BlogLifestyle9 Rekomendasi Merk Drum Terbaik dan Terlaris Cocok Untuk Pemula
0
0

9 Rekomendasi Merk Drum Terbaik dan Terlaris Cocok Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Agu 24, 2022

11 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Drum adalah salah satu instrumen musik pertama yang pernah dibuat, dan alat ini selalu muncul di hampir setiap negara. Banyak sekali merk drum terbaik di dunia yang menjadi pilihan anak muda ketika hendak mendirikan sebuah band.

Sebagai instrumen pokok yang tidak boleh ketinggalan dalam musik, memilih drum bisa menjadi pilihan yang sedikit membingungkan. Salah dalam memilih drum set bisa mempengaruhi kualitas suara dan bisa jadi juga mengacaukan alunan musik band Anda. Lalu, bagaimana sih cara untuk bisa menemukan band terbaik dan apa saja merk drum yang bagus untuk dipertimbangkan?

Tips Memilih Drum Yang Bagus

1. Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan dengan Budget

Masing-masing merk drum memiliki harga yang variatif, tergantung pada jenis dan kualitas yang Anda cari. Jika baru pertama kalinya mempelajari musik, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan harga drum dengan harga yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk melatih kemampuan bermusik Anda sampai sekiranya benar-benar mahir. Jika Anda sudah mulai mahir dan ingin meningkatkan kualitas bermusik, maka bisa mulai mempertimbangkan drum dengan harga yang sedikit mahal.

2. Pahami Setiap Komponen Drum

Pahami Setiap Komponen Drum

Drum tidak dijual secara terpisah, Anda harus membeli dalam satu set atau paket. Setidaknya, Anda perlu memahami komponen yang ada dalam satu set drum yang dijual untuk bisa mengira-ngira budget yang dimiliki. Beberapa komponen drum yang dijual adalah:

  • Kick drum atau bass
  • Snare drum
  • Tom ruck/holder stand
  • Floor tom
  • Simbal
  • Crash atau Ride
  • Pedal, Stool, dan Hardware

3. Ukuran Drum

Ukuran Drum

Memilih ukuran yang tepat penting bagi seorang drummer pemula. Jika Anda membeli perangkat drum yang terlalu besar sedangkan tubuh Anda tidak mampu menjangkaunya, maka pedal akan sulit dimainkan.

Efeknya adalah, Anda mungkin kesulitan mengembangkan teknik bermain drum yang bagus dan kurang tidak terlalu nyaman dalam bermain. Ada beberapa ukuran drum yang bisa dipertimbangkan, yakni:

  • Kit drum standar biasanya memiliki ketinggian sekitar 60-80 cm. Pada ketinggian ini Anda akan dapat menurunkan bangku ke tingkat yang memudahkannya untuk mencapai pedal tetapi masih bisa memainkan tom ruck. Ukuran standar biasanya memiliki 4 komponen yakni bass, holder stand, floor tom dan snare drum.
  • Kit drum besar biasanya sudah berisikan semua komponen yang lengkap. Ukuran drum besar biasanya lebih tinggi dari versi standar yakni sekitar 100 cm. Sementara untuk bagian kick drumnya memiliki diameter 60 cm.

4. Pilih Akustik atau Elektronik

Pilih Akustik atau Elektronik

Ada dua versi drum yang bisa dipilih, yakni elektrik atau akustik. Drum elektrik adalah pilihan yang bagus karena ukurannya ringkas dan suaranya juga bagus, bahkan Anda dapat mengecilkan tone suaranya. Drum versi elektronik banyak disukai karena tinggi suaranya bisa dikecilkan sehingga bisa disesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya.

  • Drum Elektrik

Drum elektrik juga terdengar bagus di setiap hit. Drum elektrik bekerja dengan memicu sampel yang direkam sebelumnya, sehingga Anda tidak perlu tahu cara menyetem drum atau mengetahui cara memukul dengan benar.

Penggunaan drum elektrik yang praktis membuatnya lebih menyenangkan untuk dimainkan dalam beberapa hal karena kedengarannya sangat bagus.

Beberapa kelebihan drum elektrik adalah Anda dapat mengontrol suara dengan kontrol volume on-board, alatnya ringkas, mudah dikemas dan disiapkan, serta mudah untuk merekam dengan hanya mencolokkan ke software audio komputer menggunakan kabel MIDI atau kabel USB. Selain itu, bantalannya juga terbuat dari karet sehingga Anda tidak akan merusak banyak stick.

