BlogHome ServiceElektronikBeragam Akibat Fatal Akibat Kulkas Sering Dicabut
0
0

Beragam Akibat Fatal Akibat Kulkas Sering Dicabut

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dengan kulkas makanan bisa lebih awet dan terjaga kesegarannya. Beberapa orang ada yang menyalakannya terus dan tak sedikit yang suka mematikannya. Akibat kulkas sering dicabut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin kulkas.

Kebanyakan orang yang memilih mematikan kulkas umumnya untuk menghindari turunnya listrik. Tingginya penggunaan perangkat elektronik membutuhkan listrik tinggi dalam waktu singkat.

Apalagi jika daya listrik di rumah tidak terlalu besar. Lalu apa akibat kulkas sering dicabut? Yuk simak dulu penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Perlukah Mematikan Kulkas ?

Source : Shutterstock

Jika memang tidak ada makanan di dalam kulkas maka sebaiknya dimatikan saja. Apalagi jika Pins sedang bepergian atau mudik.

Menyalakan kulkas tanpa ada makanan yang perlu diawetkan hanya akan menambah tagihan listrik. Berbeda kasusnya jika ada makanan yang memang perlu diawetkan sebaiknya kulkas tidak dimatikan.

Makanan pada kulkas disarankan disimpan pada suhu 1-3 derajat celcius. Kira-kira kulkas membutuhkan waktu 4-6 jam untuk mempertahankan suhu dinginnya tanpa daya.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Apa Akibat Kulkas Sering Dicabut ?

Source : Shutterstock

Kulkas masa kini memang dirancang untuk bekerja setiap hari. Jika Pins sering mencabut colokan kulkas dari steker akan membuat kompresor melemah.

Kompresor memiliki fungsi sebagai pendukung sistem pendingin pada kulkas. Ia juga menekan gas refrigerant dan melemahkan kecepatan kompresor. Jika memang hendak dicabut maka colokannya harus menunggu minimal 15 menit untuk disambungkan kembali.

Jika Pins berencana berlibur dalam jangka waktu lama kosongkan saja kulkas. Pastikan suhu freezer dimatikan dan dalam mode pembersihan. Tunggu sampai bunga es mencair di kulkas lalu mulai pembersihan.

Bersihkan bagian dalam dan luarnya sebelum bepergian. Jika ada noda yang sulit hilang bisa gunakan soda kue dan spon untuk membersihkannya. Jaga agar kulkas tetap kering dengan mengelap setiap sudut badan kulkas setelah dibersihkan.

Buka pintu kulkas dan biarkan terbuka agar sirkulasi udara dapat terganti dengan mudah. Kulkas tidak boleh dibiarkan dalam kurun waktu lama dimatikan.

Dampak dari kulkas terlalu lama dimatikan diantaranya adalah sebagai berikut : 

  1. Ketika kulkas mati maka tidak ada pertukaran dengan unit indoor dan outdoor. Dampaknya peralatan mudah terkena oksidasi bahkan perforasi dan trust worm.
  2. Suhu dalam kabinet juga akan meningkat secara bertahap. Kondensasi akan terjadi dan sirkuit sensor mudah sekali basah. Hal ini akan menyebabkan kemampuan kulkas dalam mendinginkan makanan menurun juga.
  3. Tray bisa dengan berjamur dan meninggalkan bau tidak sedap.

Cara Mematikan Kulkas Dengan Benar

Source : Shutterstock

Setelah mengetahui akibat kulkas sering dicabut kini Pins tidak akan sembarangan lagi mematikan lemari pendingin. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mematikan kulkas khususnya bila hendak bepergian dalam jangka waktu lama? 

Pilah Makanan Yang Mudah Basi

Langkah pertama adalah polah dulu makanan yang mudah basi dan tidak. Bahan makanan yang mudah busuk seperti ikan, buah ataupun sayur sebaiknya lekas diolah sebelum berlibur.

Beli bahan makanan yang cukup untuk beberapa hari sebelum berlibur. Bahan makanan yang disimpan terlalu lama juga membuat kualitas makanan berkurang.

Baca Juga : Mudah! Ini Cara Mengisi Freon Kulkas Sendiri

Bersihkan Bunga Es Pada Freezer

Untuk membersihkan bunga es pada freezer biasanya ada fitur no frost atau defrost. Teknologi ini bisa mencegah bunga es menumpuk.

Putar pengatur suhu pada posisi minimal atau off. Setelah itu bersihkan bunga es jika tidak memiliki teknologi defrost. Dalam membersihkan bunga es jangan mencungkilnya karena bisa menggores dinding freezer.

Tunggu saja hingga es mulai sedikit mencair karena penurunan suhu. Setelah itu bersihkan secara menyeluruh hingga ke chiller.

Matikan colokan listrik sebelum pergi berlibur. Tentunya kulkas sudah harus dalam keadaan kosong ketika dimatikan.

Letakan kabel colokan kulkas di tempat yang sulit dijangkau untuk menghindari gigitan tikus. Pins bisa menempelkannya di badan kulkas dengan direkatkan memakai isolasi.

Gunakan Baking Soda Untuk Menghilangkan Bau

Selanjutnya jika bagian kulkas tetap berbau walau sudah dibersihkan sebaiknya manfaatkan baking soda. Bahan kue ini ampuh mengusir bau tak sedap dalam kulkas.

Pengaplikasiannya sederhana yakni siapkan wadah berisi baking soda. Letakkan di dalam kulkas dengan pintu tertutup. Diamkan beberapa menit lalu ambil wadah tersebut jika bau tak sedap sudah hilang.

Baca Juga : Simak! 8 Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis

Tips Mencegah Kulkas Mudah Rusak

Selain memahami bagaimana mematikan kulkas dengan benar, Pins juga wajib mengetahui cara merawat kulkas agar tidak mudah rusak. Diantaranya bisa disimak dibawah ini !

  1. Jangan suka membuka tutup kulkas jika tidak diperlukan. Dampaknya bisa membuat udara hangat dari ruangan masuk ke dalam kulkas tersebut. Alhasil lemari pendingin akan mengeluarkan banyak energi guna menurunkan suhunya kembali
  2. Hindari meletakan makanan atau minuman bersuhu panas langsung di dalam kulkas. Biarkan makanan dan minuman dingin di suhu ruangan biasa baru dimasukan ke dalam kulkas
  3. Beri jarak kulkas dengan dinding minimal 15 cm atau 30 cm dengan benda sekitarnya. Tujuannya untuk menghindari benda panas terlalu dekat dengan kulkas.
  4. Jika ingin mematikan kulkas sebaiknya kosongkan dulu isinya. Bersihkan secara menyeluruh khususnya area freezer

Akibat kulkas sering dicabut bisa menyebabkan kinerja kompresor melemah. Kompresor berguna untuk membantu sistem pendinginan. Kulkas boleh dimatikan jika memang tidak ada isinya atau Pins ingin berlibur dalam jangka waktu lama.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download