BlogHome ServiceKebersihan Rumah10 Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan
0
0

10 Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kini fenomena belanja online memang kian merajalela. Teknologi yang kian berkembang memudahkan manusia untuk berbelanja tanpa perlu keluar dari rumah. Segala kemasan yang digunakan untuk pengiriman tidak terlepas pula dari sampah plastik. Apa kamu tahu bahaya sampah plastik?

Bahaya sampah plastik bagi lingkungan memang sudah diinformasikan sejak lama. Terlihat pula kini penggunaan sampah plastik di pusat perbelanjaan tidak diperbolehkan. Hal ini sebagai wujud tindakan nyata untuk mengurangi bahaya yang disebabkan oleh sampah plastik yang termasuk dalam komposisi limbah yang sulit terurai.

Baca Juga: 10 Dampak Membakar Sampah untuk Lingkungan Sekitar

Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Source : Freepik/jcomp

Perlu kamu ketahui, bahaya sampah plastik bagi lingkungan itu cukup fatal, lho! Bila kita tidak mengubah kebiasaan sejak dini, tentu bumi akan semakin rusak. Sampah plastik yang terkadang dianggap sepele tersebut, dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit hingga perusakan lingkungan. Intip langsung saja satu persatu dalam ulasan berikut ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik

Pencemaran Udara

Sebelum masuk dalam bahaya sampah plastik bagi pencemaran udara, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang termasuk sampah plastik. Sampah plastik merupakan sampah yang bahannya terbuat dari bahan kimia tak terbarukan dan biasanya berupa kemasan. Seperti plastik sampah, botol, sendok plastik, garpu, piring dan segala jenis plastik yang tentunya tidak mudah terurai layaknya sampah organik.

Maka dari itu, mengapa bahaya sampah plastik dapat membuat pencemaran udara? Cara mahkluk hidup bertahan hidup adalah dengan makanan dan juga udara sebagai sumber pernafasan. Apa jadinya bila pembakaran yang dilakukan untuk menghilangkan sampah plastik justru mengganggu pernafasan? Baik manusia, hewan maupun tumbuhan tentu akan sangat berbahaya bila sering terpapar udara yang tidak baik. Itulah mengapa dilarang membakar sampah pada permukiman maupun hutan.

Pencemaran Air dan Tanah

Source : Freepik

Selain pencemaran udara, pencemaran juga dapat terjadi pada air dan tanah. Limbah yang dibuang sembarangan berwujud plastik akan sulit terurai sehingga dapat merusak lingkungan disekitarnya. Limbah tersebut meresap ke dalam tanah dan mengalir ke lautan. Bayangkan saja, hewan, tumbuhan bahkan manusia mengandalkan sumber daya alam tersebut untuk kehidupan. Hal ini sering dijumpai kebocoran limbah pada waduk dan juga air tanah.

Memicu Perubahan Iklim

Dari pembuangan limbah yang menghasilkan emisi karbon yang tinggi juga berdampak tidak baik bagi bumi. Memanasnya bumi akibat hal tersebut akan dapat membuat perubahan iklim yang sulit untuk diprediksi. Hal ini balik lagi pada akibat pembuangan limbah yang tidak sesuai dan merusak segala bentuk sumber daya alam. Tidak heran kini sering ditemukan berbagai iklim ekstrim pada belahan dunia.

Baca Juga: 6 Manfaat Memilah Sampah untuk Lingkungan

Timbulnya Berbagai Macam Penyakit

Source : Freepik/benzoic

Nah, dampak langsung bagi manusia adalah gangguan pada kesehatan. Mulai dari pernafasan, pencernaan hingga bakteri yang dapat menimbulkan depresi, pembengkakan organ hati, hepatitis sampai kanker. Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman tentu segala jenis penyakit bisa terhindarkan. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik, hingga pemilahan sampah yang nantinya dapat didaur ulang menjadi sampah yang berguna. Mari buat lingkungan sekitar tempat tinggal lebih baik, yuk!

