BlogLifestyleEdukasiBentuk Pohon serta Manfaat dari Kapulaga untuk Kesehatan
0
0

Bentuk Pohon serta Manfaat dari Kapulaga untuk Kesehatan

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kapulagatop-right-banner

Bagi kebanyakan orang mengonsumsi obat-obatan kimia jadi solusi untuk meredakan penyakit yang diderita. Tapi, kali ini mari mencoba kapulaga untuk digunakan sebagai alternatif.

Pinhome – Sering kali muncul anggapan bahwa mengonsumsi obat-obatan kimia membawa efek samping yang tak main-main. Sedangkan itu, obat herbal dipilih karena bahannya yang alami dan minim dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga: 10 Makanan Penetralisir Racun

Selain alami, obat herbal juga diklaim ampuh menyembuhkan segudang penyakit, seperti halnya kapulaga. Apakah Pins masih asing dengan tanaman rempah ini? Yuk, mengenal lebih jauh tentang herbal yang satu ini.

Apa Itu kapulaga?

Tanaman rempah ini memiliki nama latin Ammomum cardamomum L. memang sudang eksis sejak lama. Bukan hanya sebagai obat herbal, kapulaga di India dikenal sebagai rempah yang bisa meningkatkan citarasa masakan menjadi lebih lezat dan khas.

Ya, rempah yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan manis, jadi tidak heran apabila digunakan untuk penyedap masakan. Bukan hanya tumbuh subur di India, kapulaga juga banyak ditemukan di daerah tropis lainnya, seperti di Indonsesia.

Baca Juga: Beragam Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Melansir dari laman resmi pertanian, setidaknya ada dua jenis tanaman rempah tersebut yang tumbuh di Indonesia, Pins.

  • Kapulaga sabrang
  • Kapulaga lokal

Jenis tanaman rempah lokal ini justru yang lebih banyak dikembangbiakkan di Indonesia, sedangkan kapulaga sabrang sering tumbuh di daerah pedesaan. Untuk aromanya, jenis sabrang lebih aromatik dibandingkan dengan jenis lokal, Pins.

Bentuk pohon kapulaga

kapulaga
Source : Bisnis UKM

Baca Juga: 5 Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Lovebird Menggunakan Jahe

Untuk buah dari tanaman rempah ini memang tergolong mudah ditemukan di pasaran. Tapi, mungkin belum banyak yang mengetahui bagaimana wujud pohon kapulaga. Pohon tanaman rempah ini nyaris mirip dengan pohon jahe yang berbentuk rerumpunan, Pins.

Hanya saja, tinggi pohon tanaman rempah ini bisa mencapai 2 hingga 3 meter, Pins. Tanaman herbal ini memiliki morfologi daun tunggal dengan ujung yang runcing, tulang daunnya menyirip, dengan tangkainya pendek.

Sedangkan batang pohon rempah ini berwarna hijau dan berbatang semu serta tumbuh secara rimpang. Batang tanaman yang satu ini juga berbentuk bulat dan dibungkus oleh pelepah.

Kapulaga juga berbunga, Pins. Bunganya tersusun rapat laiknya bulir yang mengerucut dengan tangkai yang berbuku. Kelopak bunga juga dilindungi dengan sisik lembut, garis cokelat sedikit kusam.

Nah, inilah yang sering digunakan untuk obat alternatif, buah kapulaga yang muncul setiap tiga tahun sekali. Buah tanaman rempah ini memiliki warna yang berbeda-beda tergantung jenis pohonnya. Bentuk buahnya lonjong kurang lebih 1 cm.

Manfaat Ammomum cardamomum L

kapulaga
Source : Freepik

Manfaat rempah ini tak terbantahkan lagi karena mengandung sejumlah senyawa aktif yang baik untuk menyokong kesehatan tubuh. Beberapa kandungan pada kapulaga yaitu gula, lemak, minyak protein, terbang-sineol, terpineol, alfaborneol, beta-kamper, dan silikat.

  • Mencegah risiko kanker

Riset menunjukkan bahwa kandungan dalam kapulaga yang berupa zat anti-karsinogen bisa membantu mencegah risiko beragam kanker dan menyembuhkan tumor.

Mengatasi masalah pencernaan

Penyakit di saluran pencernaan sudah pasti membuat Pins tak berdaya. Terlebih lagi ketika asam lambung naik. Alih-alih beli obat di apotek, ada baiknya mencoba cara alami untuk mengobatinya.

Ekstrak minyak kapulaga mengandung cineol nyatanya ampuh meredakan perut kembung, menetralisir asam, hingga melancarkan pencernaan.

  • Mencegah risiko depresi

Seperti yang sudah diketahui, kapulaga memiliki aroma yang bisa membawa efek menenangkan dan meredakan stres. Aroma yang berasal dari herbal ini bisa meregangkan saraf dan otot yang tegang, Pins.

  • Menjaga kesehatan organ dalam

Organ dalam yang ada di tubuh menjadi aset utama yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari menjadi lebih optimal. Untuk itu, Pins wajib mencegah risiko penyakit yang bisa saja bersarang di dalam organ dalam.

Tanaman herbal ini dipercaya ampuh melancarkan peredaran darah sehingga menyokong kesehatan jantung. Selain itu, sifat diuretik pada kapulaga juga bisa membantu mencegah risiko penyakit pada ginjal.

  • Mengatasi masalah flu dan batuk

Hampir semua rempah kaya akan kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk mendukung stamina tubuh sehingga tidak mudah sakit flu maupun batuk.

Di sinilah peran kapulaga sangat dibutuhkan, Pins. Kapulaga manjur mengencerkan dahak dan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

  • Menggantikan skincare kimia

Produk kecantikan di pasaran banyak yang mengandalkan bahan kimia dengan efek samping yang mungkin berbahaya jika Pins tidak teliti ketika memilihnya. Untuk lebih amannya, Pins bisa memanfaatkan kapulaga sebagai perawatan kulit dan rambut secara alami.

Selain kaya akan antioksidan, kapulaga juga tinggi akan kandungan vitamin C, Pins. Dengan begitu kulit tubuh dan rambut bisa terhindar dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Hanya modal herbal ini, Pins dapat memiliki kulit bebas jerawat dan rambut bebas ketombe.

Cara menanam kapulaga

Segudang manfaat tanaman rempah ini memang menggoda. Pohon tanaman rempah tersebut selain tumbuh liar juga dapat dibudidayakan. Apabila Pins berniat membudidayakan kapulaga, berikut trik yang bisa dicoba di rumah.

Siapkan bibit pohon kapulaga yang berbentuk tunas beserta akarnya, media tanam berupa tanah dan pupuk kandang.

Letakkan setidaknya tiga bibit dalam satu lubang. Hindari dari paparan sinar cahaya matahari secara langsung, Pins.

Akan lebih baik jika Pins selalu memantau kondisi tanah dan pupuk supaya selalu gembur. Apabila sudah tumbuh anakannya, segera pisahkan di media tanam yang lebih lega agar tidak tumpah tindih.

Pastikan menanam rempah ini dilakukan pada awal musim penghujan yang umumnya dimulai pada awal Oktober hingga November sehingga pohonnya tidak kekurangan air. Apabila Pins menanam di luar musim penghujan, sebaiknya rajin menyiram setiap pagi dan sore, ya!

Jadi, apakah Pins tertarik untuk menanam sendiri pohon kapulaga di rumah dan bersiap merasakan khasiatnya? Selamat mencoba, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download