BlogLifestyleEdukasiTaubatan Nasuha Artinya Sebenar-benarnya Bertaubat. Ini Penjelasannya!
0
0

Taubatan Nasuha Artinya Sebenar-benarnya Bertaubat. Ini Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ramadhan, men, guy-3400244.jpgtop-right-banner

Manusia merupakan makhluk Allah yang tak pernah lepas dari dosa. Walau demikian, Allah SWT selalu membukakan pintu maaf untuk umat-Nya yang melakukan perbuatan dosa. Dengan catatan, mereka segera menyadarinya dan melakukan taubat nasuha. Jika tidak, maka Allah SWT tak akan segan memasukkan mereka ke dalam panasnya api neraka. 

Pinhome – Lantas, sebetulnya apa arti taubat nasuha? Guna membuat semua lebih jelas, berikut pengertian taubat nasuha yang perlu Sobat Hijrah pahami. Yuk, langsung simak ulasannya!

Baca Juga: Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap

Apa Arti Taubat Nasuha?

Source : Pexels

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, taubat atau tobat diartikan sebagai berikut: 

  1. (v) sadar dan menyesal akan dosa (perbuatan yang salah atau jahat) dan berniat akan memperbaiki tingkah laku dan perbuatan: sekarang ia sudah – dari kejahatan yang pernah dilakukan
  2. (v) kembali kepada agama (jalan, hal) yang benar: setelah mendengar khotbah itu banyak orang yang – kembali ke jalan yang sesuai dengan ajaran Tuhan
  3. (v) merasa tidak sanggup lagi: – aku mengajar anakmu
  4. (p) menyatakan rasa heran, kesal, atau sebal: –! –!, bengal betul anak itu!
  5. (v) cak jera (tidak akan berbuat lagi): ia sudah — tidak akan mengisap ganja lagi

Mengutip dari buku “Bismillah, Kami Menikah” karya Rizem Aizid, pengertian adalah insaf atau sadar terhadap perbuatan yang dilakukan, serta berkomitmen untuk tak melakukannya lagi. Tak hanya itu, taubat pun dapat diartikan sebagai sarana untuk memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa-dosa yang diperbuat diampuni oleh-Nya. 

Sementara itu, pengertian taubat nasuha sendiri adalah taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jika merujuk dari pengertian tersebut, maka seorang  muslim yang melakukan taubat nasuha harus senantiasa melibatkan hati, lisan, dan tindakan secara berkesinambungan. Dengan demikian, kamu dapat merasakan penyesalan dengan hati, lalu beristighfar dengan lisan, dan senantiasa menghindari serta menjauhi perbuatan dosa. Selain itu, Sobat Hijrah juga perlu menjaga ketenangan hati agar tidak melakukan kembali dosa di masa lalu.

Baca Juga: Cara Masuk Surga Tanpa Hisab: Lakukan Amalan Ini!

Perintah untuk Melakukan Taubat Nasuha

Source : Pexels

Taubat nasuha harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab, taubat ini dapat mengurangi atau bahkan membebaskanmu dari siksa neraka. 

Dalam surah At-Tahrim ayat 8, Allah SWT berfirman: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: \”Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Tak hanya itu, dalam surah At-Taubah ayat 74 Allah SWT juga menganjurkan seorang umat muslim untuk segera bertaubat agar tak larut dalam dosanya. Allah SWT berfirman: 

ۚ فَإِن يَتُوبُوا يَكُ خَيْرًا لَّهُمْ ۖ وَإِن يَتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ عَذَابًا أَلِيمًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۚ وَمَا لَهُمْ فِي الْأَرْضِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ 

Artinya: “Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi.”

Cara Melakukan Taubat Nasuha

Source : Pexels

Taubat nasuha dapat dilakukan dengan cara sederhana, tapi kuncinya harus berkomitmen dan benar-benar menyesali kesalahan yang diperbuat. Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis bersabda yang artinya demikian: 

“Setiap orang yang berbuat dosa, lalu ia bergegas melakukan wudhu, kemudian mengerjakan sholat, lalu memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan ampunan kepadanya.\”

Dalam surah An-Nisa ayat 146, Allah SWT juga menjelaskan bahwa taubat nasuha ini harus dilakukan didasari dengan perasaan ikhlas. Sebagaimana potongan surah berikut: 

إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِينَ ۖ وَسَوْفَ يُؤْتِ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ أَجْرًا عَظِيمًا 

Artinya: “Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.” 

Selain itu, taubat nasuha pun harus dilakukan dengan istiqomah. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini: 

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَن تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ 

Artinya: “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” – QS Huud ayat 12. 

Sebagai tambahan, mereka yang melakukan taubat nasuha juga diminta untuk memperbaiki amalannya. Dalam sebuah surah, Allah SWT berfirman:

 وَإِذَا جَاءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِنَا فَقُلْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوءًا بِجَهَالَةٍ ثُمَّ تَابَ مِن بَعْدِهِ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ 

Artinya: “Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah “Salaamun-alaikum. Rabb-mu telah menetapkan atas diriNya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS Al An’am ayat 54. 

Kunci dari diterimanya taubat nasuha yakni dilakukan dengan ikhlas, penuh penyesalan, dan sungguh-sungguh. Jika tidak, maka taubat tersebut tak bisa dianggap sebagai taubat nasuha.

Demikian ulasan mengenai pengertian taubat nasuha dan penjelasan lainnya. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Griya Cinere dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download