BlogLifestyleEdukasiArti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Manfaat dan Waktu Pengucapan yang Tepat
0
0

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Manfaat dan Waktu Pengucapan yang Tepat

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
arti taqabbalallahu minna wa minkumtop-right-banner

Saat Idul Fitri, kita kerap mengucapkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum ketika bersilaturahmi. Nah,  arti dari taqabbalallahu minna wa minkum adalah “semoga Allah SWT menerima amalan aku dan kamu”. Menurut tradisi dan kebiasaan, kalimat taqabbalallahu minna wa minkum ini kerap diucapkan bersama dengan selamat lebaran atau minal aidin wal faizin. 

Pinhome – Terdapat manfaat dari mengucapkan kalimat sederhana tersebut. Khususnya, bila dilakukan di waktu yang tepat. Berikut ini adalah arti dari taqabbalallahu minna wa minkum beserta manfaat dan waktu pengucapannya.

Perbedaan Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Minal Aidzin Wal Faizin

Source : Bincang Syariah

Kalimat minal aidin wal faizin artinya ialah “semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Sementara, taqabbalallahu minna wa minkum artinya adalah, “semoga Allah SWT menerima amalan aku dan kamu”. 

Dalam penggunaannya, keduanya sama-sama dapat diucapkan ketika silaturahmi Idul Fitri. Pins pun sebetulnya diperbolehkan untuk menggabungkan dua kalimat tersebut agar semakin kuat doa dan harapannya.

Bila digabungkan atau diucapkan secara lengkap, maka taqabbalallahu minna wa minkum akan menjadi taqabbal yaa kariim, wa ja\\\\\\\’alanallahu wa iyyaakum minal \\\\\\\’aidin wal faaiziin.

Atau, Pins juga dapat menambahkan ucapan tersebut dengan wal maqbulin kullu aamin wa antum bi khair. Jadi, ketika digabungkan atau dibaca lengkap, maka kalimat tersebut akan membentuk rangkaian ucapan berikut:

“Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja\\\\\\\’alanallahu wa iyyaakum minal \\\\\\\’aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair”

Artinya: \\\\\\\”Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.\\\\\\\”

Kapan Waktu Tepat untuk Mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum?

arti taqabbalallahu minna wa minkum
Source : Wikimedia Commons

Dalam buku “Panduan Sholat Rasulullah” (2020) karya Imam Abu Wafa terbitan Guepedia, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum ini umumnya dilafalkan ketika setelah selesai salat Idulfitri.

Namun, masyarakat Indonesia juga ada yang mengucapkannya ketika takbir Idul Fitri berkumandang, yakni selesai sholat Magrib atau Isya di hari puasa terakhir.

Walau demikian, tidak ada aturan khusus atau waktu terbaik mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum. Jadi, kamu bisa mengucapkannya kapan saja. Tidak harus berpatokan dengan waktu tersebut. 

Baca Juga: Baca Ini Sebagai Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Yang Mujarab

Keutamaan Mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum

arti taqabbalallahu minna wa minkum
Source : Wikimedia Commons

Kalimat taqabbalallahu minna wa minkum ini mulanya dicontohkan para sahabat rasul. Oleh karena itu, wajar bila kalimat tersebut memiliki manfaat dan keutamaan. 

Berikut ini ada beberapa keutamaan dari mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum:

1. Mengamalkan sunah

Dengan mengucapkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum, maka Pins juga turut mengamalkan sunah yang dicontohkan oleh para sahabat rosul. Dengan kata lain, Pins juga turut menghidupkan tradisi atau kebiasaan baik ini. 

Dalam hadis, disebutkan bahwa mereka yang menghidupkan sunah akan mendapatkan pahala seperti orang-orang yang mengikuti. Berikut bacaan hadisnya yang bisa menjadi gambaran:

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ

Artinya: “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“ (HR. Ibnu Majah; Shahih Lighairihi)

2. Allah SWT akan mengabulkan doanya

Allah SWT mencintai hamba-Nya yang selalu berdoa kepada-Nya dan mengamalkan amal saleh. Untuk itu, maka ucapan taqabbalallahu minna wa minkum ini juga diartikan sebagai doa dan amalan yang disukai Allah. 

Dengan demikian, Allah SWT akan memberikanmu pahala dan mengabulkan doa-doa tersebut yang terucap dalam kalimat tersebut. 

Dalam surat Al- Mu’min: 60, Allah SWT berfirman: 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

3. Allah SWT menerima semua amalannya

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya yang sering meminta kepada-Nya. Termasuk ketika mengucapkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum. 

Nah, inilah yang sebetulnya menjadi inti dari apa yang dikehendaki para sahabat rasul. Selain menghidupkan sunah, harapannya kalimat ini dapat membuat semua amalan seseorang yang mengucapkannya diterima.

Bahkan, kalimat sederhana ini bisa menjadi penguat amalan-amalan yang sudah dikumpulkan selama Ramadan. Jadi, Pins dapat mengumpulkan pahala dengan maksimal. 

Baca Juga: Doa Niat Puasa Syawal Hingga Bacaan Buka Puasa Syawal Lengkap Dengan Artinya

Jawaban Ucapan atau Kalimat Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Bila Pins mendapat sapaan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum, maka jawablah dengan doa yang sama. Hal ini dilakukan sesuai amalan yang diajarkan oleh sahabat rasul. 

Selain itu, jawaban dari kalimat ini juga diperintahkan Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nisa’ ayat 86. Begini bunyinya:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Artinya: “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apapun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” Walau kalimat ini kelihatannya sederhana, tapi ternyata taqabbalallahu minna wa minkum juga mendapatkan banyak manfaat. Untuk itu, yuk mulai rutin amalkan, khusus saat silaturahmi ketika Idul Fitri.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada Ardeca Hometown Soreang di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download