BlogLifestyleTeknologi20 Rekomendasi Aplikasi Chat, Komunikasi Jadi Lebih Asyik!
0
0

20 Rekomendasi Aplikasi Chat, Komunikasi Jadi Lebih Asyik!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 11, 2023

13 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kegiatan komunikasi antarmanusia di era modern ini semakin mudah. Walaupun berada dalam jarak yang sangat jauh bahkan antar negara, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan banyak orang dengan menggunakan smartphone kamu. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman-teman sekalipun berada pada tempat yang jauh menggunakan rekomendasi aplikasi chat pada artikel kali ini. 

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer di dunia. Saat ini, pengguna aktif WhatsApp mencapai sekitar 2 miliar pengguna loh, Pins! Aplikasi chatting Whatsapp yang telah diakuisisi oleh perusahaan Meta ini memiliki tampilan sederhana sehingga lebih mudah dipahami dan digunakan oleh banyak kalangan. Walaupun begitu, fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp tidak kalah lengkap dengan aplikasi lainnya, misalnya fitur group call, video call, group video call, group chat, serta story.

Berkat kepopulerannya itu, WhatsApp menjadi pilihan utama bagi pengguna smartphone dalam urusan chatting. Namun, jika kamu ingin pengalaman yang berbeda dalam menggunakan aplikasi chat selain Whatsapp, berikut rekomendasi aplikasi chatting yang bisa kamu temukan di PlayStore maupun AppStore.

Baca juga: Ini Dia 9 Cara Mudah Membuat Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Rekomendasi Aplikasi Chat

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi sejenis Whatsapp Android terbaik dan terpopuler yang dapat kamu jadikan pilihan. Kamu bisa pilih berdasarkan kebutuhan kamu. kira-kira Pins butuh aplikasi untuk chatting yang seperti apa?

Line

Source : line.me

Line merupakan aplikasi chatting yang dirilis pada 23 Juni 2011 silam. Aplikasi chatting asal Jepang ini memiliki 178 juta pengguna aktif yang tersebar di Jepang, Indonesia, Thailand, dan Taiwan. Aplikasi besutan Line Corporation ini sangat populer di kalangan remaja pada masanya karena memiliki ringtone yang unik dan lucu. Pengguna juga bisa menggunakan stiker karakter-karakter Line yang tidak kalah menggemaskan. Selain itu, pengguna bisa mengunduh atau membeli stiker lain pada toko stiker Line, mulai dari stiker bergerak sampai stiker yang bisa bersuara loh, Pins! 

Line menyediakan fitur-fitur umum seperti pesan pribadi, pesan grup, mengirim media (gambar, video, dan suara), serta telepon gratis. Namun, dibandingkan dengan WhatsApp, aplikasi ini lebih unggul dalam proses transfer gambar dan video karena tidak dikompresi sehingga gambar dan video yang kamu kirim bisa dipertahankan kualitasnya. Line juga telah merambah pada bidang pembayaran melalui Line Bank. Aplikasi ini tersedia di PlayStore dan AppStore ponsel kamu. Kamu juga bisa mengunduh dan memasang aplikasi Line Desktop untuk PC kamu!

KakaoTalk

Source : kakaocorp.com

Bagi kamu yang sering nonton Drakor, kamu pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Ya, KakaoTalk atau KaTalk. Aplikasi besutan Kakao Corporation ini masih populer di negeri asalnya, yaitu Korea Selatan. Berdasarkan hasil survey pada kuartal ketiga tahun 2022, aplikasi yang diluncurkan pada 18 Maret 2010 ini memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 53 juta pengguna dengan 47 juta pengguna berbasis di Korea Selatan. KakaoTalk memiliki fitur umum seperti aplikasi chat aman lainnya seperti pesan grup, telepon gratis, serta berbagi media. KakaoTalk tersedia di PlayStore maupun AppStore yang bisa kamu unduh secara gratis!

WeChat

Source : play.google.com

Jika kita sudah berbicara tentang aplikasi asal Jepang dan Korea Selatan, sekarang saatnya aplikasi asal China ini yang kita bahas. Ya, aplikasi chatting WeChat. Per September 2022, aplikasi WeChat memiliki 1,3 milyar pengguna loh, Pins! Aplikasi pesan instan ini memang menjadi aplikasi wajib bagi warga China. Selain sebagai aplikasi chatting dengan fitur-fitur basic, WeChat juga berfungsi sebagai media sosial dan alat pembayaran di negeri asalnya. Karena aplikasi ini saat ini terbatas bagi warga China, pendaftaran akun pada aplikasi besutan Tencent ini sedikit sulit. Jadi, bagi kamu yang mau mendaftar pada WeChat, pastikan dulu kalau kamu paham tahap-tahapnya ya, Pins!

