BlogLifestyleHobi7 Rekomendasi Pupuk Daun Terbaik agar Tanaman lebih Subur
0
0

7 Rekomendasi Pupuk Daun Terbaik agar Tanaman lebih Subur

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Pupuk Daun Terbaik RekomendasiMerk.com|NPK Mutiara 16 16 16 RekomendasiMerk|GDM Pupuk Organik Cair RekomendasiMerk|Green World MAGICgrow GO RekomendasiMerk|Herbafarm dari BIOFARM RekomendasiMerk|Hyponex 20 20 20 RekomendasiMerk|Hormon Perangsang Bunga RekomendasiMerk|Grow More NPK 10 55 10 RekomendasiMerktop-right-banner

Bagi Anda yang memiliki tumbuhan di rumah, ada rekomendasi pupuk daun terbaik supaya tumbuhan tumbuh dengan subur. Menyediakan lahan hijau sedikitnya dapat membantu bumi menghadapi pemanasan global yang kian hari kian ganas hingga cuaca tidak menentu.

Sebelumnya kami akan ulas sedikit apa itu pupuk daun? Jadi, pupuk daun merupakan cairan organik maupun kimia yang disemprotkan pada daun. Nantinya berperan penting terhadap kesuburan semua elemen tumbuhan, hingga semua kandungan diserap langsung oleh akar.

Cara Meracik Pupuk Daun Sendiri

Para pecinta tumbuhan, jika rajin mengolah berbagai hal sendiri, ada cara membuat pupuk daun terbaik yang bisa dilakukan. Tidak perlu membeli yang sudah jadi karena Anda dapat melalui tahapan demi tahapan dengan mengikuti prosedur dan pemenuhan bahan di bawah ini:

  1. Alat dan Bahan:
  2. Beberapa ekor udang sesuai kebutuhan (4-5 ekor). Agar tidak merugi bisa menggunakan kepala maupun ekor udang dari sisa pembersihan untuk lauk pauk di dapur.
  3. Gula merah kurang lebih sebanyak 50 gram.
  4. Air kelapa biasanya sebanyak 300 ml.
  5. POC/MOL/EM4.
  6. Botol atau wadah apa saja untuk menyimpan fermentasi anaerob.
  7. Blender yang digunakan sebagai penghalus semua bahan-bahan tersebut.

Untuk udang bisa diganti dengan kotoran kelelawar atau isi perut ikan segar. Sementara gula merah di beberapa lokasi sepertinya agak sulit ditemukan, jadi bisa diganti dengan molase, bisa juga memanfaatkan gula pasir. Penggunaan air kelapa juga tentatif, tidak harus ada.

Sebagai informasi, beberapa bahan organik yang bisa dijadikan bahan utama itu ada banyak. Diantaranya kopi giling, kotoran kelinci, daun teh kering, gandum, kulit kepiting segar, biji kacang tanah, kulit kacang, telur, dan ikan air tawar kering. Masing-masing kandungan NPK-nya berbeda.

Kita kerap mengulas NPK, sebenarnya apa itu NPK? NPK merupakan singkatan dari nitrogen, phospat atau fosfat, dan kalium. Itu sebabnya setiap jenis berbeda-beda persentasenya karena memang racikannya dibuat tidak sama.

Adapun penyatuan bahan demi bahan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tanaman. Ketiga unsur yang disebutkan itu akan berperan penting terhadap keberlangsungan hidup tumbuhan, terutama nitrogen berperan baik bagi daun.

  1. Langkah Pembuatannya:
  2. Haluskan udang dan air kelapa menggunakan mesin otomatis atau blender.
  3. Lebih dulu haluskan gula merah, kemudian setelah udang dan air kelapa menyatu, baru masukkan gula merah cair ke blender.
  4. Ada juga beberapa ahli yang menyarankan untuk tidak mencairkan gula merah, melainkan cukup dengan menumbuk halus kemudian langsung mencampurkannya saja.
  5. Masukkan MOL/EM4/POC untuk mengurai berbagai bahan organik tersebut. Ini pilih salah satu saja disesuaikan dengan penggunaan sebelumnya jika sudah pernah menggunakan.
  6. Masukkan semua campuran tersebut ke dalam wadah dan simpan selama kurang lebih 14 hari.
  7. Rajinlah buka tutup botol tiap pagi dan sore hari guna membuang gas sisa fermentasi.
  8. Selesai.

Nantinya jika berhasil maka aroma pupuk daun terbaik tentunya berbau khas, bukan aroma busuk. Untuk mendapatkan hasil optimal maka tiap langkah mesti diikuti dengan seksama. Kemudian juga takaran demi takaran per bahan wajib ditimbang secara tepat supaya kandungan tidak salah.

