BlogHome ServiceOtomotifApa Kegunaan dari Kunci Ring? Berikut Contoh Penggunaannya
0
0

Apa Kegunaan dari Kunci Ring? Berikut Contoh Penggunaannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kunci ring merupakan peralatan bengkel yang sering digunakan. Lalu apa kegunaan atau fungsi dari kunci ring berikan contoh penggunaannya?

Kunci ini biasanya dipakai untuk membongkar bagian dalam komponen mobil. Bentuknya hexagonal pada bagian rahang dan membulat secara otomatis guna menutup semua bagian luar baut dan mur yang ingin dibuka.

Sudut pemutaran kunci ring terbagi atas 15 derajat, 30 derajat dan 45 derajat. Sementara ukuran metrik kombinasi mulai dari 6,7,8,9 dan seterusnya.

Cara memakai kunci ring ini adalah dengan memutar ke kiri untuk mengencangkan mur atau baut. Sedangkan untuk mengendurkan mur atau baut dengan memutar ke kanan.

Baca Juga:

Fungsi Kunci Ring

Source : Moladin

Jika ditanya apa kegunaan dari kunci ring berikan contoh penggunaannya! Pins dapat menjawab fungsi kunci ring untuk mengatur mur dan baut. Jenis baut yang dapat diatur posisinya oleh kunci ring hanya yang berbentuk segi enam saja.

Untuk mengetahui apakah kunci ring memiliki ukuran yang sesuai dengan baut tinggal letakan kunci tepat pada baut. Apabila posisinya tegak lurus dan tidak melesat maka bisa dikatakan ukurannya sesuai.

Keunggulan Kunci Ring

Keunggulan Kunci Ring
Source : Pixabay

Dalam bahasa Inggris kunci ring disebut dengan closed end wrench. Fungsinya hampir mirip dengan kunci pas. Namun lebih sering digunakan untuk perbaikan yang ringan pada motor atau mobil. 

Bahan dari kunci ring biasa mengandung chrome vanadium agar menghasilkan torsi lebih besar. Sementara itu kelebihan dari kunci ring lainnya dapat Pins simak sebagai berikut!

Baca Juga:

Membuka atau Mengencangkan Baut

Apa kegunaan dari kunci ring berikan contoh penggunaannya? Tujuan utamanya adalah membuka dan mengencangkan baut. Mur dan baut ini bisa dibilang sebagai pengikat dalam kendaraan.

Ia mengikat komponen agar tidak mudah lepas sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya. Baut segi enam mudah sekali ditemukan pada mesin, bodi kendaraan bahkan kelistrikan.

Beberapa baut bisa dibuka melawan arah jarum jam namun ada pula yang sifatnya reverse thread. Ini artinya untuk membuka baut harus mengikuti arah jarum jam. 

Mur yang sudah aus akan mudah membuat kunci ring melesat. Biasanya digunakan obeng yang ukurannya lebih panjang dan dipadukan dengan kunci ring untuk membuka baut yang gundul. 

Jika baut sudah berkarat ada baiknya sikat dulu permukaan mur. Oleskan minyak rem pada kepala mur dan biarkan 15-30 menit. Setelah itu baru buka dengan kunci ring dengan sedikit hentakan.

Baca Juga:

Lebih Aman Untuk Torsi Lebih Besar

Desain kunci ring lebih aman karena bentuk lingkarannya memiliki sisi tertutup. Hal ini membuat kunci ring lebih kuat ketika dipegang saat hendak mengencangkan atau mengendorkan baut.

Apabila baut terasa keras maka kunci ring menjadi pilihan tepat untuk membukanya. Pegangannya tidak mudah melesat ketika mendapatkan dorongan tekanan yang tinggi.

Untuk membuka baut yang sulit dibuka Pins bisa menyemprotkan cairan penetran. Semprotkan ke sela-sela baut yang berguna sebagai pelumas. Diamkan beberapa menit sehingga cairan lebih meresap ke baut.

Gunakan sarung tangan yang permukaannya kasar. Dengan begitu saat memakai kunci ring tidak mudah melesat. 

Hanya Dapat Dipakai Jika Ada Ruang Cukup

Manfaat kunci ring ini akan lebih terasa apabila ada ruang yang cukup untuk menempatkannya mengelilingi baut. Misalnya saja pada kendaraan bermotor. Kunci ring akan sulit digunakan untuk melepaskan baut kaca spion.

Alasannya karena tidak ada ruang yang cukup untuk memasukan kunci ring. Walaupun begitu kekuatan cengkeraman kunci ring lebih menyeluruh ke semua sisi bautnya. Dengan begitu kerusakan pada baut atau mur dapat diminimalisir.

Cara Merawat Kunci Ring

apa kegunaan dari kunci ring berikan contoh penggunaannya
Motorplus

Harga kunci ring bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tergantung dari ukurannya. Ada pula yang menjualnya satu paket dimana terdapat berbagai ukuran kunci ring dalam satu paket.

Perawatan yang tepat akan membuat kunci ring dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Adapun cara merawat kunci ring dapat Pins simak sebagai berikut:

Baca Juga:

Gunakan Sesuai Fungsinya

Sebaiknya gunakan kunci ring sebagaimana fungsinya. Ambil kunci ring sesuai dengan ukuran mur atau kepala baut. Hindari menggunakan kunci ring yang sudah retak atau aus.

Hal ini ditandai dengan gerigi yang dalamnya membundar. Kunci ring seperti ini akan mudah untuk merusak baut dan mur.

Bersihkan Kunci Usai Digunakan

Selalu bersihkan kunci setelah Pins gunakan. Kunci yang kotor akan mudah menimbulkan karat. Untuk membersihkannya dapat menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke sedikit minyak pelumas.

Gunanya untuk menghilangkan karat pada kunci ring. Setelah dibersihkan kembalikan kunci ke tempat semula. Tempatkan pada wadahnya sehingga terhindar dari benturan benda lain.

Simpan Dengan Tepat

Dalam menyimpan kunci jangan sampai di tempat yang lembab. Simpan di ruangan yang sejuk sehingga tidak menimbulkan jamur pada kunci. 

Baca Juga:

Perbedaan Dengan Kunci Pas

apa kegunaan dari kunci ring berikan contoh penggunaannya
Source : Otoloka

Kunci pas memiliki fungsi yang berbeda dengan kunci ring. Kunci pas lebih digunakan untuk mengendorkan bagian pipa bahan bakar. Dari bentuknya terlihat bagian rahang yang terbuka. 

Kunci ring ini ada pula yang dikombinasikan dengan kunci pas. Jadi tiap bagian ujungnya berbeda satu dengan lainnya.

Setelah membaca ulasan diatas jika ada pertanyaan apa kegunaan dari kunci ring berikan contoh penggunaannya maka Pins sudah bisa menjawabnya, bukan?

Baca Juga:

Featured Image Source: Moladin.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download