BlogHome ServiceOtomotifApa itu Porting Motor? Ketahui Tujuan dan Manfaatnya!
0
0

Apa itu Porting Motor? Ketahui Tujuan dan Manfaatnya!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bukan rahasia lagi bahwa pecinta otomotif kerap melakukan modifikasi pada tunggangannya. Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan adalah porting.

Lantas, apa itu sebenarnya porting motor? Adakah tujuan dan manfaat porting motor? Simak penjelasan berikut ini untuk mencari tahu tentang porting motor, manfaatnya, serta kisaran biayanya.

Apa Itu Porting Motor?

Source : Freepik

Porting polish atau lebih dikenal dengan sebutan porting adalah sebuah metode polishing atau menghaluskan. Adapun bagian yang dihaluskan adalah lubang inlet yang merupakan saluran masuk dan keluarnya bahan bakar ke mesin kendaraan.

Secara singkat, pengertian porting adalah modifikasi sederhana pada saluran bahan bakar kendaraan bermotor.

Pada motor standar pabrikan, saluran bahan bakar kendaraan memiliki permukaan kasar. Dengan melakukan porting polish, saluran ini bisa diperhalus sekaligus diperlebar agar aliran bahan bakar jauh lebih lancar.

Kendati termasuk modifikasi sederhana, porting motor membutuhkan keterampilan khusus. Jadi, tidak semua bengkel motor melayani porting polish.

Kalau kamu berencana melakukan porting motor, cari tahu dulu bengkel mana yang menyediakan jasa tersebut. Pastikan juga kamu menanyakan metode porting serta kisaran biayanya.

Baca juga:

Tujuan dan Manfaat Porting Motor

Source : Freepik

Umumnya para pemilik sepeda motor melakukan porting dengan tujuan meningkatkan performa kendaraan. Motor yang sudah dimodifikasi dengan metode ini diklaim dapat melesat dengan tenaga lebih tinggi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya porting motor dengan kecepatan kendaraan?

Dengan menghaluskan jalur bahan bakar pada klep in dan klep out, laju bahan bakar pun makin lancar. Nah, karena bahan bakar lebih cepat menuju ruang bakar, motor pun jadi lebih responsif ketika gas ditarik.

Proses pembakaran dan pembuangan gas pun jadi lebih lancar, asalkan porting dilakukan dengan presisi.

Baca juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX 

Perbedaan Porting Motor vs Bore Up

Source : Motorplus-Online

Porting motor dan bore up memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan performa kendaraan. Bedanya, bore up memberikan dampak perubahan yang lebih besar.

Hal ini karena bore up termasuk modifikasi yang lebih serius. Kalau porting hanya menghaluskan lubang inlet, bore up dilakukan dengan menambah diameter piston.

Contohnya, sepeda motor dari pabrikan memiliki piston diameter 51 mm. Kemudian, pemilik kendaraan roda dua ini melakukan modifikasi bore up hingga diameternya menjadi 53 mm.

Dengan berubahnya ukuran piston, maka ukuran cc sepeda motor pun ikut naik. Dari segi biaya, bore up juga lebih mahal ketimbang porting motor.

Porting polish meningkatkan kinerja mesin jadi lebih optimal tanpa mengubah cc. Hasilnya, sepeda motor memiliki tenaga yang lebih besar tetapi tidak terlalu signifikan.

Di samping itu, porting polis juga lebih aman. Modifikasi ringan ini sudah cukup mumpuni untuk kendaraan roda dua yang dipakai untuk keperluan harian, misalnya untuk kerja atau kuliah.

Baca juga: 8 Merk Shockbreaker Motor Terbaik Untukmu

Metode Porting Polish

Source : GridOto

Pengetahuan tentang apa itu porting motor belum cukup untuk melakukan porting. Kendati tidak rumit, porting polish perlu keahlian khusus sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang montir.

Untuk melakukan porting, teknisi harus membongkar blok head pada mesin lebih dulu. Kemudian, porting harus dilakukan dengan ukuran yang presisi sebab power mesin bisa ngempos kalau porting berlebihan.

Metode porting motor ada dua, yaitu manual dan dengan mesin. Porting manual merupakan cara konvensional, yaitu teknisi menghaluskan inlet dengan mata turner dan tangan.

Cara ini membutuhkan keahlian dan keterampilan yang lebih tinggi karena teknisi harus benar-benar teliti.

Selain itu, cara kedua yang lebih canggih yaitu dengan menggunakan mesin CNC. Cara ini menghasilkan porting yang lebih presisi sehingga meminimalkan risiko kesalahan.

Baca juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Risiko Jika Salah Porting

Source : Astra Motor

Berencana porting motor untuk menambah tenaga pada sepeda motor kesayangan? Mengetahui apa itu porting motor saja tidak cukup karena kamu juga harus paham risikonya.

Porting merupakan tindakan modifikasi yang mengubah rancangan pabrikan. Jika dilakukan dengan asal-asalan, hal ini justru bisa menimbulkan masalah, di antaranya adalah:

Baca juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Tarikan Mesin Jadi Ngempos

Porting dilakukan dengan memperbesar lubang exhaust dan intake pada head mesin untuk mengoptimalkan pembakaran. Jika dilakukan dengan benar, tenaga motor akan lebih optimal.

Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, porting harus dilakukan dengan presisi sesuai ukuran besaran diameter payung klep mesin. Jika porting terlalu besar, akibatnya tarikan mesin justru akan menjadi kurang bertenaga atau ngempos.

Bukannya menambah kecepatan motor, porting yang keliru justru malah bisa membuat motor jadi lebih lambat.

Bahan Bakar Jadi Boros

Diameter inlet yang terlalu besar menyebabkan aliran bahan bakar yang lebih banyak dari takaran semestinya. Proses pembakaran pun menjadi tidak optimal  sehingga penggunaan bahan bakar pun jadi boros.

Sayangnya, diameter porting yang terlalu besar tidak akan bisa diperbaiki. Akhirnya, pengeluaran pun bakalan membengkak karena kamu perlu melakukan modifikasi lain untuk penyesuaian.

Terjadi Kebocoran

Porting yang dilakukan asal-asalan bisa mengakibatkan kebocoran yang akhirnya menimbulkan masalah lebih serius.

Jika sepeda motor menggunakan radiator, saluran bahan bakar bisa kemasukan air. Jika sepeda motor tanpa radiator, saluran bahan bakar bisa kemasukan oli.

Baca juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Kisaran Biaya Porting

Source : Pixabay

Tiap bengkel memasang tarif porting yang berbeda-beda sesuai dengan layanan yang diberikan. Umumnya, jasa porting hingga finishing setel ulang mencapai Rp1 juta sampai Rp1,3 jutaan.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan menjadikan biaya sebagai pertimbangan utama. Untuk menghindari risiko kesalahan porting, pilihlah bengkel yang tepercaya dan berpengalaman.

Nah, sudah tahu kan apa itu porting motor? Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Pins dapatkan dengan porting. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download