BlogLifestyleGadget20 Biaya Servis HP Berdasarkan Kerusakannya, Lengkap!
0
0

20 Biaya Servis HP Berdasarkan Kerusakannya, Lengkap!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 17, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
biaya servis hptop-right-banner

Pins bingung menentukan biaya servis HP dan takut kemahalan? Tenang saja, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu di mana letak kerusakan pada HP Android atau smartphone iPhone untuk mengetahui kisaran biayanya. Biasanya satu toko dan toko servis lain akan menawarkan harga beragam. Apabila di dekat daerah tinggal, misalnya Pins tinggal di area perumahan di Cimahi, perumahan di Depok, perumahan Bogor atau area lainnya, banyak terdapat tempat servis hp pastikan kamu tahu harga servis berdasar kerusakan ya.

Meskipun setiap Smartphone mengalami kerusakan yang berbeda-beda, biasanya setiap merek HP juga akan memiliki harga service HP yang berbeda bergantung dengan jenisnya. Misalnya, biaya service Xiaomi mati total akan berbeda dengan Samsung yang terkadang memiliki harga lebih tinggi. Hal ini juga berlaku ketika Pins mencari harga rumah karena setiap rumah punya value yang berbeda-beda, seperti varian dari perumahan New Abaya Village atau Grand Riscon Rancakekek.

Penasaran dengan berapa biaya servis HP berdasarkan jenis kerusakannya? Simak artikel di bawah ini, yuk!

Baca juga:

Biaya Servis HP Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Jenis KerusakanBiaya Servis
Speaker HP200-300 Ribu Rupiah
IC Power100-300 Ribu Rupiah
IC Sinyal70-150 Ribu Rupiah
HP Tidak Bisa Dicharge150-400 Ribu Rupiah
Port USB300-500 Ribu Rupiah
Touch Screen Eror350-500 Ribu Rupiah
Tombol Power50-300 Ribu Rupiah
Bootlooop75-200 Ribu Rupiah
Flash Ulang50-200 Ribu Rupiah
HP Mati Total400-1 juta Rupiah
Lupa iCloud750-2 Juta Rupiah
Ganti Layar Pecah50-500 Ribu Rupiah
OEM, RPL, CID, GID dan EEPROM200-400 Ribu Rupiah
Backup Data50-150 Ribu Rupiah
Restore Data150-500 Ribu Rupiah
IMEI Hilang50-150 Ribu Rupiah
HP Terkena Air350-500 Ribu Rupiah
Lupa Password50-150 Ribu Rupiah
Konektor Baterai50-200 Ribu Rupiah
Mengganti Baterai100-500 Ribu Rupiah

HP yang rusak tentu tidak akan nyaman digunakan, sekalipun masalah tersebut terjadi pada bagian LCD atau speaker-nya saja. Untuk itu, Pins perlu mengetahui kisaran biaya servis berdasarkan kerusakannya berikut ini!

Speaker HP Tidak Berfungsi

Source : Tech Geek

Salah satu tanda speaker di HP tidak berfungsi adalah ketika smartphone tidak bisa mengeluarkan suara selain dari headset atau earphone. Itu artinya, speaker HP harus diganti dengan sparepart yang baru. Untuk HP Android, estimasi biaya servisnya di atas 200 ribu. Sedangkan untuk iPhone harganya mulai dari 300 ribu.

IC Power Rusak

HP yang mati total dan tidak bisa di-charge bisa jadi salah satu tanda konektor HP atau IC power rusak. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti IC ini mulai dari 100 ribu untuk HP Android dan 300 ribu untuk iPhone. Kerusakannya sendiri bisa karena temperatur HP terlalu panas dan pemakaian dalam waktu yang terlalu lama.

IC Sinyal Rusak

Source : aRepair

HP yang tidak ada sinyal sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh lokasi yang tidak strategis. Misalnya, kamu tinggal di rumah baru di kota Jakarta Barat dengan limpahan sinyal yang banyak. Sayangnya, HP Pins tidak mendapatkan hal tersebut.

Jika tidak ada sinyal di HP yang sedang digunakan dan di HP lain dengan provider yang sama terdapat sinyal, kemungkinan IC sinyal di hp tersebut perlu diganti. Biaya mengganti IC di hp Android cukup murah, yaitu mulai dari 70 ribu, sedangkan di iPhone biayanya mulai dari 250 ribu rupiah. Kendala ini tentu perlu cepat diatasi agar kenyamanan menggunakan ponsel lebih terjamin.

HP Tidak Bisa Di Charge

Jika HP tidak bisa di-charge meskipun sudah menggunakan charger berbeda, kemungkinan IC charger di HP tersebut harus diganti. Biaya servis HP untuk bagian charger ini mulai dari 150 ribu hingga 400 ribu Pins. Selain itu, kerusakan juga mungkin saja terjadi pada bagian baterai di HP.

Baca juga:

Port USB Rusak

Source : Pexels

Pins sering kesulitan memasukan USB ke port yang tersedia? Hal itu bisa saja terjadi karena bagian tersebut mengalami kerusakan dan perlu diservis. Port USB yang rusak juga punya tanda-tanda kendala yang sama dengan IC charger rusak. Biaya mengganti sparepart ini sekitar 300 ribu untuk semua jenis HP Android atau iOS.

Layar Touchscreen Error

Untuk masalah ini, blank, error, bergaris atau layar berkedip, sudah pasti perlu mengganti LCD dan touchscreen HP. Biaya servis HP yang diperkirakan adalah di atas 300 ribuan. Bahkan, pada beberapa kasus biaya servis smartphone ini akan lebih mahal untuk smartphone flag ship yang harganya di atas 10 jutaan.

