BlogLifestyleHobiMau Beli Mobil Bekas? Perhatikan 6 Hal Ini!
0
0

Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan 6 Hal Ini!

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini

Apr 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
beli mobil bekastop-right-banner

Mobil sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk memudahkan bepergian. Harga mobil yang mahal sering menjadi kendala untuk membelinya. Namun, dengan banyaknya mobil bekas di pasaran, banyak orang bisa memiliki alat transportasi tersebut. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di sini!

Tips Membeli Mobil Bekas

beli Mobil Bekas
Source : Liputan6

Jika kamu adalah salah satu dari orang yang ingin beli mobil bekas, perhatikan 6 hal ini sebelum membeli.

Lakukan Survei

Membekali diri dengan informasi seputar mobil yang ingin kamu beli sangat diperlukan. Tujuannya agar kamu bisa menemukan jenis, merek, dan harga mobil yang kamu inginkan. Lakukanlah survei secara online. Kunjungi situs-situs yang menjual mobil baru dan bekas buat pertimbangan. Kamu juga bisa mengetahui spesifikasi dan harga pasarannya.

Tempat Membeli Mobil

beli mobil bekas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika membeli mobil bekas adalah memperhatikan tempat membelinya. Pastikan tempat membeli mobil ini cukup kredibel. Kamu harus cari tahu kualitas mobil yang dijual. Cari informasinya di internet atau media sosial.

Jika ulasan yang diberikan pelanggan memuaskan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil di tempat tersebut. Kamu juga bisa membeli mobil bekas langsung dari pemiliknya. Biasanya pemilik mobil selalu merawat dan menjaga kualitas mobil yang dipakai.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Lakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi fisik mobil sebelum beli mobil bekas. Mulai dari bagian interior, eksterior, hingga kondisi mesin. Jika kamu tidak terlalu paham dengan mesin, kamu bisa mengajak teman atau saudara yang tahu tentang seluk-beluk mesin mobil.

Lakukan Test Drive

beli mobil bekas
Source : blackxperience

Untuk mengetahui performa mesin mobil bekas, kamu harus langsung melakukan test drive. Mulailah dengan memeriksa performa pada kecepatan 0 sampai 50 km/jam; dengarkan suara mesin yang tidak normal; rasakan performa gardan, ban, roda, dan transmisi mobil di kecepatan 50 sampai 120 km.

Lakukan juga test drive di jalan tol dengan kecepatan 120 km/jam dan lihat apakah mobil dalam kondisi limbung atau tidak. Selain itu, kamu juga perlu melakukan test drive di berbagai kondisi jalan, seperti beton, aspal, atau jalan yang berlubang.

Periksa Riwayat Perawatannya

Hal lain yang harus diperhatikan ketika membeli mobil adalah periksa riwayat perawatan mobil. Tanyakan di mana biasanya mobil ini melakukan perawatan. Akan lebih bagus jika mobil bekas yang kamu ingin beli mendapatkan perawatan di bengkel resmi.

Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Kelengkapan surat mobil sangatlah penting ketika kamu memutuskan membeli mobil bekas. Periksa dengan teliti apakah mobil yang akan dibeli mempunyai STNK dan BPKB dengan nama asli pemiliknya. Jika semua lengkap, kamu bisa mengurus balik nama dan administrasi lainnya dengan mudah.

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan ketika ingin beli mobil bekas. Membeli mobil bekas dalam kondisi yang sangat bagus bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download