Kandungan Zat Kimia yang Berbahaya

Bahan plastik biasanya terbuat dari zat kimia polychlorinated biphenyl (PCB). Senyawa kimia buatan tersebut mengandung zat kimia yang cukup berbahaya bagi kehidupan. Itulah mengapa tidak disarankan penggunaan sedotan plastik contohnya yang sering digunakan untuk mengkonsumsi minuman bagi manusia. 

Mengurangi penggunaan sampah plastik memang berdampak sangat baik bagi kehidupan. Kini pun sudah banyak alternatif penggunaan plastik yang beragam. Tercatat sedotan pun kini sudah bisa digantikan dengan sedotan dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Seperti bambu, rumput laut, kertas dan masih banyak lagi.

Merusak Ekosistem

bahaya sampah plastik
Source : Freepik/wirestock

Hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan disebut ekosistem. Tentu kalian sudah banyak belajar mengenai rantai makanan bukan? Segala unsur lingkungan tersebut bergerak mempengaruhi satu dengan lainnya untuk membentuk kehidupan. Bayangkan bila bahaya sampah plastik merusaknya?

Hal ini akan berujung pada predator terakhir yaitu manusia yang memakannya. Mengacaukan rantai makanan sama saja menghilangkan makhluk hidup di dunia. Sampah plastik ini bisa terurai dalam waktu ratusan tahun, maka dari itu sampah tersebut dapat bertahan dari awal mula rantai makanan hingga pasokan terakhir.

Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

Inilah mengapa kepunahan hewan dan tumbuhan sudah tidak dapat dipungkiri akan terjadi. Setiap tahun akan ada ribuan bahkan jutaan biota laut yang punah karena kelalaian manusia bila kita tidak mengetahui bahaya sampah plastik. Kamu pun pernah melihat di berita bukan, beberapa hewan yang ditemukan terdampar menelan ragam sampah plastik yang membuat hidupnya berakhir.

Merusak Pemandangan dan Menimbulkan Ketidaknyamanan

bahaya sampah plastik
Source : Freepik

Bahaya sampah plastik bagi lingkungan ternyata juga menimbulkan ketidaknyamanan. Mulai dari bau tidak sedap yang tercium, merusak pandangan mata, hingga mengganggu manusia hidup. Padahal hal tersebut juga terkadang menjadi ulah manusia itu sendiri. Dengan begitu, apa kamu masih mau membuang sampah sembarangan? Mulai belajar memilah sampah ya, Pins!

Asap Beracun yang Tentunya Menggangu Kehidupan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada poin pencemaran udara. Asap yang timbul dari pembakaran sampah plastik dapat menggangu kehidupan dan mengandung racun. Ini menjadi salah satu tanda bahaya pencemaran sampah plastik yang juga dilakukan oleh manusia. Baiknya, usahakan untuk menyerahkan sampah plastik tersebut pada pihak berwenang agar bisa ditindaklanjuti dengan baik.

Menyebabkan Banjir

bahaya sampah plastik
Source : CNBC Indonesia

Terakhir yang pastinya kamu sudah tahu adalah banjir. Timbulnya banjir disebabkan dari meluapnya air yang resapan disekitarnya tidak baik. Hal ini bisa terjadi karena penyumbatan yang terjadi pada beberapa saluran air yang disebabkan oleh sampah. Sampah plastik dalam jumlah banyak akan sukses menutup jalanya arus air. Hal ini yang menyebabkan kerugian pula pada makhluk hidup.

Dengan adanya beberapa pemaparan mengenai bahaya sampah plastik di atas, diharapkan kedepannya akan tercipta lingkungan yang lebih baik. Jangan ada kata terlambat sebelum berusaha mengubah kebiasaan ya, Pins!

Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50 ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba. Sekarang sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak membersihkan lingkungan ya!

Featured Image Source: Freepik/rawpixel

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Ruangan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download