BlogHome ServiceOtomotif4 Alat Tambal Ban Tubles dan Macam-macam Cara Menggunakannya
0
0

4 Alat Tambal Ban Tubles dan Macam-macam Cara Menggunakannya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki kendaraan dengan ban tubles tentu sangat memudahkan sebagai pemilik ketika ban terkena paku. Ban tubles ketika terkena paku tidak seperti ban biasa. Ketika ban biasa terkena paku akan langsung kempes, untuk ban tubles tidak langsung kempes. Ban bocor ketika sedang di tengah jalan biasa terjadi. Hal yang pertama dilakukan yaitu dengan mencari bengkel tambal ban tubles terdekat.

Mencari bengkel ban dengan mudah hanya bisa dilakukan ketika Pins memiliki rumah yang lokasinya strategis. Seperti rumah eksklusif dari Pinhome yaitu Vasa Jagakarsa. Perumahan di Jakarta Selatan ini memiliki lokasi yang strategis dan memudahkan kamu untuk kemana-mana.

Lalu bagaimana jika kamu tinggal di pemukiman yang publik dan bengkel yang jauh? Kamu bisa tambal ban tubles sendiri. Cara tambal ban tubles tidaklah sulit. Ketika ban terkena benda tajam, lubang bekas tertusuk tersebut akan dimasukkan karet. Karet tersebut biasa dimasukkan dengan paksa dan biasanya berwarna merah. Ketahui alat tambal ban tubles lainnya sebagai pelindung ban dari dalam.

Baca juga: Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Yamaha Vixion

Jenis dan Alat Tambal Ban Tubles

Sistem alat tambal ban tubeless yaitu melapisi bagian dalam ban hingga ke partikel terkecil. Dari situ, akan meminimalisir kemungkinan adanya lubang. Pemakaiannya mudah dan hanya butuh waktu 3 menit saja untuk mengisi ban dalam keadaan kempes. Alat tambal ban tubles di bawah ini bisa membantu menambal ban tubles:

String Tubeless

tambal ban tubles
Source : Autoguide

Jenis tambal ban tubles yang pertama yaitu menggunakan string tubeless. Orang awam biasa menyebut jenis tambalan ini dengan tambal cacing. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena bentuk material dari penambalnya seperti cacing. Metode tambalan string tubeless merupakan jenis tambalan yang paling sering dijumpai di tempat tambal ban.

Biasanya, jenis tambalan string tubeless umumnya bertahan sekitar 4 hingga 6 bulan. Setelah melebihi waktu tersebut maka akan sering ditemui angin yang merembes keluar dari ban tempat tambalan tersebut berada. Harga alat tambal ban tubles ini cukup murah. Kalian bisa mendapatkannya hanya dengan Rp15.000 untuk 1 set.

Peluru

tambal ban tubles
Source : lazada

Jenis dan alat tambal untuk ban tubles yang satu ini mirip dengan tambalan cacing seperti yang ada pada jenis sebelumnya. Pada tambal ban peluru, teknik ini membutuhkan material penutup lubang ban yang bocor berbentuk peluru. Selain itu, bodinya berbentuk silinder yang ujungnya tajam. Cara pemasangannya sendiri mirip dengan tambal ban string tubeless, hanya bentuk tambalannya saja yang berbeda.

Tire Patch

alat tamban ban tubles
Source : Slime

Teknik tambal ban tire patch lebih bagus dari pada model cacing dan peluru seperti pada jenis sebelumnya. Jika menggunakan teknik ini, ban harus dilepas dari velg karena tire patch akan ditempel di bagian dalam ban. Harga alat tambal ban tubles ini cukup murah sekiar Rp13.000.

Untuk cara penambalanna sendiri dilakukan pada bagian yang bocor. Bagian yang bocor tersebut akan dikikis terlebih dahulu sebelum dipasang dengan tire patch. Jika sudah, bagian tambalan tersebut ditekan dengan alat yang diberi pemanas selama beberapa saat agar melekat.

Payung

tambal ban tubles
Source : Blibli

Tidak jauh berbeda dengan teknik tire patch, tambalan payung atau kombi juga memerlukan pelepasan ban dari velg. Caranya yaitu menggunakan compressor, lalu tiang penambal lubang dimasukkan ke dalam ban. Apabila tiang tersebut sudah masuk, lalu dikunci dengan klip yang dipasang di atas permukaan ban. Lalu lembaran karet di pangkal tiang dipanaskan dengan suhu kurang lebih 150oC supaya melekat dengan ban. Harga alat tambal ban tubles jenis payung dijual sekitar Rp17.500.

Baca juga:

Cara Menambal Ban Tubeless dengan Metode String

Source : Pexels

Metode string memang menjadi salah satu cara menambal ban tubeless yang paling sederhana. Sayangnya, metode ini bisa membuat ban cepat rusak. 