Sementara kekurangan dari drum elektrik adalah lebih sulit mengembangkan naluri secara alami untuk bermain drum. Drum elektrik sangat berbeda ketika dimainkan jika dibandingkan dengan drum kit akustik.

Drum elektrik juga tidak responsif terhadap permainan dibandingkan dengan drum akustik. Dalam banyak kasus, Anda tidak dapat menambahkan simbal.

  • Drum Akustik

Sementara drum akustik sendiri adalah seperangkat drum dan simbal yang dirancang untuk dimainkan sebagai satu instrumen. Kit drum akustik standar terbuat dari bass drum, snare drum, set tom dan simbal hit hat. Suara bisa dihasilkan dengan memukul drum atau simbal menggunakan stick drum.

Kelebihan dari drum akustik adalah sangat bagus untuk sebagian besar gaya musik akustik, rock, pop, jazz, blues, dll. Drum akustik juga sempurna untuk permainan musik dengan energi tinggi. Drum ini juga responsif terhadap sentuhan.

Adapun kelemahannya adalah masih manual, tinggi suaranya tidak bisa dikontrol, seringkali membutuhkan lebih banyak ruang dan membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan suara yang terdengar layak.

5. Perhatikan Simbal

Perhatikan Simbal

Simbal digunakan untuk mewarnai suara lagu dan menambahkan penekanan pada bagian tertentu untuk perubahan dalam musik. Jenis dan suara simbal akan mengubah suara secara drastis. Simbal sering kali merupakan salah satu perubahan pertama yang akan dilakukan drummer.

Seorang drummer bisa menambah atau mengganti simbal. Ada juga satu kit drum yang tidak menyertakan simbal sehingga Anda harus menambahkannya sendiri.

Jika menyertakan simbal, ada beberapa kasus bahwa suara yang dihasilkan kurang sesuai dengan  yang diinginkan. Jadi, ada baiknya jika Anda mencoba mengecek simbal untuk bisa menemukan tone suara yang sesuai dengan keinginan.

6. Cek Garansi Pabrik

Cek Garansi Pabrik

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika mencari merk drum paling bagus adalah garansi yang diberikan oleh toko alat musik. Tidak semua toko musik mau memberikan garansi. Jadi, ada baiknya jika Anda memastikan garansi yang diberikan oleh pemilik toko.

Garansi sangat penting ketika nantinya ada masalah pada set drum yang Anda beli, baik rusak hanya dalam satu pukulan atau nada suaranya aneh ketika dimainkan dalam beberapa kali.

Intinya, garansi sangat penting untuk menjaga barang yang Anda beli terlindungi dari kerusakan bawaan. Tanyakan  berapa lama garansi yang diberikan oleh toko. Semakin panjang garansi toko, maka semakin bagus untuk

7. Suara yang Dihasilkan Drum

Suara yang Dihasilkan Drum

Terakhir, ketika Anda mencari merk drum terbaik, cobalah melakukan test drive. Ya, Anda perlu melakukan uji coba untuk mengetahui bagaimana kualitas suara yang dihasilkan oleh drum. Kualitas suara biasanya akan bagus, mengikuti kualitas dari bahannya.

Semakin bagus bahan yang digunakan untuk membuat drum, biasanya suara yang dihasilkan juga tidak kalah bagusnya. Oleh sebab itu, pastikan bahwasannya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membeli drum.

9 Merk Drum Terbaik di Pasaran

1. Roland

Drum Roland

Perusahaan Roland telah lama menjadi produsen drum elektrik dan menjadi merk drum terbaik dunia. Reputasi Roland sangat baik dalam membuat drummer dari generasi ke generasi. Semua produk drum set yang dikeluarkan Roland menyesuaikan dengan pasar musik yang ada.

Perusahaan ini menawarkan banyak jenis kit drum yang cocok untuk semua kategori drumer, baik Anda seorang drummer profesional atau masih pemula. Kelebihan dari drum Roland adalah memiliki penggunaan antarmuka yang terpasang dengan sangat mudah, dan setiap pemula pasti akan merasa mudah untuk beradaptasi di awal latihan.

