BlogLifestyleEdukasiApa itu Soju? Apakah Soju Halal?
0
0

Apa itu Soju? Apakah Soju Halal?

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
minum sojutop-right-banner

Minuman asli Korea, Soju mendadak populer di seluruh dunia sejak maraknya tayangan K-Drama belakangan ini. Para pecinta drama Korea sudah pasti mengetahui Soju. Sebab, minuman ini hampir selalu ada di setiap scene drama Korea. 

Pinhome – Namun, sebenarnya apakah itu soju? Terbuat apakah minuman ini? Dan apakah soju halal untuk dikonsumsi?

Baca Juga: 5 Minuman Khas Jakarta Alias Minuman Khas Betawi

Apa Itu Soju?

Source : Detik Food

Soju sendiri terbuat dari fermentasi beras. Ada juga yang dibuat dari ubi, gandum, barley, dan tapioka sebagai pengganti beras. Minuman ini mengandung alkohol hingga 20-40 persen. Bagi muslim, tentunya minuman ini tidak halal. Selain itu, soju memberikan efek yang memabukkan. Dalam ajaran Islam haram hukumnya mengkonsumsi hal yang memabukkan atau disebut khamr. 

Baca Juga: Racikan Minuman Pleci Agar Gacor Ngalas Dan Ngeplong

Apakah Soju Halal?

Soju sendiri terbuat dari fermentasi beras. Ada juga yang dibuat dari ubi, gandum, barley, dan tapioka sebagai pengganti beras. Minuman ini mengandung alkohol hingga 20-40 persen. Bagi muslim, tentunya minuman ini tidak halal.

Tentunya ada hukum dasar yang menjelaskan terkait hal tersebut baik di dalam Al-Quran maupun Hadist.

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al Maidah : 90)

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 67) 

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (QS. An Nisa : 43)

“Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya…..” (QS. Al-Baqarah : 219)

Selain dalam Al-Quran, ada juga Hadist yang menjelaskan terkait haramnya mengonsumsi minuman yang keras.

كُلُّ مُسْكِرٍحَرَّامٌ

Artinya: “Tiap-tiap yang memabukkan (hukumnya) haram.” (HR Bukhari)

كُلُّ مُسْكِرٍحَرَّامٌ

Artinya: “Tiap-tiap minuman yang memabukkan (hukumnya) haram.” (HR Ibnu Majah)

مَااَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ

Artinya: “Apapun yang banyak memabukkan, maka sedikitpun diharamkan.” (HR Abu daud)

Minum-minuman keras itu bukan hanya yang disebut khamar (arak), melainkan apa saja yang memabukkan. Sebagaimana yang dinyatakan dalam hadits berikut ini:

عَنْ اَبِيْ مَالِكِ اْلاَشْعَرِيِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: لَيَشْرَ بَنَّ نَاسٌ مِنْ اُمَّتِى الْخَمْرَ، يُسَّمُّوْ نَهَابِغَيْرِاسْمِهَا

Artinya: Dari Abi Malik Al Asy’ari ra bahwasanya dia mendengar Rasulullah SAW. Bersabda: “Biarlah orang-orang dari umatku minum khamar, mereka menamakannya tidak dengan nama khamar.” (HR Abu Daud)

Minuman Soju Halal di Indonesia

Bagi kamu yang penasaran seperti apa sensasi minum soju ala drama Korea, kini sudah ada \”soju\” halal asal Bandung, Jawa Barat. 

sebenarnya soju ini terbuat dari bahan yang berbeda jika dibanding soju asli Korea. Jika soju asli Korea dibuat dari fermentasi beras, Mojito kreasi Sovi terbuat dari semacam virgin mojito yang diracik sedemikian rupa, supaya ada sensasi segar dan hangat saat diminum.

Minuman Halal Khas Korea Soju Halal

Source : Matcha

Ada juga lho minuman halal khas korea yang bisa kamu coba. Apa saja itu?

Banana Milk

Kalau kamu singgah atau liburan ke Korea, minuman yang satu ini sudah jadi primadona sejak lama. Makanya, kamu wajib cobain ya! Susu rasa pisang atau lebih populer dengan nama Banana Milk ini dikenal karena rasanya yang khas dan kemasannya yang menarik.

Kamu tahu nggak, ternyata minuman produksi Binggrae ini sudah ada sejak tahun 1970 lho! Kalau mau dijadikan oleh-oleh juga bisa apalagi banana milk tergolong mudah untuk dicari lantaran tersedia di banyak supermarket di Korea Selatan, harganya sekitar 1.200 won. Sekalipun namanya Banana Milk, menariknya ada banyak rasa yang tersedia. Mulai dari melon, strawberry, dan lain-lain.

Sujeonggwa

Di Korea juga ada loh minuman yang dibuat dari berbagai macam rempah seperti kesemek kering, jahe, serta kayu manis yang dicampur menjadi minuman bernama Sujeonggwa.

Minuman ini biasanya dinikmati kala Korea Moon Festival dan bisa dinikmati saat hangat maupun dingin. Cara pembuatannya tergolong mudah yaitu semua bahan tinggal dicampurkan dan direbus selama 40 menit. Jangan lupa disaring sebelum disajikan ya! Jika kamu suka rasa manis, boleh-boleh saja menambahkan gula supaya rasanya lebih nikmat.

Nok Cha

Korea juga memiliki satu hidangan minuman berbahan dasar teh hijau namanya Nok Cha. Tentu, karena bahan dasarnya itu, minuman ini kaya akan manfaat diantaranya bisa melawan bakteri kanker, mengurangi lemak, hingga menurunkan kadar kolesterol!

Tak hanya jadi bahan pembuatan minuman, Nok Cha juga bisa jadi komposisi kalau kamu mau bikin kue atau es krim. Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, ada satu tempat namanya Kuil Ssanggyesa yang dikenal sebagai tempat budidaya teh hijau. Disana kamu bisa mencicipi Nok Cha dan membelinya sebagai oleh-oleh. Menarik, kan?

Yuja Cha

Ada yang menyebut yuja cha, ada juga yang bilang yuja tea. Minuman yang satu ini lebih cocok digolongkan sebagai minuman tradisional khas Korea dan paling pas dikonsumsi saat cuaca dingin dan diminum dalam keadaan hangat. Yuja tea terbuat dari teh yang ditambahkan madu dan jeruk limau.

Nah, karena kandungannya itu, segelas Yuja Tea juga memiliki khasiat untuk mengobati flu, loh. Untuk kamu yang mau mencicipi segelas Yuja Tea, bisa datang ke Traditional Tea House Insadong, Korea.

Itu dia tentang apa soju dan soju halal di Indonesia. Apakah Pins termasuk penggemar drama Korea yang juga penasaran dengan rasa Soju, tapi takut karena haram? Kamu bisa coba soju halal dari Bandung ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download