BlogLifestyleEdukasiAngiospermae, Tumbuhan Berbunga yang Pas di Rumah
0
0

Angiospermae, Tumbuhan Berbunga yang Pas di Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
angiospermaetop-right-banner

Tanaman hias memang selalu jadi pilihan populer, baik ketika ingin menggunakan tanaman indoor maupun outdoor. Salah satu kelompok tanaman yang cukup populer menghiasi rumah minimalis seperti New Abaya Village, adalah angiospermae.

Tanaman hias selalu menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang ingin memberikan keindahan alam di dalam rumah di Jakarta Garden City. Salah satu kelompok tanaman yang sangat populer adalah angiospermae, yang juga dikenal sebagai tumbuhan berbunga. Tetapi, apakah angiospermae cocok untuk ditanam di rumah? Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang tumbuhan angiospermae dalam artikel ini.

Apa itu angiospermae?

Angiospermae adalah kelompok tumbuhan berbunga yang merupakan salah satu kelompok paling dominan di dunia tumbuhan. Mereka termasuk dalam divisi Magnoliophyta dan memiliki bunga sebagai ciri khas utama. Bunga tumbuhan ini memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang indah, membuatnya menjadi pilihan populer sebagai tanaman hias untuk taman rumah.

Beberapa tumbuhan berbiji tertutup ini, seperti beberapa jenis bunga hias, tanaman buah, atau sayuran, mungkin lebih mudah dirawat dan tumbuh subur di taman rumah. Namun, ada juga beberapa jenis yang memerlukan perawatan khusus atau kondisi lingkungan tertentu untuk tumbuh dengan baik.

Jadi, untuk menghiasi taman rumah dengan tumbuhan satu ini, penting untuk memilih jenis tumbuhan yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kemampuan perawatan yang kita miliki.

Baca juga: Catat! Ini Dia 3 Bunga Khas Indonesia

Klasifikasi angiospermae

Angiospermae dapat dibagi menjadi dua kelompok utama berdasarkan jumlah daun pada setiap biji mereka, yaitu dikotil dan monokotil.

1. Tumbuhan dikotil

Source : Shutterstock

Tumbuhan dikotil memiliki biji dengan dua daun lembaga (kotiledon) pada embrio mereka. Ciri-ciri lainnya termasuk memiliki akar tunggang, daun berurat, dan berbunga dengan kelipatan bagian bunga lima atau empat.

2. Tumbuhan monokotil

Tumbuhan monokotil, di sisi lain, memiliki biji dengan satu daun lembaga saja. Ciri-ciri khasnya termasuk akar serabut, daun sejajar berurat, dan berbunga dengan kelipatan bagian bunga tiga.

Ciri-ciri angiospermae

Tumbuhan angiospermae memiliki beberapa ciri-ciri khas yang membedakannya dari kelompok tumbuhan lainnya. Berikut ini beberapa ciri-cirinya.

Baca juga: Kenalan dengan Bunga Anthurium dan 5 Fakta Menariknya Yuk!

1. Bunga berwarna-warni

angiospermae
Source : Shutterstock

Salah satu ciri khas dari tanaman berbunga ini adalah punya bunga yang berwarna-warni. Warna-warni dari bunga ini tentu membuatnya menarik perhatian serangkaian serangga penyerbuk. Terlebih lagi, bunga berwarna-warni ini juga mempercantik tampilan depan rumah maupun halaman belakang.

2. Buah sebagai perlindungan biji

Setelah proses penyerbukan, bunga jenis tumbuhan ini berkembang menjadi buah yang berfungsi sebagai perlindungan dan penyebaran biji. Jadi, Pins akan melihat adanya buah di bunga ini, ya.

3. Pertumbuhan yang cukup cepat

Banyak angiospermae memiliki pertumbuhan yang cepat, membuatnya cocok untuk dijadikan tanaman hias yang mudah dirawat.

4. Hadir dalam ukuran dan bentuk yang bervariasi

Angiospermae dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan bentuk, dari tanaman merambat hingga pohon tinggi.

Baca juga: Mengenal Bunga Anyelir dengan 6 Makna, Jenis dan Manfaatnya

Manfaat angiospermae

Angiospermae, atau tumbuhan berbunga, memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Beberapa manfaat utama dari angiospermae antara lain:

1. Menjadi sumber pangan

Source : Shutterstock

Pins tahu tidak kalau banyak jenis dari tumbuhan satu ini menjadi sumber pangan utama bagi manusia. Tanaman seperti padi, jagung, gandum, dan berbagai jenis sayuran adalah contoh angiospermae yang menjadi makanan pokok bagi berbagai budaya di seluruh dunia.

2. Meningkatkan keanekaragaman hayati

Angiospermae merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang paling beragam dan mendominasi di alam. Keberagaman ini memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan membantu mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup lainnya.

3. Membantu menyediakan oksigen

Melalui proses fotosintesis, tanaman berbunga menghasilkan oksigen yang vital bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi, termasuk manusia. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan ini membantu menjaga kualitas udara dan atmosfer.

Baca juga: Kenali 6 Ciri dari Tanaman Kantong Semar Serta Fakta Uniknya

4. Menghias taman

Banyak tumbuhan berbiji tertutup ini memiliki bunga-bunga yang indah dan daun yang menarik. Tidak heran bila jenis tumbuhan ini sering digunakan untuk menghias taman, pekarangan, dan area publik lainnya. Tumbuhan berbunga juga memberikan keindahan visual dan menyegarkan lingkungan sekitar.

5. Obat-obatan

Siapa sangka angiospermae bisa menjadi salah satu tanaman herbal? Ini karena tanaman ini mengandung senyawa-senyawa aktif yang memiliki sifat obat atau khasiat kesehatan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Contoh angiospermae di kehidupan sehari-hari

Angiospermae sangat mendominasi kehidupan sehari-hari kita, terutama dalam hal konsumsi pangan dan hiasan. Beberapa contoh tanaman berbunga ini yang Pins jumpai sehari-hari meliputi:

  • Bunga hias, seperti mawar, tulip, dan anggrek sebagai tanaman hias di rumah.
  • Sayuran, contohnya cabai, tomat, brokoli, dan wortel.
  • Buah-buahan, misalnya apel, jeruk, pisang, dan stroberi.

Angiospermae adalah kelompok tumbuhan berbunga yang mempesona dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita. Dengan berbagai ciri khas dan keindahannya, mereka menjadi pilihan yang tepat sebagai tanaman hias di rumah. Dengan sedikit perhatian dan perawatan, kamu dapat menikmati keindahan alam dari angiospermae yang tumbuh subur di lingkungan rumah Anda.

Baca juga: Cara Menanam dan 5 Manfaat dari Tanaman Vanili


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download