Setiap produk Roland dibekali dengan teknologi yang canggih dan merespons pukulan dengan cukup cepat. Tidak heran jika drum Roland sangat sempurna untuk berlatih. Adapun kekurangan dari merk ini adalah harganya yang terbilang cukup fantastis.

2. Alesis Studio

Drum Alesis Studio

Alesis adalah merk drum terkenal dengan harganya yang murah. Alesis merupakan perusahaan pertama dalam menghasilkan drum kit terjangkau untuk memenuhi setiap kebutuhan  drummer. Anda bisa memilih seberapa keras atau lembut suara yang ingin dihasilkan.

Merk drum ini memiliki mekanisme artikulasi dinamis dari setiap pukulan yang dihasilkan. Salah satu seri Alesis yang terkenal adalah  Alesis DM10. Seri ini memiliki enam bagian dengan modul drum yang cocok untuk penggunaan di rumah atau profesional.

Alesis DM10 juga merupakan drum pertama yang mengaktifkan penggunaan USB untuk tujuan mentransfer suara drum, membuat latihan menjadi menyenangkan dengan cara yang praktis. Adapun kekurangan dari Alesis DM10 adalah kualitas bahannya kurang tahan lama.

3. Yamaha

Drum Yamaha

Perusahaan Yamaha terkenal dengan merk drum elektrik terbaik di dunia. Perusahaan ini tidak hanya memproduksi drum set elektronik terbaik tetapi juga drum akustiknya memiliki kualitas tinggi yang tidak perlu diragukan.

Terlebih lagi, produk drum dari Yamaha sangat ramah kantong sehingga menjadi pilihan yang baik terutama bagi para drummer yang baru masuk ke dunia musik.

Selama bertahun-tahun, Yamaha juga telah mengembangkan fitur unik, seperti YESS Technology (Yamaha Enhanced Sustain System) yang dipasang pada shells menggunakan titik nodal untuk jangkauan dinamis yang jauh lebih baik.

Yamaha tidak hanya membuat set drum, bahkan perusahaan ini juga mengeluarkan banyak produk lain seperti keyboard, sepeda motor, gitar, bass, dan residential theatre systems. Adapun kelemahan dari Yamaha sendiri adalah tidak dibekali dengan fitur snappy dan hanya bisa menambahkan satu pad saja.

4. Ludwig

Drum Ludwig

Siapapun yang tahu tentang drum pasti pernah mendengar tentang merk Ludwig. Jika Anda mencari drum kit dengan gaya vintage, Ludwig adalah pilihannya.

Merk drum set yang bagus ini telah ada selama lebih dari 100 tahun dan membantu mengembangkan berbagai kit drum modis yang banyak digunakan sampai saat ini.

Popularitasnya drum dari Ludwig adalah bagus dalam kinerja, kualitas, dan suara. Drum set Ludwig memiliki fungsi suara yang luar biasa dan inilah yang menjadi kelebihan dari Ludwig.

Resonansi yang dimiliki oleh drum Ludwig sangat cocok untuk diputar langsung atau direkam di dalam studio. Set drum Ludwig menyediakan rentang dinamis yang tepat karena ukurannya dan memiliki sensitivitas tinggi.

Ludwig sangat bagus untuk pertunjukan dan rekaman karena suaranya yang hangat dapat mengungguli instrumen lain. Drum ini juga serbaguna sehingga bisa dimainkan untuk gaya musik yang berbeda.

Adapun kekurangan dari drum ini adalah harganya yang sangat mahal. Selain itu,  Anda mungkin memerlukan anggaran untuk menambah lebih banyak komponen drum karena biasanya Ludwig hanya menyediakan 3 komponen saja dalam drum.

5. Gammon

Drum Gammon

Gammon adalah merk drum terbaik yang sudah dilengkapi dengan berbagai hardware untuk pemasangan bagian drum. Merk ini juga mudah dan nyaman digunakan oleh drummer pemula. Keunggulan dari Gammon sendiri adalah selalu menjual peralatan drum yang terjangkau dan berkualitas tinggi.

Selain itu, drum dari Gammon juga mudah untuk diatur. Drum satu ini sangat sempurna untuk berlatih meskipun nantinya Anda mungkin perlu membeli pad secara terpisah.

Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah karena merk drum ini sangat bagus dan nyaman untuk dimainkan. Adapun kekurangan dari Gammon sendiri adalah memiliki masalah dengan kualitas dan daya tahan.