Tombol Power Tidak Bisa Ditekan

Source : Digital Trends

Kendala ketika tombol power eror dan tidak bisa digunakan tentu menjadi suatu kekhawatiran, karena ponsel tentu tidak akan dapat menyala Pins! Estimasi biaya servis tombol power HP umumnya mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu. Jika tidak cepat diatasi, lama kelamaan ponsel mati total karena tidak pernah dinyalakan sama sekali.

Biaya Servis HP Bootloop

Biaya servis HP bootloop Android mulai dari 75 ribu hingga 200 ribu. Namun, harga tersebut akan berbeda-beda bergantung pada jenis dan merk smartphone yang Pins gunakan. Jika spesifikasi HP yang digunakan merupakan kelas high-end tentu biayanya akan jauh lebih mahal Pins!

Flash Ulang HP

Source : Riaume

Flash ulang HP dilakukan jika ponsel mulai lemot dan terlalu banyak aplikasi yang tidak bisa dihapus. Jika di diamkan terlalu lama ponsel nantinya tidak akan bisa digunakan sama sekali, diakibatkan oleh penuhnya RAM HP tersebut. Untuk sstimasi harga servisnya mulai dari 50 hingga 200 ribu.

Hp Mati Total

Biaya servis HP yang mati total bisa mulai dari 400 ribu hingga 1 jutaan. Biaya ini tergantung dari sparepart apa saja yang perlu diganti karena kerusakan tersebut. Biasanya, HP yang tiba-tiba mati sendiri masih bisa diperbaiki dengan melakukan beberapa tes tanpa mengganti sparepart-nya.

Lupa iCloud

Source : Apple Support

Pins menggunakan HP iPhone dan tidak bisa membuka HP karena lupa password iCloud? Estimasi biaya membuka iCloud yang lupa password adalah sekitar 750 ribu hingga 2 juta rupiah. Hal ini bergantung pada seri iPhone yang digunakan saat ini.

Baca juga:

Ganti Layar Pecah

Layar yang pecah tidak selalu mengharuskan ganti LCD dan hanya membutuhkan biaya perbaikan sekitar 50 hingga 200 ribu rupiah. Tetapi, jika harus mengganti LCD, estimasi biayanya mulai dari 300 ribu rupiah. Penggantian LCD ini dilakukan jika layar smartphone tidak memberikan respon apapun ketika disentuh.

Servis OEM, RPL, CID, GID dan EEPROM

Source : Rantle East Electronics

Untuk masalah yang satu ini tanda umumnya adalah SIM card yang tidak terdeteksi dan sinyal hilang. Keadaan HP yang seperti ini tentu akan membuat Pins tidak nyaman ketika menggunakan ponsel. Sedangkan estimasi biaya servisnya mulai dari 200 hingga 400 ribu rupiah.

Backup Data

Backup data tentu perlu dilakukan ketika Pins akan menyimpan beberapa data penting dari HP ke lokasi lainnya. Di setiap HP tentu terdapat beberapa data penting yang jika hilang tentu Pins akan membutuhkannya. Untuk itu, kamu perlu melakukan backup data, dan biaya servisnya sekitar 50-150 ribuan.

Restore Data

Source : Data Recovery

Melakukan restore data atau mengembalikan data yang hilang dan terhapus tentu membutuhkan langkah yang tepat dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pins mungkin memiliki beberapa data yang sekiranya perlu dikembalikan agar dapat dipergunakan atau dilihat kembali.

Misalnya, kamu baru saja menyimpan data-data membeli rumah baru di Kertamukti Sakti Residence. Sayangnya, data-data tersebut hilang dan harus dikembalikan kembali untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk biaya servis restore data tentu akan bergantung pada kesulitannya, mulai dari 150 sampai 500 ribuan.

IMEI Hilang

IMEI HP yang hilang tentu akan menimbulkan banyak masalah pada ponsel, seperti tidak terdeteksi di jaringan, bahkan garansi smartphone akan hilang. Pins perlu melakukan perbaikan dengan segera jika tidak ingin dikatakan HP black market tanpa garansi resmi. Untuk biaya servis HP tersebut mulai dari 50 sampai 150 ribuan saja.

HP Terkena Air

Source : Tribun

HP yang terkena air tentu bisa menjadi masalah karena ponsel bisa saja tidak menyala dan layar eror. Pins perlu mengeluarkan air dari HP atau mengganti beberapa sparepart agar kerusakan bisa diatasi. Bahkan, layar HP juga terkadang eror dan bergerak sendiri. Untuk estimasi biayanya mulai dari 350 sampai 500 ribuan.

Lupa Password

Beberapa pengguna smartphone sering kali mengalami lupa password untuk masuk ke HP. Pins mungkin mengalami hal tersebut dan perlu melakukan cara reset password. Untuk kisaran biaya memperbaikinya yaitu 50 sampai 150 ribuan saja.

Konektor Baterai

Source : Gigazine

Konektor baterai memiliki fungsi untuk menghantarkan daya dari baterai ponsel ke dalam HP. Jika bagian ini mengalami kerusakan ponsel bisa saja tidak bisa di charge dan daya dari charger tidak akan sampai ke ponsel Pins! Untuk kisaran biaya servisnya mulai dari 50 sampai 200 ribuan bergantung dari jenis ponselnya.

Mengganti Baterai

Kebanyakan smartphone saat ini menggunakan baterai tanam pada ponselnya, yang tidak memungkinkan bagi Pins untuk melepasnya sendiri. Untuk itu, Pins perlu membawanya ke tempat servis untuk mengganti baterai HP tersebut. Kisaran biayanya mulai dari 100-500 ribuan.

Baca juga: 6 Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Dengan Mudah!

Featured image source: IT Fox Solutions


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Vila Banyu Sukabumi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download