BlogLifestyleApa Itu Metode Penelitian? Simak Selengkapnya di Sini!
0
0

Apa Itu Metode Penelitian? Simak Selengkapnya di Sini!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Agu 9, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Apa Itu Metode Penelitian? Simak Selengkapnya di Sini!top-right-banner

Dalam melakukan sebuah riset atau penelitian, kita pasti membutuhkan suatu proses dan metode yang tepat. Metode yang digunakan tergantung pada keperluan dan kebutuhan dari penelitian yang dilakukan. Lantas, apa itu metode penelitian?

Pada artikel kali ini, Pinhome akan membagikan materi seputar pengertian metode penelitian, jenis dan contohnya. Simak baik-baik ya, Pins!

Baca juga:

Apa Itu Metode Penelitian?

apa itu metode penelitian
Source : Questin Pro

Sebelum masuk lebih jauh, Pins harus mengetahui terlebih dahulu apa itu metode penelitian. Biasanya definisi metode penelitian dibedakan menjadi 2, yaitu secara umum dan menurut para ahli.

Metode penelitian merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang saat sedang melakukan penelitian suatu objek untuk mengumpulkan data ataupun mengumpulkan informasi dari objek yang diteliti tersebut.

Objek dalam riset ini dapat berupa benda, hewan, tumbuhan, dan sebagainya. Nantinya, informasi tersebut akan digunakan untuk tujuan tertentu.

Baca juga: Metode Penelitian Kualitatif

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Source : iPleaders

Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu metode penelitian, berikut kami uraikan pendapat para ahli:

Prof. Dr. Sugiyono

Pengertian metode penelitian menurut Prof. Dr. Sugiyono adalah cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan dan mengumpulkan data untuk tujuan atau kegunaan tertentu.

Muhiddin Sirat

Pengertian metode penelitian menurut Muhiddin Sirat sebuah cara memilih topik suatu riset.

Prof M.E. Winarno

Pengertian metode penelitian menurut Prof M.E. Winarno yaitu melakukan kegiatan ilmiah dengan teknik yang sistematik dan teliti.

Baca juga: Jenis Penelitian

Macam-macam Metode Penelitian

apa itu metode penelitian
Source : iStock

Macam-macam jenis penelitian ini juga cukup beragam. Mulai dari metode kualitatif, kuantitatif, deskriptif dan sebagainya. Berikut ini berbagai jenis metode penelitian yang harus Pins ketahui:

1. Metode Penelitian Deskriptif

Meetode penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu objek, bisa juga dalam bentuk peristiwa yang sedang terjadi pada masa lalu, ataupun peristiwa yang terjadi di masa sekarang.

Metode deskriptif bisa dapat kelompokan menjadi dua jenis, yaitu cross sectional (dalam jangka waktu tertentu) dan longitudinal (dalam jangka sepanjang waktu).

2. Metode Penelitian Kualitatif

Selanjutnya ada juga metode penelitian kualitatif, dimana metode tersebut memiliki sifat untuk memberikan suatu keterangan dengan sebuah analisis. Metode penelitian kualitatif ini bersifat subjektif  karena dalam penerapannya, peneliti akan lebih fokus terhadap teori teori yang ada.

3. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode kuantitatif berkebalikan dari kualitatif yang bersifat subjektif. Metode penelitian ini memiliki cara penelitian yang lebih sistematis, terperinci, dan juga terstruktur. Seperti namanya, kuantitatif lebih terfokus pada data yang berupa seperti angkat, diagram, grafik, dan hal sejenisnya untuk dikumpulkan.

4. Metode Penelitian Ekspos Facto

Ekspos Facto merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti atau meriset sebab dan akibat pada suatu peristiwa.

5. Metode Penelitian Survei

Mungkin ini salah satu metode yang sering digunakan dalam melakukan sebuah penelitian dan riset. Dalam penerapan metode survei biasanya peneliti akan mencari hasil dengan cara menggali opini dan pendapat dari orang yang berhubungan dengan objek yang akan diteliti.

Bagaimana Pins, sudah paham tentang apa itu metode penelitian? Itulah penjelasan seputar metode penelitian yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Aulia Pasteur Harmoni dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download