6. Pearl Roadshow

Drum Pearl Roadshow

Pearl Roadshow adalah salah satu dari merk-merk drum yang sangat populer. Pearl dikenal karena konstruksinya yang tahan lama dan sangat cocok untuk dimainkan dalam pertunjukan maupun sebagai latihan bagi seorang drummer pemula.

Pearl telah menjadi distributor grosir instrumen perkusi dan drum selama bertahun-tahun. Produsen drum yang berkantor di Jepang ini memiliki kelebihan karena konfigurasinya yang luar biasa muda dan ramah pengguna, sehingga sangat cocok untuk pemula maupun profesional.

Satu set drum biasanya sudah dilengkapi dengan Hybrid Hi-Hats dan Brass Crash-Ride Cymbal berkualitas baik. Di bagian kick drumnya, ada 9 lapis yang terbuat dari Poplar untuk menghasilkan resonansi dan frekuensi yang luar biasa. Adapun kekurangan dari Pearl adalah membutuhkan penyesuaian yang tepat untuk pengalaman bermain yang luar biasa.

7. Ddrum Journeyman

Drum Ddrum Journeyman

Ddrum merupakan merk drum yang sangat terjangkau dan sangat cocok untuk pemula. Meski harganya murah, perusahaan tetap memberikan kualitas terbaik di setiap seri drum yang dikeluarkannya.

Ddrum juga memiliki bass drum yang besar, sehingga disukai oleh para drummer metal head. Dengan bassnya drumnya yang besar, maka otomatis Ddrum bisa memberikan nada yang kaya dan berat.

Kelebihan dari Ddrum yang lain adalah memiliki snare drum yang sempurna untuk lagu heavy metal, keseimbangan nadanya yang fantastis. Sementara kekurangan dari Ddrum adalah simbal terbuat dari bahan berkualitas rendah.

8. Gretsch Drums Catalina

Drum Gretsch Drums Catalina

Terbuat dari kayu Catalina Maple, drum dengan merk Gretsch Drums Catalina memiliki kualitas suara yang sangat bagus. Drum merk ini memberikan ketukan yang sempurna untuk memainkan power ballad. Suara yang dihasilkan tidak terlalu berat atau terlalu ringan, sangatlah seimbang.

Perangkat drum memiliki lapisan glasir kenari yang menarik. Satu set drum memiliki tampilan yang sangat vintage. Bisa dibilang Gretsch Drums Catalina adalah salah satu drum terbaik yang cocok untuk pemula dan profesional karena memiliki nada seimbang yang luar biasa.

Kelebihan lain dari merk drum terbaik satu ini adalah produknya tahan lama, sempurna untuk pertunjukan live, memiliki shells dari pohon maple 7 lapis.

Selain itu, juga dilengkapi dengan hardware solid seperti sistem pemasangan GTS, bracket tom, mount plate drum bass, dan juga tom holder. Sementara kekurangan dari  merk ini adalah cukup mahal dan membutuhkan penyesuaian yang tepat.

9. Rolling

Drum Rolling

Rolling adalah drum asli buatan Indonesia dan bisa dibilang merupakan merk drum terbaik di Indonesia. Rolling telah menjadi merk yang disukai oleh banyak drummer berpengalaman karena perlengkapannya ideal untuk digunakan oleh pemula.

Drum elektrik roland sangat pandai dalam menciptakan drum yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun Rolling adalah produk lokal, namun kualitas suara yang dihasilkan oleh Rolling ini tidak bisa disejajarkan dengan merk drum dari negara lain.

Suara yang dihasilkan dari Rolling juga seimbang dan tidak berat sebelah. Injakan pedalnya juga mudah untuk dijangkau.

Masalah garansi, tidak perlu diragukan lagi karena perusahaan menjamin adanya garansi resmi yang bisa Anda klaim langsung. Sayangnya, kekurangan dari Rolling adalah drumheadnya terbilang tipis.

Daftar Harga Merk Drum Terbaik

[table id=75 /]

*Harga diatas diambil dari yang terendah dan sewaktu waktu bisa berubah.

Setiap merk drum terbaik pastinya memiliki fitur dan kualitas uniknya masing-masing dengan kekurangannya. Anda bisa pertimbangkan dengan matang mana merk yang sekiranya paling tepat untuk kebutuhan latihan band Anda.

Baca juga: 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download