BlogHome ServiceKebersihan RumahApa Kelebihan dari Kayu Dibandingkan Plastik dalam Membuat Sapu Lidi?
0
0

Apa Kelebihan dari Kayu Dibandingkan Plastik dalam Membuat Sapu Lidi?

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sapu merupakan alat kebersihan rumah tangga yang terbuat dari ijuk (lidi, sabut, dan sebagainya) yang diikat menjadi satu. Biasanya sapu diberi tangkai pendek atau panjang sebagai handle. Salah satu jenis sapu yang sangat populer adalah sapu lidi. Sapu dapat mempermudah penggunanya dalam membersihkan debu, sampah, dan sarang lama-laba di berbagai sudut rumah. Sapu lidi tersedia dalam dua jenis, yaitu terbuat dari plastik dan kayu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin masih banyak dari Pins yang belum tau apa kelebihan dari kayu dibandingkan plastik dalam pembuatan sapu lidi. Tenang! Karena Pinhome akan membahasnya melalui ulasan di bawah ini.

Sapu lidi paling sering digunakan untuk membersihkan bagian luar ruangan. Walaupun sekarang teknologi sudah maju dan sudah banyak sekali alat-alat modern yang bisa digunakan untuk membantu dalam bersih-bersih, sapu lidi tetap menjadi pilihan favorit para ibu rumah tangga. Selain karena harga yang murah, penyimpanan sapu lidi tidak memakan banyak tempat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat dua jenis sapu lidi, yaitu plastik dan kayu. Berikut daftar apa kelebihan dari kayu dibandingkan plastik dalam pembuatan sapu lidi.

Kuat dan Awet

(Canva Pro)

Mungkin banyak dari Pins yang bertanya-tanya apa kelebihan dari kayu dibandingkan plastik dalam pembuatan sapu lidi? Jawaban yang paling jelas adalah karena kayu merupakan bahan yang kuat dan tidak mudah patah atau rusak saat digunakan. Contohnya seperti mainan, bangku, meja, pintu, dan lainnya yang dibikin menggunakan bahan dasar kayu akan membuat barang-barang jauh lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu jangka panjang. Sapu lidi digunakan untuk menyapu bagian luar ruangan seperti halaman rumah atau taman yang memiliki permukaan kasar. Dengan material kayu tentu, sapu lidi akan lebih awet dan tidak mudah patah atau rusak. 

Baca juga:

Sangat Lentur

(Canva Pro)

Sapu lidi dari kayu jauh lebih lentur karena karakteristik pelepah daun kelapa yang sangat lentur dan mudah dibentuk. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menyatukan pelepah daun kelapa sebagai sapu. Meski lentur, pada bagian atas pelepah juga cukup kuat jika jumlahnya banyak. Hal ini memudahkan kamu untuk memasang kayu sebagai gagang sapu.

Ramah Lingkungan

(Canva Pro)

Kelebihan lainnya dari sapu lidi kayu adalah material yang ramah lingkungan. Kayu seperti batang daun kelapa ini dapat lebih tahan dari berbagai macam bentuk tekanan dan juga memiliki kelenturan. Sedangkan pada sapu lidi berbahan plastik ini jika sudah tidak terpakai barang akan sulit terurai. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi lingkungan dan dapat mencemari tanah.

Cara Membuat Sapu Lidi dari Pelepah Daun Kelapa

apa-kelebihan-dari-kayu-dibandingkan-plastik-dalam-pembuatan-sapu-lidi

(Canva Pro)

Sapu lidi terdiri dari dua macam, yaitu sapu lidi kasur dan sapu lidi luar ruangan. Perbedaan dua macam sapu lidi ini terletak pada kegunaannya. Sapu lidi kasur digunakan untuk membersihkan kasur. Sapu lidi ini lebih tipis, halus, dan tidak ada gagang sebagai handle. Sedangkan sapu lidi untuk luar ruangan digunakan untuk membersihkan halaman rumah. Sapu lidi ini juga lebih tebal, kasar dan lebih panjang. 

Umumnya sapu lidi ini dibuat dari pelepah atau batang daun kelapa yang dikeringkan. Fungsinya adalah membuat lidi-lidi ini menjadi kering dan lebih kuat saat digunakan untuk membersihkan permukaan tanah yang kasar. Biasanya lidi akan dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari. Jadi dalam pembuatan sapu lidi memang memakan waktu dan tenaga.

Mungkin banyak dari Pins yang hanya menggunakan sapu lidi tanpa tahu cara membuatnya. Ternyata cara membuat sapu lidi pun susah-susah gampang lho Pins! Setelah membahas apa kelebihan dari kayu dibandingkan plastik dalam pembuatan sapu lidi, pada bagian ini Pinhome akan membagikan informasi cara membuat sapu lidi dari pelepah daun kelapa. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Pertama, kamu harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu seperti pelepah daun kelapa, tali, pisau dan kayu.
  • Pilih pelepah daun kelapa yang paling bagus agar sapu lidi yang kamu buat berkualitas baik dan awet.
  • Bersihkan daun yang ada di pelepah kelapa menggunakan pisau. Pastikan semua pelepah bersih dari daun. 
  • Kemudian, jemur batang-batang daun kelapa supaya kering dan lebih kuat. Hal ini juga akan membuat sapu yang dihasilkan akan semakin bagus.
  • Setelah itu kumpulkan semua lidi menjadi satu. Kamu bisa memasukkan kayu sebagai gagang pada sapu lidi pada bagian tengah kumpulan lidi. Namun jika tidak ingin menggunakan gagang, kamu bisa membiarkannya tanpa kayu. 
  • Lalu ikat semua lidi yang telah dikumpulkan dalam satu ikutan menggunakan tali yang kuat agar ketika digunakan tidak mudah lepas. Ikatlah lidi-lidi ini di bagian atasnya pada bagian batang yang kokoh dan keras. Hal ini untuk mempermudah kamu dalam membersihkan permukaan tanah sehingga bagian lidi yang lebih lentur yang diletakkan di bagian bawah.
  • Setelah itu sapu lidi sudah bisa digunakan.

Itu dia apa kelebihan dari kayu dibandingkan plastik dalam pembuatan sapu lidi serta langkah-langkah membuatnya. Jika dilihat dari ulasan di atas, memang sapu lidi bermaterial kayu lebih unggul dibandingkan sapu lidi plastik. Namun hal ini perlu disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan selera kamu ya. Jangan sampai kamu salah membeli yang akhirnya tidak terpakai di rumah.

Baca juga:

Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download