BlogLifestyleHobi8 Manfaat Mempunyai Bambu Hoki di Rumah
0
0

8 Manfaat Mempunyai Bambu Hoki di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bambu hoki sering kita temui di rumah-rumah etnis Tionghoa. Apalagi saat menyambut hari istimewa seperti menyambut pengantin baru ataupun merayakan tahun baru China. Manfaatnya bagi kesehatan tidak kalah penting sehingga dianjurkan dimiliki dalam hunian.

Jika Pins ingin tinggi membeli rumah di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa dengan Pengajuan KPR jangan lupa menghiasi ruangan dengan tanaman ini. Simak selengkapnya terkait manfaat bambu hoki sebagai berikut:

Manfaat Mempunyai Bambu Hoki

Tanaman bambu hoki mempunyai karakter daun panjang dengan batang hijau bercorak putih. Batangnya lentur dan lurus sehingga bisa dirangkai membentuk pola menarik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Pins dapatkan dari tanaman ini ialah:

1. Memurnikan Udara

bambu hoki dengan pita merah
Source : Suara Merdeka

Bambu ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kebersihan lingkungan atau pembersih udara alami. Tanamannya mampu menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Kualitas udara juga menjamin kenyamanan penghuni rumah tersebut.

Jika ingin menanamnya di rumah maka tempatkan di depan AC, dekat jendela berangin atau ventilasi udara pemanas. Suhu kelembaban ruangan agar tanaman bambu bisa tumbuh subur adalah berkisar 18-32 derajat celcius. Tanaman bambu terhadap klorin dan bahan lainnya sangat sensitif.

Senyawa kimia tersebut sering ditemukan pada air ledeng. Sebaiknya ketika menyiram tanaman ini menggunakan air suling atau air keran yang dibiarkan selama 24 jam agar memungkinkan klorin menguap.

Baca juga: 11 Manfaat Penting Air Bagi Tumbuhan

2. Menjaga Keseimbangan

Bambu hoki membantu keseimbangan lima unsur alam diantaranya kayu, air, api, angin dan tanah. Kelima unsur tersebut, bambu simbol dari kayu. Biasanya dalam wadahnya ditambahkan koin dan kerikil agar membantu mencapai keseimbangan semua elemen.

Kerikil merupakan elemen tanah, air pada dasar tanaman adalah elemen air. Wadahnya yang terbuat dari besi atau kaca maupun koin di dalamnya melambangkan logam. Biasanya tanaman bambu ini menggunakan pita merah sebagai lambang elemen api.

3. Simbol Kesehatan

batang bambu hoki
Source : Pxfuel

Menurut prinsip Vastu Shastra, tanaman bambu hoki merupakan simbol kesehatan yang baik. Adanya tanaman ini di hunian mengharapkan jaminan kesehatan yang baik bagi penghuni rumah tersebut. Jumlah susunan tanaman ini juga melambangkan kesehatan.

Misalnya tiga tangkai melambangkan Soh atau panjang umur. Tujuh batangnya melambangkan kesehatan yang baik. Hindari untuk menyusun bambu ini dengan 4 batang karena menurut budaya Tiongkok, empat dekat dengan kata kematian.

4. Membawa Keberuntungan

Tanaman bambu hoki dikenal sebagai tanaman yang mendatangkan keberuntungan. Biasanya akan ditanam 6 batang bambu dengan memperhatikan elemen lainnya. Selain enam batang, sembilan batang bisa melambangkan keberuntungan besar. Bila ingin mendapatkan pertumbuhan dalam karir, pekerjaan maupun jalan hidup maka letakan tanaman ini pada posisi yang tepat.

Menurut Feng shui, bambu ini disebut dengan Fu Gwey Zhu yang menandakan keberuntungan, kehormatan dan kekuatan. Tanaman bambu ini akan mendatangkan kemajuan jika diletakan di meja. Pins bisa meletakkannya di sisi timur atau tenggara untuk energi positif.

Baca juga: 5 Jenis Pohon Bidara yang Jarang Orang Ketahui

5. Menjaga Keharmonisan

Source : Pexels

Untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga biasanya bambu ini diletakan di dekat pintu masuk. Cobalah meletakan tanaman ini dekat pintu masuk rumah agar membawa aspek baik dalam hidup. Berdasarkan Feng Shui letak tanaman bambu di kamar tidur bisa meningkatkan hubungan dalam keluarga.

Pins bisa menempatkannya di sudut paling kanan ruangan. Susun saja bambu berbatang dua mewakili pasangan. Kedua tangkai sebaiknya mempunyai ukuran yang sama agar hubungan seimbang dengan pasangan.

6. Melempar Energi Negatif

Setiap orang pastinya mengharapkan energi positif yang membawa suasana menyenangkan. Seringkali energi negatif menyelinap masuk ke dalam hunian sehingga perlu penangkal agar hal negatif tersebut bisa dikeluarkan dari rumah.

Bambu kecil menyeimbangkan unsur Yin dan Yang dalam rumah. Suasana akan terasa lebih damai dengan meletakan tanaman bambu di rumah. Pins juga bisa menempatkan tanaman ini di tempat kerja dan lainnya.

7. Mendatangkan Rezeki

Source : Pexels

Bambu ini mendukung kekayaan dan kelimpahan apalagi jika meletakan tanaman yang berbatang tiga atau enam. Tiga tangkai melambangkan Lu yang bermakna kekayaan. Letakan di sudut kekayaan atau posisi Xun baik di kantor, kamar tidur maupun rumah.

Dalam ruangan bisa ditempatkan di depan pintu masuk. Jika ingin menaruhnya dalam kamar tempatkan di sudut paling kiri. Sudut tersebut menunjukkan tujuan pertumbuhan berkelanjutan dalam hal keuangan.

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Langka di Indonesia yang Kamu Wajib Tahu

8. Memperindah Dekorasi

Manfaat terakhir dari bambu ini adalah sebagai dekorasi rumah. Tampilan ruangan atau hunian akan terasa lebih asri dan cantik. Pins bisa meletakkannya di meja teras rumah, kamar mandi bahkan ruang tamu. Bentuk tanaman ini memang unik dan membuat rumah terlihat lebih segar.

Jangan lupa tambahkan pupuk sebagai nutrisi tambahan. Saat menanam bambu dalam pot pastikan tanah harus lembab tetapi tidak basah kuyup. Hindari meletakan bambu tepat di bawah sinar matahari langsung karena bisa menghanguskan daun bambu. Jika daunnya terlihat memudar maka segera beri lebih banyak cahaya.

Tanaman bambu hoki melambangkan banyak hal baik dalam Feng Shui. Susunan batangnya menyimbolkan kebahagiaan, kekayaan, keberuntungan dan lainnya. Posisi tanaman ini bisa pula mendatangkan energi positif. 

Selain itu energi negatif dapat dihalau masuk ke dalam hunian. Jangan lupa tambahkan pita merah pada bambu hoki agar tampilannya semakin menarik.

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download