BlogLifestyleBelajar Bahasa Mandarin: Apa yang dipelajari dan cara menguasainya
0
0

Belajar Bahasa Mandarin: Apa yang dipelajari dan cara menguasainya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala

Apr 14, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Belajar bahasa Cinatop-right-banner

Sejarah Negara ComPeradaban Cina Kuno yang tinggi berpengaruh besar pada sejarah dunia. Kemajuan ekonomi, ilmu dan teknologi Cina juga meningkat tajam. Tak heran bila penduduk dunia melirik Cina sebagai poros ekonomi dunia. Bahasa adalah kunci untuk mengenal suatu bangsa lebih dekat. Maka, banyak orang tertarik belajar bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan rakyat Cina.

Cina adalah negara di dunia yang berpenduduk paling banyak. Wilayahnya pun luas. Di dunia, imigran-imigran Cina bisa ditemukan di negara mana saja. Mereka terkenal sebagai masyarakat yang senang merantau, dan sukses hidup di negara perantauannya itu.

Bahasa Mandarin adalah bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia. Selain bahasa Mandarin, ada pula bahasa penduduk Cina lainnya, yaitu Kanton atau Wu. Bahasa Mandarin dipakai oleh penduduk Cina yang bertempat tinggal di Cina daratan, Taiwan dan Singapura. Sedangkan bahasa Kanton dipakai oleh penduduk Cina di Hong-Kong, Cina bagian Tenggara, dan juga Singapura.

Baca juga: Tips mudah belajar Bahasa Korea

Apa yang Dipelajari dalam Bahasa Mandarin?

Lalu, apa saja yang harus dipelajari ketika belajar bahasa ini? Banyak sekali. Anda harus mempelajari cara pengucapan suatu kata yang memiliki lafal berbeda, menulis huruf kanji Cina, dan juga hanyu pinyin (kosa kata mandarin yang diterjemahkan ke dalam teks latin).

Tingkat kesulitan belajar bahasa Mandarin berbeda jauh dengan bahasa Indonesia. Bahasa Mandarin lebih rumit. Apalagi karena penulisan huruf kanji Mandarin yang berbeda dengan huruf latin. Menurut para ahli, bahasa Mandarin termasuk bahasa dunia yang paling sulit dipelajari. Tapi, jangan pesimis dulu. Anda pasti mampu menguasai bahasa ini, jika bersungguh-sungguh mempelajarinya.

Jika ingin piawai dalam bahasa Mandarin, mau tak mau Anda harus bisa menulis huruf kanji Mandarin. Inilah bagian tersulit dalam mempelajari bahasa tersebut. Salah menuliskan goresan pertama bisa berakibat fatal. Bahkan, cara menulis huruf pun memiliki langkah-langkah tertentu agar tidak salah tulis. Cukup memeras keringat, bukan?

Baca juga: Strategi khusus Belajar Bahasa Jerman

Cara Menguasai Bahasa Mandarin dengan Lancar

Bila benar-benar tertarik mempelajari bahasa Mandarin, yakinkan diri bahwa Anda tidak akan berhenti di tengah jalan. Karena mempelajari bahasa ini akan sia-sia, tanpa kesungguhan diri. Tidak ada cara mudah untuk belajar bahasa Mandarin kecuali latihan, latihan, dan latihan.

Anda dituntut untuk berlatih berbicara. Latihan berbicara terus menerus agar lidah Anda terbiasa mengucapkan beragam kosa kata dalam bahasa Mandarin. Pengucapan kata pun memiliki lafal berbeda-beda. Ada lafal suara tinggi (high tone), lafal naik (rising tone). lafal turun (falling tone), dan perpaduan antara lafal naik dan turun (falling rising tone).

Anda pun dituntut untuk berlatih menulis. Latihan menulis huruf kanji dalam bahasa Mandarin bisa menjadi keasyikan tersendiri. Ada buku tulis khusus untuk berlatih menulis dalam bahasa Mandarin. Jika sudah piawai, Anda patut dianggap orang berintelejensi tinggi karena tidak mudah menulis dalam huruf Mandarin.

Selain itu, Anda juga harus mempelajari tata bahasa (grammar) dan menghafal kosa kata (vocabulary). Bagi para pemula, biasanya guru memberikan padanan kata dalam hanyu pinyin (huruf latin) agar memudahkan mereka mempelajari bahasa Mandarin.

Berikut ini tip untuk belajar bahasa Mandarin.

  1. Pilihlah metode belajar atau pelatihan yang paling cocok untuk pribadi Anda. Misalnya belajar di tempat kursus bahasa dalam satu kelas atau belajar secara privat dengan guru khusus. Bisa pula menggunakan kecanggihan teknologi lewat media internet, dengan mengikuti kursus online.
  2. Jangan ragu mencoba ilmu yang sudah Anda miliki. Misalnya tidak malu berbicara dengan sedikit kosa kata Mandarin yang telah dipelajari dengan penutur asli bahasa ini. Ikut menyimak berita, film, lagu berbahasa Mandarin tanpa menyontek kamus Mandarin, dan menuliskan huruf kanji dalam satu kalimat.
  3. Berlatihlah terus dengan kepercayaan diri. Jika Anda tidak percaya diri dan bersungguh-sungguh, bahasa apapun akan sulit dipelajari.
  4. Bila memiliki kesempatan, kunjungilah negara atau wilayah di mana penduduknya terbiasa berbicara dalam bahasa Mandarin. Anda bisa langsung praktik berbicara Mandarin.
  5. Jika sudah lulus kursus atau pendidikan lain, teruslah menggunakan bahasa Mandarin di setiap kesempatan. Agar bahasa yang sudah susah payah dipelajari tidak hilang. Kembangkan terus ilmu Anda, jangan ragu.

Nah, tunggu apalagi? Selamat belajar bahasa Mandarin, ya.

Baca juga: Cara belajar bahasa Jepang dasar, huruf, angka dan tata bahasa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download