Ini mungkin karena tambal ban string menggunakan tire repair kit, yakni alat yang digunakan untuk menambal ban sendiri. Bila tidak dilakukan dengan hati-hati, ban tubeless yang sudah ditambal justru bisa cepat rusak. 

Menemukan Penyebab Ban Bocor

Pada saat tambal ban tubeless dilakukan, jangan lupa untuk menemukan penyebab ban bocor, ya. Jika kebocoran ban terjadi akibat benda tajam seperti paku, lepaskan paku tersebut dengan alat pencabut yang ada di set tire repair kit

Melubangi Bagian yang Bocor

Bila penyebab ban bocor sudah terdeteksi, jangan lupa melubangi bagian ban yang mengalami kebocoran. Pins bisa melubangi bagian yang bocor dengan alat yang menyerupai mur. 

Menambal Ban dengan Karet

Jika lubang pada ban tubeless sudah longgar, tambal ban tersebut dengan karet khusus untuk menambal ban. Sebelum itu, kamu bisa mengoleskan karet dengan lem untuk menambal kebocoran. 

Setelah itu, masukkan karet hingga setengah inci dengan menggunakan pengait. Pastikan pula bahwa karet tidak tenggelam masuk ke dalam ban tubeless. 

Bila sudah, tunggu sampai karet tambal mengering setidaknya kurang lebih sepuluh menit dan gunting bagian karet yang tersisa, Pins. 

Cara Menambal Ban Tubeless dengan Cara tip top

(Wikim

Tidak semua produsen ban sebenarnya memperbolehkan tambal ban tubeless. Namun, beberapa dari Pins mungkin ingin menyumbat atau menambal dari bagian dalam ban. 

Ini satu-satunya cara menambal ban tubeless yang dianggap permanen karena mengisi kebocoran dengan menutupnya dari dalam. Untuk melakukan hal ini, Pins perlu menggunakan patch kit berukuran motor agar tambal ban dari dalam berhasil. 

Melepas Ban dari Velg

Hal yang pertama perlu kamu lakukan ketika ingin menambal ban tubeless adalah melepas ban dari pelek motor. Ini bertujuan mengurangi kerusakan pada benang ban, Pins. 

Membersihkan Area yang Bocor

Setelah dilepas, tambal ban tubeless bisa dilanjutkan dengan membersihkan area yang bocor dari pasir dan kotoran. Dengan begitu, lem tambal bisa menempel dengan kuat. 

Bila perlu, bersihkan permukaan ban secara keseluruhan demi melihat apakah adakah kebocoran ban di tempat lainnya. 

Merekatkan Rubber Patch

Jika permukaan ban sudah bersih, Pins bisa melumasi bagian yang bocor. Lalu, tempelkan rubber patch pada bagian tersebut. 

Kamu bisa menempelkan rubber patch di bagian dalam ban agar lebih efektif menahan kebocoran yang terjadi. 

Meratakan Rubber Patch dan Diamkan Ban

Tambal ban tubeless tidak akan selesai begitu kamu merekatkan rubber patch. Pins perlu menggunakan alat hot press untuk meratakan rubber patch agar menempel dengan kuat. 

Setelah itu, diamkan hingga lem menjadi kering kurang lebih selama 10 sampai 20 menit hingga benar-benar kering. Bila sudah kering, Pins bisa memasang kembali ban tersebut dan menggunakannya kembali. 

Cara Menambal ban tubeless dengan cairan anti bocor

Source : Unsplash

Tambal ban tubeless sebenarnya terdiri dari berbagai metode. Selain metode string dan tip top, menambal ban bisa dilakukan dengan memanfaatkan cairan anti-bocor. 

Cara ini diklaim dapat mengurangi risiko terjadinya kebocoran di masa datang. Pasalnya, cairan anti-bocor dianggap bisa menutup bagian yang bocor secara otomatis ketika paku dilepas. 

Pemakaian cairan anti-bocor pun tidak sulit. Pins hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini. 

  • Beli cairan anti-bocor yang biasa dijual di bengkel tambal ban
  • Masukkan cairan lewat lubang pengisian angin. 
  • Tutup lubang pengisian angin, ban sudah bisa digunakan. 

Cara menambal ban tubeless dengan cairan anti-bocor memang terbilang simpel berkat senyawa khusus di dalamnya. Ini membuat Pins tidak perlu repot mencari atau menambal ban ketika terjadi kebocoran saat berkendara. 

Itulah macam-macam alat tambal ban tubes dan macam-maca cara menggunakannya. Sekian pembahasannya, semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat. Sehingga tidak perlu bingung dalam mencari jenis dan alat tambal ban tubles yang cocok untuk ban motor.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download