Messenger (Meta)

Source : play.google.com

Bagi kamu pengguna facebook, pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Ya, facebook Messenger atau lebih akrab dikenal sebagai “Messenger” saja. Messenger merupakan aplikasi chatting khusus bagi pengguna facebook karena pada awalnya Messenger merupakan fitur perpesanan pada facebook. Jadi, kalau kamu mau menggunakan Messenger, pastikan bahwa kamu sudah punya akun facebook ya, Pins!

Facebook messenger diperkenalkan pada 2008, tetapi menjadi aplikasi yang berdiri sendiri pada 2011. Per 2022, Messenger memiliki 138 juta pengguna aktif dari berbagai belahan dunia. Fitur basic yang ada pada Messenger membuat aplikasi besutan Meta ini kurang populer, apalagi harus terkait pada akun facebook. Namun, kelebihan yang dimiliki oleh Meta ialah bubble chat yang sangat ringkas dan memudahkan pengguna. Dengan bubble chat tersebut, pengguna bisa membalas pesan dan mengirim pesan maupun media tanpa membuka aplikasi Messenger.

Baca juga: 18 Aplikasi Perekam Layar PC atau Laptop Terbaik

Discord

Source : play.google.com

Bagi kamu yang gemar bermain game, kamu pasti tidak asing dengan aplikasi yang yang satu ini. Discord merupakan sebuah aplikasi lintas-perangkat yang menyediakan berbagai fitur untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Aplikasi yang diluncurkan pada 13 Mei 2015 ini memiliki sebanyak 150 juta pengguna aktif dari total lebih 350 juta pengguna yang pernah mendaftar.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sama tetapi berbeda dengan aplikasi chatting lainnya. Discord sama-sama mendukung pengiriman pesan gratis, multimedia, dan panggilan gratis. Namun, sistem dalam Discord sama sekali berbeda dengan aplikasi chat yang sebelumnya udah dijelasin. Apa aja sih perbedaannya?

Discord menggunakan sebuah sistem yang bernama server. Server tidak ubahnya seperti group chat tetapi memiliki perbedaan yang signifikan. Di dalam suatu server, kamu bisa membuat channel untuk setiap topik yang diinginkan jika kamu seorang admin atau owner. Misalnya dalam sebuah server game online, admin bisa membuat channel untuk tips dan trik, keluh kesah, fanart, obrolan santai, obrolan mabar, dan sebagainya. Kamu juga bisa membuat channel khusus untuk voice call, video call, atau share screen.

Aplikasi Discord juga memiliki banyak bot yang multifungsi, misalnya untuk menghitung level anggota server, permainan, pemutar musik, dan sebagainya. Hal tersebut membuat discord sangat populer di kalangan gamers! Namun, kamu jangan berkecil hati karena banyak server discord yang tidak melulu soal game, loh! Kamu juga bisa membuat server sendiri untuk hobi yang kamu sukai dan mengundang teman-teman kamu untuk bergabung. 

Walaupun server fitur utamanya, kamu tetap bisa menggunakan fitur chat personal pada aplikasi Discord loh, Pins! Fitur yang disediakan pada chat personal pun cukup standar seperti aplikasi chat kebanyakan. Kamu bisa menginstall Discord untuk berbagai gadget kamu, mulai dari ponsel pintar Android sampai komputer desktop Windows.

Telegram

Source : telegram.com

Telegram merupakan sebuah pesan fisik yang dihasilkan melalui alat telegram yang dikirim melalui sambungan jarak jauh. Kira-kira begitulah definisi telegram pada masa lalu.Telegram merupakan sebuah aplikasi chatting mirip WhatsApp dengan beberapa fitur yang berbeda. Telegram diluncurkan pada 14 Agustus 2013 dengan pengguna aktif per 2022 sebanyak 55 juta pengguna.

