BlogLifestyleEdukasiSering Mendengar Kata Ghibah? Apa Pengertian Ghibah?
0
0

Sering Mendengar Kata Ghibah? Apa Pengertian Ghibah?

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
apa arti ghibahtop-right-banner

Apa arti ghibah? Ghibah atau bergunjing merupakan salah satu perbuatan yang kerap dilakukan umat manusia. Sayangnya, perilaku ini mendatangkan mudarat atau kerap kali merugikan. Dalam Islam, ghibah dianggap sebagai dosa besar. Namun Imam An-Nawawi menyebut bahwa tidak semua ghibah merupakan perbuatan haram. 

Pinhome – Untuk mengetahui apa arti ghibah dan penjelasan lengkapnya, Pins dapat menyimak ulasan berikut. Yuk, langsung simak saja uraiannya!

Apa yang Dimaksud dengan Ghibah?

Source : Pexels

Ghibah dapat diartikan sebagai membicarakan keburukan atau aib orang lain. Ghibah juga kerap disebut dengan bergunjing atau bergosip.

Perilaku ini kerap dikaitkan dengan dusta, tapi sebetulnya keduanya berbeda. Dusta membicarakan sesuatu yang bohong atau tidak sesuai fakta, sedangkan hal yang diperbincangkan dalam ghibah memang benar adanya. 

Dalam sebuah hadis juga disebutkan apa arti ghibah. Rasulullah SAW bersabda:

“Tahukah kalian, apakah itu ghibah? Para sahabat menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah SAW bersabda, “engkau membicarakan sesuatu yang terdapat dalam diri saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai.” Salah seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah SAW, bagaimana pendapatmu jika yang aku bicarakan benar-benar ada pada diri saudaraku?” Rasulullah SAW menjawab, “Jika yang kau bicarakan ada pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah menggibahinya. Sedangkan jika yang engkau bicarakan tidak terdapat pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mendustakannya.” (H. R. Muslim)

Baca Juga: Sebutkan Ciri-Ciri Orang Munafik Dan Akibatnya!

Larangan Ghibah dalam Islam

apa arti ghibah
Source : Pexels

Ghibah merupakan salah satu perbuatan dosa yang dilarang dalam Islam. Bahkan terdapat beberapa surah di Al-Quran dan hadits mengenai larangan gibah ini. 

Dalam surah Al-Hujurat ayat 12, Allah SWT berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Selain dalam ayat tersebut, Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya: 

“Sesungguhnya riba yang paling bahaya adalah berpanjang kalam (ucapan) dalam membicarakan (keburukan) seorang muslim dengan (cara) yang tidak benar.” – HR Abu Daud.

Baca Juga: Cara Kredit Rumah Tanpa Riba Yang Menguntungkan

Ghibah yang Diperbolehkan

apa arti ghibah
Pexels)

Meski ghibah merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT, tapi ada suatu kondisi di mana ghibah justru diperbolehkan. 

Imam An-Nawawi dalam “Darul Mallah” (1971) menyebut:

اعلم أن الغيبة وإن كانت محرمة فإنها تباح في أحوال للمصلحة. والمجوز لها غرض صحيح شرعي لا يمكن الوصول إليه إلا بها ، وهو أحد ستة أسباب

Artinya: “Ketahuilah, ghibah–sekalipun diharamkan–dibolehkan dalam beberapa kondisi tertentu untuk suatu kemaslahatan. Hal yang membolehkan ghibah adalah sebuah tujuan yang dibenarkan menurut syar’i di mana tujuan tidak tercapai tanpa ghibah tersebut. Hal itu adalah satu dari enam sebab.”

Lebih lanjut, berikut enam gibah yang diperbolehkan dalam Islam menurut kutipan di atas: 

Tadzalum

Tadzalum adalah kondisi di mana seseorang teraniaya dan harus melaporkannya kepada pihak yang berkuasa. Jika kasusnya demikian, Allah SWT memperbolehkan seseorang untuk bergibah dengan maksud untuk menunjukkan kebenaran. 

Allah SWT berfirman yang artinya: 

“Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Menceritakan keburukan karena berbuat maksiat

Maksud dari poin ini yakni menceritakan keburukan orang lain dengan tujuan agar orang yang mampu dapat memperbaiki si yang dibicarakan. 

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika tidak mampu maka dengan hatinya.” – HR Muslim.

Saat meminta fatwa

Pins diperbolehkan beribadah saat meminta fatwa atau petuah. Baik kepada ulama, psikolog, atau yang dituakan. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas bagi ulama guna mengambil sebuah keputusan. 

Ghibah dengan maksud mengingatkan

Seorang muslim diperbolehkan berghibah jika tujuannya untuk mengingatkan atau memberikan peringatan. Hal ini sesuai dengan hadis: 

“Adapun Muawiyah, ia adalah seseorang yang sangat miskin, sedangkan Abu Jahm, adalah seseorang yang ringan tangan (suka memukul wanita).” – HR Muslim.

Ghibah sebagai bentuk pengenalan

Maksud dari poin ini yakni menceritakan kondisi fisik seseorang untuk memperkenalkannya. Hal ini perlu dilakukan supaya seseorang yang kamu ceritakan mudah mengenali si yang diceritakan dengan baik. 

Menghibahkan seseorang yang berbuat maksiat

Allah SWT memperbolehkan umatnya untuk mengibahkan seseorang yang suka berbuat maksiat, misalnya mabuk atau berjudi. Hal ini boleh dilakukan sebagai tindak antisipasi supaya orang lain tidak terjerumus bersama mereka. 

Walau kelihatan sepele, namun gibah dapat mendatangkan banyak mudarat, seperti memicu pertikaian dan melenyapkan amal ibadah. Untuk itu, Pins harus menjauhinya supaya makin dekat dengan Allah SWT. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download