BlogLifestyleKebersihan RumahBau Plastik Terbakar di Rumah? Ini Kemungkinan 4 Penyebabnya!
0
0

Bau Plastik Terbakar di Rumah? Ini Kemungkinan 4 Penyebabnya!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 9, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bau plastik gosong di dalam rumah dapat mengganggu penghuni rumah. Hal ini juga dapat menyebabkan penghuni rumah menjadi cemas karena takut akan kebakaran. Mencium bau plastik terbakar tanpa sumber bau yang jelas dapat menjadi kekhawatiran rumah tangga Kamu dan harus diatasi sesegera mungkin. Penyebab bau plastik terbakar di rumah Kamu mungkin tidak berbahaya, namun juga bisa menjadi pertKamu sesuatu yang lebih berbahaya, jadi sebaiknya Kamu memeriksakannya ke ahlinya.

Bau Plastik Terbakar

Source : Pixabay

Jenis bau plastik gosong mempunyai karakteristik yang berbeda-beda tergantung sumbernya. Membakar debu dan serat sangat berbeda dengan melelehkan atau membakar plastik, dan bau peralatan listrik sangat berbeda. Oleh karena itu, jika Kamu mencium bau terbakar di rumah Kamu, perhatikan jenis baunya.

Apakah ada bau debu terbakar yang berasal dari kipas ventilasi atau ventilasi? Atau bau plastik atau barang elektronik terbakar? Apakah itu sesuatu yang lain? Perhatikan juga dari mana asalnya. Jika listrik Kamu mengeluarkan bau terbakar dan berdebu yang berasal dari alat pemanas dan bau tersebut tetap ada selama lebih dari satu jam, periksa oven Kamu. Filter udara yang kotor seringkali menyebabkan banyak debu menumpuk.

Penyebab Bau Plastik Terbakar di Rumah

Source : Pixabay

Saat Kamu sedang bersantai di rumah, Kamu mungkin memperhatikan bau  plastik gosong memenuhi rumah Kamu. Bau plastik terbakar bisa menjadi masalah, apalagi jika penyebabnya tidak  jelas.

Beberapa penyebab dapat dengan mudah diatasi dan bau akan hilang dengan cepat, sementara penyebab lainnya memerlukan penanganan yang lebih serius oleh tenaga profesional. Lalu apa  penyebab bau plastik terbakar di rumah Kamu?

1. Plastik yang Terbakar

Bau plastik gosong bisa berasal dari wadah makanan plastik yang terbakar, peralatan masak plastik yang meleleh di atas kompor panas, atau aksesoris rambut plastik yang dibakar dengan alat pengeriting rambut. Solusi:nya yaitu buanglah benda-benda plastik yang terbakar. Kemudian, jika masih ada sisa gosong, campurkan air hangat dan cuka putih suling atau tambahkan air pada baking soda dan gosokkan pada sisa plastik yang gosong.

Semprotkan larutan cuka atau oleskan pasta pada sisa plastik yang terbakar dan diamkan beberapa menit. Kemudian bersihkan sisa luka bakar dengan kain lembab atau chamois.

2. Kabel Listrik

Source : Pixabay

Salah satu penyebab paling mengkhawatirkan dari bau plastik terbakar adalah kabel listrik yang rusak. Kabel listrik yang kondisinya sudah buruk dapat menjadi terlalu panas dan menimbulkan kebakaran. Kabel yang terbakar atau terbakar biasanya sulit dikenali karena berada di dalam ruangan dan terdapat banyak kabel di rumah Kamu.

Oleh karena itu, Kamu perlu hati-hati memeriksa kabel mana yang terpotong. Untuk mengatasi masalah ini: Pertama-tama matikan daya dan temukan kabel daya yang rusak. Setelah itu, kami menyarankan Kamu menghubungi teknisi listrik untuk memeriksa kabel dan mencegah kerusakan lebih lanjut dan kemungkinan kebakaran.

3. Outlet Listrik pada Dinding

Ketika stopkontak listrik di sistem kelistrikan rumah Kamu kelebihan beban, hal ini dapat menyebabkan panas berlebih dan melelehkan berbagai bagian plastik di dalam stopkontak. Setelah itu, Kamu mungkin akan merasakan bau plastik terbakar di rumah Kamu.

 Solusinya, Matikan listrik dan cari stopkontak yang berbau terbakar. Setelah Kamu menemukan perangkat Kamu, cabut semua perangkat. Selanjutnya, hubungi teknisi listrik untuk memeriksa stopkontak listrik di rumah Kamu dan menentukan apakah ada bahaya kebakaran.

4. Adanya Kebakaran

Source : Pixabay

Jika Kamu tidak dapat mengidentifikasi atau mengatasi penyebab bau plastik terbakar, hubungi ahlinya. Jika bau masih tetap ada atau Kamu melihat asap atau nyala api, hubungi pemadam kebakaran. Waspadai penyebab dari kebakaran, Pins!

Yang Harus Dilakukan Jika Mencium Bau Plastik Terbakar

Untuk mengatasi bau plastik gosong dari sistem kelistrikan atau outlet dinding yang terlalu penuh adalah sebagai berikut.

1. Mengidentifikasi Sumber Bau

Segera matikan dan cabut semua peralatan terkait dengan bau tersebut. Jangan sampai terjadi hal yang lebih parah sebelum kamu mencabut peralatan tersebut.

2. Hubungi Tukang Listrik

Jika kemungkinan besar ada risiko kebakaran langsung atau bau terus mengganggu, panggil tukang listrik, terutama jika ada tanda bahaya. Keselamatan merupakan nomor satu.

3. Periksa HVAC

Jika ada masalah dengan sistem HVAC yang menyebabkan overheating, tukang listrik bisa membantu menentukan solusinya.

  • Untuk menghilangkan bau plastik yang gosong:
  • Perbaiki atau buang penyebabnya.
  • Ganti filter udara yang tersumbat dan buat aliran udara di rumah dengan membuka jendela.
  • Gunakan cuka putih untuk membersihkan sisa alat plastik yang terbakar.
  • Bersihkan permukaan rumah dengan campuran cairan pencuci piring dan air.

Itulah dia informasi mengenai bau plastik terbakar di rumah, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download