Seperti yang sudah dicantumkan sebelumnya, aplikasi chatting Telegram sangat mirip dengan WhatsApp seperti dukungan pesan suara, voice dan video call, stiker, dan sebagainya. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya pada pengiriman multimedia, telegram tidak akan mengompres file yang akan kita kirim sehingga kualitasnya dapat terjaga dengan baik. Kamu juga bisa login ke akun telegram dengan jumlah perangkat yang tanpa batas. Hal tersebut akan mempermudah kamu untuk berganti perangkat tanpa ribet!

Selain itu, karena pesan-pesan yang ada di aplikasi tersimpan dalam penyimpanan awan, kamu tidak perlu repot untuk backup-restore pesan-pesan yang sekiranya penting sehingga lebih hemat waktu dan hemat ruang penyimpanan. Aplikasi ini tersedia untuk Android, iOS, Mac, Windows, Linux, bahkan Apple Watch loh, Pins!

SnapChat

Source : play.google.com

Snapchat merupakan sebuah aplikasi chatting yang menjadikan foto, Snap!, sebagai daya tariknya. Snapchat memiliki banyak fitur dan filter untuk foto-foto yang akan kamu bagikan kepada teman-temanmu. Kamu juga bisa berkirim pesan dan multimedia melalui fitur chat personal atau chat grup. Kamu juga bisa melakukan panggilan video gratis sampai dengan 16 orang loh, Pins! Tertarik untuk mencoba? Aplikasi ini bisa kamu unduh di PlayStore dan AppStore ya, Pins!

Skype

Source : skype.com

Skype merupakan aplikasi yang cukup tua dari deretan aplikasi yang ada dalam daftar ini. Diluncurkan pada 29 Agustus 20 tahun silam, aplikasi ini masih memiliki pengguna setia sebanyak 300 juta pengguna. Walaupun sudah berumur, rupanya eksistensi Skype ini masih kokoh ya, Pins!

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur umum seperti chat, voice call, dan video call. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur minor lainnya yang mungkin sangat berguna bagi pengguna, misalnya Truvoice AI yang membuat suara translate saat panggilan suara disesuaikan agar mirip dengan suara kamu loh, Pins! Aplikasi ini masih tersedia untuk windows dan tersedia untuk Android dan iOS!

Telegram X

Source : play.google.com

Telegram X merupakan versi advanced dari aplikasi telegram reguler. Aplikasi ini memiliki fitur yang sama dengan Telegram, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya, tampilan antarmuka yang berbeda. Pada Telegram X, tab chat and calls dipisah seperti pada WhatsApp. Telegram X juga telah mendukung tema gelap yang mutakhir.

Telegram X menyediakan fitur bubble chat seperti Messenger. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuka aplikasi saat berbalas pesan dengan teman di Telegram X. Selain itu, tampilan yang lebih smooth membuat pengalaman menggunakan Telegram X terasa lebih cepat dan lancar daripada Telegram reguler. Kamu bisa mengunduh Telegram X untuk perangkat Android kamu.

Google Chat

Source : chat.google.com

Perusahaan raksasa Google meluncurkan Google Chat pada 9 Maret 2017. Saat ini, hanya ada sekitar 250.000 pengguna aktif Google Chat. Aplikasi chat ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan aplikasi bisnis atau penunjang pekerjaan.

Aplikasi ini telah terintegrasi dengan Google Tools seperti spreadsheet, google documents, calendar, dan sebagainya sehingga kamu bisa mengorganisasikan pekerjaanmu langsung dari dalam aplikasi chat serbaguna ini. Aplikasi ini juga sudah “Ready for Enterprise” dengan benefit penuh dari Google Workspace beserta fitur-fiturnya.

QQ

Source : play.google.com

QQ merupakan aplikasi chat asal China besutan Tencent. Ternyata, aplikasi QQ lebih tua dibandingkan dengan Skype dan menjadikan QQ sebagai aplikasi chat tertua yang masih populer saat ini. Diluncurkan pada 10 Februari 1999, QQ memiliki pengguna aktif sebanyak 574 pengguna per 2022.

Aplikasi dengan ikon penguin ini memiliki fitur umum seperti aplikasi chat lainnya seperti chatting, voice call, dan video call. Namun, aplikasi ini memiliki fitur lain yang dapat menunjang kehidupan khususnya bagi pengguna di daratan China, yaitu cashless payment. Aplikasi QQ dapat berfungsi sebagai pembayaran untuk tagihan, belanja, dan sebagainya. QQ juga menyediakan fitur gaming center sebagai sarana hiburan dikala bosan.

