BlogLifestylePengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!
0
0

Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
equity adalahtop-right-banner

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika kamu memutuskan untuk serius berinvestasi maka alangkah baiknya untuk memahami istilah yang satu ini. 

Equity tak hanya menjadi pertimbangan dalam berinvestasi pada sebuah perusahaan. Dengan memahami dan menjaganya, bisa turut mempengaruhi perusahaan bertahan untuk waktu yang lama. Nah, untuk mengetahui pengertian equity, jenis-jenisnya, serta cara untuk menghitungnya, kamu bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Equity?

Source : Freepik

Equity adalah besarnya nilai kepemilikan atas suatu entitas. Entitas ini bisa berupa usaha, inventaris ataupun saham suatu perusahaan. Dengan merujuk pada persamaan akuntansi, posisi equity ini berada di sisi kanan dengan utang (pasiva). Sementara itu, di sebelah kiri digunakan sebagai penanda harta (aktiva).

Pada dasarnya prinsip dari equity merupakan kekayaan bersih yang didapat dari pendanaan pemilik perusahaan, dan hasil aktiva usaha perusahaan yang dikelola.

Baca juga: Anda ingin investasi Saham? Simak kelebihan dan kekurangannya

Cara Menghitung Equity

Source : Freepik

Bagaimana cara untuk menghitung equity? Berdasarkan definisi equity dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) tahun 2002 Pasal 49, cara menghitungnya yaitu:

Hak atas aktiva perusahaan dikurangi dengan semua kewajiban.

Equity = Harta (Aktiva) – Utang (Pasiva).

Dengan kata lain, equity adalah hasil dari keseluruhan harta (aktiva) dikurangi dengan kewaijban utang (pasiva).

Contoh menghitung equity, misalnya perusahaan mendapatkan modal dari pembelian saham sebesar 50 miliar. Sementara itu, utang yang dimiliki oleh perusahaan sebesar 10 miliar. Perhitungan equity-nya seperti berikut ini:

50 miliar – 10 miliar = 40 miliar

Baca juga: Pengertian Investasi dan jenisnya

Jenis-jenis Equity

Source : Freepik

Ada 2 jenis equity yang umumnya digunakan. Kedua jenis equity ini, yaitu nilai buku keuangan (book value) serta nilai pasar (market value). Namun, tidak semua equity berkaitan dengan investasi atau saham. Inilah jenis-jenis equity lainnya tersebut.

Equity Pemilik Usaha

Equity ini berhubungan dengan modal awal saat memulai usaha. Modal ini tidak masuk ke perhitungan manapun. Nantinya, segala keuntungan yang berasal dari modal menjadi pemilik usaha itu. Ada 2 jenis modal dari equity pemilik usaha. 

Pertama adalah modal saham yang merupakan total dari saham yang sudah diputarkan ke publik. Kedua, modal disagio/agio saham, yakni berupa selisih total saham. Jika selisih yang didapat lebih tinggi dari nilai saham, maka merupakan agio. Sedangkan untuk selisih yang lebih rendah disebut disagio.

Equity Pemegang Saham

Equity ini hampir sama dengan pemilik usaha. Perbedaannya terletak pada nilai dividen. Nilai dividen yang dimiliki oleh pemilik usaha akan dibagi dengan pemegang saham lainnya. Hal ini dikarenakan dividen merupakan hasil investasi dari modal yang sudah dikeluarkan di awal oleh pemegang saham.

Equity Pembiayaan

Untuk jenis equity ini muncul saat perusahaan berhasil menjalankan usaha, tetapi tidak menghasilkan keuntungan. Kondisi ini membuat saham perusahaan dijiual pada investor. Besaran pembelian yang dilakukan oleh investor akan digunakan sebagai modal pengembangan perusahaan.

Equity Rumah

Untuk mendapatkan nilai equity rumah caranya adalah dengan nilai rumah dikurangi total dari utang hipotek. Yang dimaksud hipotek di sini adalah surat pernyataan atas hutang pada kredit yang dipergunakan untuk membeli rumah.

Ada hal yang harus kamu perhatikan berhubungan dengan equity rumah, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan saat melakukan penjualan maupun pembelian. Apabila total dari uang pinjaman nilainya melebihi harga jual rumah, maka nilai equity rumah akan menjadi negatif. Berlaku juga hal yang sebaliknya, jika total pinjamannya kurang dari harga rumah maka equity-nya positif.

Baca juga: Investasi uang: cara bijak dan benar

Unsur Equity yang Terdapat di Perusahaan

Source : Freepik

Equity atau ekuitas terbentuk dari beberapa unsur. Kurang lebih terdapat 4 unsur equity yang perlu kamu ketahui.

Modal yang diserahkan merupakan investasi yang ditanam oleh pemegang saham kepada suatu perusahaan. Hal ini membuat equity yang dimiliki oleh pemegang saham tersebut, sebanding dengan modal yang sudah diserahkan atau disetorkan. 

Peninjauan atau penghitungan ulang nilai semua aset yang dimiliki adalah proses yang seringkali dilakukan oleh suatu perusahaan. Apabila terdapat penyesuaian terhadap nilai aset, secara otomatis akan merubah neraca perusahaan. Misalnya, perusahaan memiliki aset properti yang nilainya mengalami kenaikan. Kenaikan harganya ini akan membuat nilai equity naik juga.

Keuntungan yang Tak Dapat Dibagi

Keuntungan yang tak dapat dibagi atau laba yang ditahan menjadi unsur equity berikutnya yang ada di perusahaan. Keuntungan ini menjadi hasil keuntungan bersih operasional yang tidak diambil pemegang saham. Dalam mengambil keputusan, perlu mempertimbangkan banyak hal dan melakukan diskusi dengan para pemegang saham lain.

Modal yang diperoleh suatu perusahaan, bisa juga berasal dari modal yang sifatnya donasi atau sumbangan. Modal dari donasi ini merupakan penambahan modal yang terlaksana, ketika perusahaan mendapatkan tambahan aset tanpa melakukan pengeluaran ataupun belanja modal.

Equity adalah hal yang penting, terutama bagi para pemilik usaha ataupun pemegang saham. Semoga penjelasan mengenai equity lengkap beserta jenis, unsur-unsur dan cara menghitungnya di atas, mudah untuk dipahami, ya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Granada Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download