari Aiwa cukup terkenal akan kelenturan pada joran yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan bahagianya memancing di lautan.

Kelenturan yang dihasilkan dari joran pancing Aiwa dihasilkan dari bahan-bahan terbaik yang digunakan, seperti fiber dan juga lapisan keramik sehingga membuatnya kuat dan tidak mudah patah saat beradu dengan ikan-ikan berukuran besar.

Merk Asal: Jepang

Harga: Rp 75.900 – Rp 588.000

5. Abu Garcia

Abu Garcia

Jika Anda ingin menggunakan pancing di luar merk Jepang, maka Abu Garcia adalah salah satu pilihannya. Merk joran pancing asal Swedia ini bisa dikatakan sebagai merk joran tertua sekaligus merk joran pancing terbaik di dunia.

Keunggulan lain dari merk joran satu ini adalah pada pemilihan materialnya yang membuat bobot joran pancing terasa ringan tetapi tetap kuat saat digunakan untuk beradu dengan ikan-ikan besar dan gesit. Tak heran jika para pemancing profesional juga menggunakan joran merk ini.

Merk Asal: Swedia

Harga: Rp 307.000 – Rp 3.250.000

6. Seahawk

Seahawk

Dari namanya saja tendak mudah berkarat berkat material keramik yang melapisinya. Dalam produksinya, merk ini mengeluarkan 2 jenis joran yang terdiri dari joran laut dan joran untuk rock fish. Jika Anda mencari rekomendasi joran laut, maka Seahawk adalah salah satu pilihannya.

Merk Asal: Malaysiatu Anda sudah tahu kalau joran satu ini memang dikhususkan untuk memancing di laut. Ya, Seahawk merupakan merk joran asal Malaysia yang memiliki material yang kuat serta tidak mudah patah karena fungsinya tersebut.

Selain itu, joran ini juga ti

Harga: Rp 85.000 – Rp 480.000

7. Pioneer

Pioneer

Pioneer merupakan salah satu merk alat pancing yang sudah cukup dikenal oleh orang Indonesia. Joran dari Pioneer sangat cocok digunakan untuk kegiatan memancing di kolam/empang, danau, atau tempat-tempat dengan kumpulan ikan agak besar sekalipun.

Bahannya yang lentur, kuat, dan tidak mudah patah menjadi alasan produk ini cukup diminati. Jika Anda berminat dengan joran dari merk ini, berbagai marketplace di Indonesia juga sudah menyediakannya. Harga jualnya juga masih relatif terjangkau.

Merk Asal: USA

Harga: Rp 79.000 – Rp 2.051.000

Memancing bagi sebagian orang adalah hobi atau kegiatan yang sangat menyenangkan. Meski harus bersabar, tetapi semua bisa terbayar ketika ikan yang menjadi target bisa didapat. Untuk memaksimalkan hobi memancing Anda, rekomendasi joran pancing terbaik di atas bisa dicoba.

Baca juga:

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download