Baca juga: 15 Aplikasi Screenshot PC yang Mudah Digunakan

BiP

Source : play.google.com

BiP merupakan aplikasi chatting yang diluncurkan pada tahun 2013 oleh BiP A.S. Hingga saat ini, BiP memiliki 50 juta pengguna aktif di berbagai belahan dunia. Aplikasi ini menawarkan fitur chatting, telepon suara dan video gratis, hingga berbagi cerita yang akan hilang dalam 24 jam.

BiP menawarkan fitur panggilan suara dan panggilan video yang HD sehingga suara atau gambar yang ditampilkan sangat jernih. Kamu dapat berbagi multimedia melalui aplikasi ini. Kamu juga dapat menerima kabar terbaru dan berita melalui tab Discover.

Hala

Source : v.hala.live

Hala merupakan aplikasi obrolan video video, panggilan suara, dan perpesanan gratis. Aplikasi Hala menyediakan fitur panggilan secara gratis dengan kualitas panggilan suara dan video terbaik, cocok untuk kamu yang ingin selalu terhubung dengan teman dan keluarga menggunakan pesan instan, panggilan suara, atau obrolan video langsung.

Pilih kontak dari buku telepon kamu atau cukup masukkan nomor telepon untuk menambahkan kontak baru di Hala messenger. Kirim pesan teks atau manfaatkan fitur luar biasa lainnya yang ditawarkan aplikasi lebih dari sekadar pesan gratis!  Bagikan foto dan video, nikmati ikon emoji dan stiker keren, rekam pesan audio.

Hala menjamin keamanan komunikasi karena secara otomatis mengenkripsi pesan teks, panggilan video dan suara, foto, video, dan obrolan grup. Aplikasi inimemiliki fitur emoji yang lucu dan keren untuk mengekspresikan setiap emosi kamu loh, Pins! Lusinan efek dan filter berkualitas untuk membuat kamu terlihat lebih baik selama obrolan video. 

Kik

Source : kik.com

Kik merupakan aplikasi chatting asal Kanada yang diluncurkan pada 19 Oktober 2010. Aplikasi Kik dikenal dengan fitur-fiturnya yang menjaga anonimitas pengguna, seperti mengizinkan pengguna untuk mendaftar tanpa perlu memberikan nomor telepon atau alamat email yang valid. Namun, aplikasi tersebut tidak menggunakan enkripsi end-to-end, dan perusahaan juga mencatat alamat IP pengguna, yang dapat digunakan untuk menentukan ISP pengguna dan perkiraan lokasi. Informasi ini, serta percakapan yang “dilaporkan”, biasanya diserahkan atas permintaan organisasi penegak hukum, terkadang tanpa perlu perintah pengadilan.

Kik awalnya dimaksudkan untuk menjadi aplikasi berbagi musik sebelum beralih ke perpesanan, secara singkat menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk mengirim pesan teks SMS dalam jumlah terbatas langsung dari aplikasi.

Selama 15 hari pertama setelah rilis ulang Kik sebagai aplikasi perpesanan, lebih dari 1 juta akun telah dibuat. Pada Mei 2016, Kik Messenger mengumumkan bahwa mereka memiliki sekitar 300 juta pengguna terdaftar, dan digunakan oleh sekitar 40% remaja Amerika Serikat.

Wire

Source : wire.com

Wire merupakan aplikasi perpesanan instan yang dirilis pada 3 Desember 2014. Aplikasi ini menawarkan perpesanan terenkripsi end-to-end, berbagi file, panggilan video dan suara, dan ruang tamu untuk komunikasi eksternal.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan grup hingga 25 peserta dan konferensi video mendukung hingga 12 orang. Fitur stereo menempatkan peserta dalam “ruang virtual” sehingga pengguna dapat membedakan arah suara. Aplikasi tersebut dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi jaringan.

Aplikasi ini mendukung pertukaran GIF animasi hingga 5MB melalui integrasi media dengan Giphy. Versi iOS dan Android juga menyertakan fitur sketsa yang memungkinkan pengguna menggambar sketsa ke dalam percakapan atau melalui foto.

Wire tersedia di perangkat seluler, desktop, dan web. Layanan web disebut Wire for Web. Aktivitas Wire disinkronkan di iOS, Android, dan aplikasi web. Versi desktop dapat mendukung berbagai resolusi layar.