Baca juga: Rekomendasi Pupuk Organik Cair Terbaik untuk Kesuburan Tanaman

Rekomendasi Merk Berkualitas Bagus

Terlalu repot untuk membuat sendiri di rumah? Tenang, jangan sedih karena Anda bisa membeli yang sudah jadi. Berikut merupakan beberapa rekomendasi merek yang banyak dijual di pasaran. Coba cek beberapa pupuk daun terbaik berikut ini:

1. Grow More NPK 10-55-10

Grow More NPK 10 55 10 RekomendasiMerk

Varian NPK satu ini mesti dicampurkan dengan air sebelum digunakan dan sangat ampuh diterapkan pada jenis tanaman bunga lekas layu. Kandungan baik di dalamnya sangat bagus bagi berbagai tumbuhan yang kekurangan unsur fosfat.

2. NPK Mutiara 16-16-16

NPK Mutiara 16 16 16 RekomendasiMerk

Penjabaran dari 16-16-16 adalah kandungan 16 persen nitrogen, 6 persen fosfat, dan 16 persen kalium, serta ditambah 0,5 persen magnesium, dan 6 persen kalsium. Biasanya jenis pupuk ini dimanfaatkan para petani untuk mengokohkan batang dan menghijaukan tanaman.

Selain itu, pada beberapa tanaman yang mengalami proses fotosintesis akan berproses lebih cepat. Beberapa tanaman diaplikasikan NPK Mutiara 16-6-16 disinyalir lebih cepat panen dibandingkan dengan berbagai jenis tanaman tanpa bantuan unsur penyubur.

3. Hormon Perangsang Bunga

Hormon Perangsang Bunga RekomendasiMerk

Berbeda dengan jenis NPK sebelumnya yang berbentuk padat, kali ini Anda tidak perlu ribet karena hormon perangsang bunga berupa cairan. Cara penggunaannya sangat mudah, yakni tinggal disemprotkan saja pada area tanaman, terutama bunga yang mudah layu.

Hormon perangsang bunga mengandung vitamin dan juga mineral baik bagi kesehatan dan kesuburan bunga. Bagi pemilik tanaman atau tumbuhan bunga yang cepat layu, bisa memanfaatkan jenis pupuk cair satu ini sebagai doping ketika tanaman kurang vitamin.

4. Herbafarm dari BIOFARM

Herbafarm dari BIOFARM RekomendasiMerk

Herbafarm terbilang sebagai jenis penyubur tanaman yang lengkap sebab mengandung vitamin, nutrisi organik, dan juga berbagai unsur hara, baik makro atau mikro. Berbagai kandungan baik di dalamnya akan membantu menguatkan sel tanaman.

Sebagai informasi, mikroba cair dalam bahan penyubur tanaman ini terbuat dari jamu dengan bahan baku rempah serta tanaman obat. Peranannya tidak hanya mempercepat pertumbuhan tanaman, namun juga membantu penyerapan unsur hara.

5. Hyponex 20-20-20

Hyponex 20 20 20 RekomendasiMerk

Tidak jauh berbeda dengan Herbafarm, Hyponex memiliki kandungan vitamin, serat, dan unsur mikro yang baik bagi kesuburan tanaman. Biasanya para petani memanfaatkan Hyponex 20-20-20 sebagai penyubur padi, rumput yang dibutuhkan, dan juga bunga.

Tercatat beberapa jenis bunga yang menggunakan organik ini adalah anggrek serta mawar putih. Bisa dibilang penggunaan Hyponex 20-20-20 adalah melestarikan bunga-bunga langka. Bisa digunakan untuk kebun atau sawah dan juga pekarangan di rumah.

6. Green World MAGICgrow GO

Green World MAGICgrow GO RekomendasiMerk

Green World MAGICgro GO ini agak berbeda dengan jenis lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebab biasanya tumbuhan diletakkan pada halaman luar ruangan, produk ini digunakan untuk tanaman dalam ruangan.

Proses fotosintesis pada tanaman hias dapat berlangsung secara lancar berkat penggunaan Green World MAGICgro GO. Pernapasan yang biasanya membutuhkan bantuan matahari langsung dapat digantikan oleh berbagai kandungan di dalamnya.

7. GDM Pupuk Organik Cair

GDM Pupuk Organik Cair RekomendasiMerk

Kembali lagi ke luar ruangan, GDM difungsikan guna menyuburkan tanah dan meningkatkan penyerapan nutrisi, serta membantu perkembangan akar. Uniknya jika diaplikasikan pada bunga akan menghasilkan warna kelopak lebih cantik dan enak dipandang mata.

Tapi, ternyata tidak hanya mujarab bagi tanaman luar ruangan, namun bagus juga dimanfaatkan sebagai perangsang pertumbuhan tanaman dalam ruangan. Untuk takaran penggunaannya disesuaikan dengan masing-masing jenis tanamannya saja.

Daftar Harga Pupuk Daun Terbaik

[table id=26 /]

Masing-masing bahan penyubur tanaman dibanderol dengan harga variatif, bergantung pada volumenya. Anda dapat menemukan setiap produk pada toko langsung atau mencarinya dari toko online. Sekarang sudah sangat mudah untuk menemukan berbagai produk di atas.

Tidak sulit untuk memelihara tanaman atau kebun kecil di area halaman rumah. Sedikit langkah membantu menyelamatkan bumi ini. Jangan lupa untuk selalu merawat setiap tanaman dengan pilihan pupuk daun terbaik yang sudah disebutkan di atas.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download