BlogLifestyleTeknologi6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor
0
0

6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kini masyarakat semakin dimudahkan dengan layanan aplikasi cek pajak kendaraan bermotor melalui website, e-Samsat, SMS dan SMS Informasi. Dengan layanan ini, Pins dapat mengetahui informasi tentang pajak mobil langsung dari ponsel kamu atau perangkat lain dengan koneksi internet 

Dengan cara ini, Pins dapat menganggarkan jumlah tertentu untuk berurusan dengan pajak mobil di kantor SAMSAT atau melakukan pembayaran secara online sehingga ada tidak lebih bayar atau kurang bayar pajak kendaraan. Jika kamu terlambat membayar pajak kendaraan sementara itu, denda sudah tertulis dan pajak pokok sudah jatuh tempo.

Jenis-Jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Walaupun ada beberapa jenis pajak, namun pajak kendaraan sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis lainnya. Pajak kendaraan ini dibagi menurut waktu pembayarannya. Ada dua jenis pajak kendaraan yaitu pajak tahunan dan juga pajak lima tahun. Pins bisa mengecek pajak terutang dari program pemeriksaan pajak kendaraan yang ada.

Pajak Tahunan

Source : msmconsulting.co.id

Pajak Kendaraan Tahunan adalah pajak yang dimaksudkan untuk mengukuhkan STNK tahunan. Pins bisa mengurus pajak kendaraan ini melalui Kantor Samsat baik secara langsung maupun online. Untuk  mengurus pajak kendaraan tahunan ini, ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan sebelum membayar pajak ini. 

Dokumen yang diperlukan adalah salinan KTP, STNK asli dan juga dokumen yang memuat data pribadi, misalnya nama KTP dan STNK yang benar. Pins tidak akan bisa memproses pembayaran pajak tahunan apabila dokumen yang telah kamu siapkan memiliki nama yang tidak sesuai. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Kehamilan Terbaik

Pajak Lima Tahunan

Source : moladin.com

Apabila ada Pajak Tahunan, maka ada juga yang Pajak Lima Tahunan. Namun, Pajak Lima Tahunan harus sesuai dengan data fisik kendaraan. Oleh karena itu, pembayaran pajak lima tahun dimulai dengan pemeriksaan fisik kendaraan, dimulai dengan pemeriksaan keutuhan bodi, rangka, fitur, dan standar keselamatan. 

Dalam pelaksanaannya, pembayaran pajak tahunan disertai dengan stempel STNK pejabat pajak. Empat kolom harus diisi untuk setiap tahun. 

Pembayaran pajak sementara lima tahun disertai dengan penerbitan STNK baru dengan kolom materai kosong dan penukaran plat nomor baru. Tak heran, pembayaran dan administrasi harus dilakukan langsung di SAMSAT dengan mengimpor kendaraan dimaksud.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Berikut ini merupakan rekomendasi aplikasi cek pajak kendaraan bermotor yang bisa Pins coba. Tentunya dengan aplikasi ini, bisa membantu kamu untuk membayar tagihan maupun hanya sekedar mengecek kapan tagihan pajak kamu. Maka dari itu, yuk cek rekomendasi nya dibawah ini!

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Apotek Online

Samsat Online

Source : tirto.id

Aplikasi cek pajak motor yang pertama adalah aplikasi Samsat Online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk melakukan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Hal ini dimungkinkan karena terdapat informasi dari database, kendaraan bermotor milik Polri, sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh masing-masing provinsi dan database kependudukan umum Dukcapil Kemendagri. 

Dengan demikian, data yang ada akan diintegrasikan secara nasional ke dalam aplikasi berjenis platform seluler. Dengan cara ini, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara digital sekaligus membantu semua pihak yang terlibat dalam pengendalian dan pembayaran pajak kendaraan.

Berikut  adalah petunjuk untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui aplikasi Samsat Digital Nasional. 

  • Temukan dan unduh aplikasi Samsat Online Nasional dari Playstore
  • Kemudian masukkan detail pribadi dan kendaraan kamu. 
  • Tekan tombol “Registrasi” untuk melihat nilai pajak kendaraan. 
  • Mengisi formulir sesuai petunjuk di aplikasi. 
  • Setelah mengisi formulir, Pins akan menerima informasi tentang jumlah pajak, batas waktu pembayaran pajak dan tanggal terakhir masa berlaku STNK. 
  • Terakhir, Pins akan menerima kode pembayaran bank yang terlibat dalam proses pembayaran.

Sakpole E-Samsat Jateng

Source : kompas.com

Aplikasi E-Samsat Sakpole Jawa Tengah juga membantu Pins membayar pajak mobil secara online. Aplikasi ini terbatas untuk pengguna kendaraan bermotor Jawa Tengah saja. 

Melalui aplikasi ini, pengguna kendaraan terbantu untuk membayar pajak secara online dan mengetahui informasi kendaraan. Selain itu, aplikasi yang sama memberikan informasi kondisi kendaraan, harga jual kendaraan dan lokasi Samsat terdekat.

Baca juga: 15 Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik

Cek Pajak Motor Mobil

Source : apkfab.com

Aplikasi cek kendaraan bermotor ini masih tergolong baru. Aplikasi ini juga membantu Pins mengetahui status pajak kendaraan, tidak hanya sepeda motor tetapi juga mobil. 

Dengan aplikasi pajak kendaraan ini Pins dapat mengetahui informasi kendaraan kamu seperti alamat kendaraan dan nomor polisi. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui tagihan pajak kendaraan kamu. Bukan hanya satu nomor polisi, Pins dapat menggunakan beberapa nomor polisi untuk memeriksa beberapa kendaraan

Aplikasi Sambara

Source : play.google.com

Sambara adalah aplikasi pajak kendaraan yang meneliti nomor dan status pajak kendaraan khusus untuk pengguna di provinsi Jawa Barat. Pins juga dapat menemukan lokasi Samsat di seluruh wilayah Jawa Barat dengan aplikasi ini. 

Pajak juga bisa dibayar online. Metode ini cukup sederhana. Yang harus Pins lakukan adalah memasukkan plat nomor kendaraan dan semua informasi akan ditampilkan oleh aplikasi ini.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Source : tribunnews.com

Aplikasi cek pajak motor ini membantu Pins memeriksa pajak dan nomor registrasi mobil. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa mengecek wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. 

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh dan pilih provinsi tempat kendaraan Pins terdaftar dan masukkan plat nomor kendaraan kamu. Kemudian kamu akan mendapatkan informasi seperti detail kendaraan, batas akhir STNK, tanggal pajak dan juga jumlah pajak yang kamu bayarkan. Bahkan, jika Pins pernah menunggak, kamu juga tahu berapa denda yang harus kamu bayar.

Baca juga: 14 Aplikasi Crypto Terbaik Yang Patut Dicoba

Biaya Pajak Kendaraan

Pada dasarnya semua kendaraan yang beroperasi di Indonesia dikenakan pajak atau bea yang berbeda, termasuk kendaraan pemerintah. Pengaturan pajak kendaraan menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah kota. Namun, rumus utamanya adalah sebagai berikut. 

Di Jakarta pajak kendaraan 10 persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Sedangkan daerah lain seperti Jawa Barat menerapkan NJKB pajak mengemudi 12,5 persen.

Demikian informasi yang bisa dibagikan dari berbagai aplikasi cek pajak kendaraan. Rekomendasi aplikasi di atas memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Pins ingin mencari informasi berguna atau tips menarik lainnya, kunjungi situs blog Pinhome sekarang juga! Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: konspirasikeadilan.id

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Precium Kebayoran Baru dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download