VK Messenger

Source : play.google.com

VK Messenger merupakan “pemain baru” dalam dunia perpesanan instan karena baru dirilis pada 16 Mei 2022 silam. Namun, jangan salah karena VK telah berdiri sejak tahun 2006. 

VK Messenger menawarkan berbagai fitur perpesanan instan seperti obrolan video dan panggilan suara dengan jumlah peserta yang tidak terbatas. VK Messenger dapat terintegrasi dengan akun VK, sehingga selain dari kontak ponsel, VK Messenger juga dapat menghubungi kontak yang ada di VK.

Baca juga: 10 Aplikasi Like Instagram Terbaik dan Terampuh!

Element

Source : play.google.com

Element (sebelumnya Riot dan Vector) adalah klien perpesanan instan software gratis dan open-source yang menerapkan protokol Matrix yang dirilis pada Juli 2016. Element dibuat dengan Matrix React SDK, yang merupakan kit pengembangan perangkat lunak berbasis React untuk memudahkan pengembangan klien Matrix. Element bergantung pada teknologi web dan menggunakan Electron untuk memaketkan aplikasi untuk Windows, macOS dan Linux. Klien Android dan iOS dikembangkan dan didistribusikan dengan alat platform masing-masing.

Element dapat menjembatani komunikasi lain ke dalam aplikasi melalui Matrix, termasuk IRC, Slack, Telegram, Jitsi Meet, dan lainnya. Selain itu, Element mengintegrasikan obrolan suara dan video peer-to-peer dan grup melalui WebRTC. Element mendukung enkripsi end-to-end (E2E) untuk obrolan satu-ke-satu dan grup

Plus Messenger

Source : play.google.com

Satu lagi varian dari telegram ialah Plus Messenger. Berbeda dengan Telegram X yang dikembangkan langsung oleh pengembang resmi, Plus Messenger merupakan aplikasi pihak ketiga yang memanfaatkan open source dari Telegram.

Fitur yang dimiliki Plus Messenger sama dengan Telegram dan Telegram X. Namun, aplikasi ini memiliki banyak dukungan kustomisasi.

JusTalk Kids

Source : play.google.com

JusTalk Kids adalah aplikasi obrolan dan pesan video yang memungkinkan anak-anak terhubung dengan pengguna lain dan pengguna JusTalk Video Chat & Messenger, pesan untuk remaja dan dewasa dengan lebih banyak fitur dari pengembang yang sama.

Untuk menyiapkan aplikasi, orang dewasa mengunduhnya ke ponsel atau tablet, mendaftar akun dengan nomor telepon atau membuat ID pengguna baru, lalu menambahkan pengguna lain sebagai teman dengan mengetikkan ID pengguna mereka atau memindai kode QR dari  perangkat pengguna lain.  

Pengguna kemudian dapat mengirim pesan teks dan memulai obrolan video dan/atau suara dengan teman mereka, dan obrolan video menyertakan alat untuk menggambar, menambahkan stiker, dan memainkan game mirip Flappy Bird. Ada juga opsi untuk merekam layar selama panggilan telepon, yang dapat ditolak oleh penelepon lain, dan Pins juga dapat langsung membagikan tangkapan layar dari aplikasi di media sosial atau melalui email atau pesan teks. Pengguna juga dapat menyimpan gambar dari obrolan mereka ke galeri di perangkat. Aplikasi ini cocok untuk adik, keponakan, atau anak kamu loh, Pins!

Messenger Kids

Source : about.fb.com

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Messenger Kids dibuat khusus untuk anak-anak. Messenger Kids adalah aplikasi perpesanan dan platform yang dirilis oleh Platform Meta pada Desember 2017. Platform ini dirancang untuk audiens muda sebagai alternatif yang lebih aman dari platform Messenger. Pengguna dapat mendaftar dengan nama depan dan belakang mereka alih-alih nomor telepon. Awalnya diluncurkan untuk tablet iPad dengan sistem operasi iOS hanya di Amerika Serikat, meskipun kemudian dukungan untuk perangkat iPhone dan Android ditambahkan dan diluncurkan di Kanada, Peru, dan Meksiko.

Demikian informasi yang bisa dibagikan dari berbagai aplikasi chat selain Whatsapp. Rekomendasi aplikasi di atas memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Pins ingin mencari informasi berguna atau tips menarik lainnya, kunjungi situs blog Pinhome sekarang juga! Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: webdev-id.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Serpong Suradita Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download