BlogLifestyleHobi5 Tipe dan 10 Fakta Menarik dari Bird of Paradise
0
0

5 Tipe dan 10 Fakta Menarik dari Bird of Paradise

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 24, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
bird of paradisetop-right-banner

Bird of paradise atau burung cendrawasih ternyata bukan hanya nama untuk burung saja. Ada tanaman yang disebut dengan nama itu karena memiliki kemiripan bentuk dengan burung cendrawasih. Tanaman ini memiliki nama asli Strelitzia

Bunga yang satu ini cocok dijadikan tanaman hias outdoor bagi kamu yang tinggal di perumahan di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi atau Kota Harapan Indah.

Bunga bird of paradise merupakan tanaman asli dari Afrika Selatan dan bagian dari keluarga Strelitziaceae. Di negara asalnya tanaman ini dikenal dengan nama bunga bangau. 

Baca juga: Jenis Jenis Tanah di Indonesia Beserta Manfaatnya

Mengenal Bird of Paradise

bird of paradise
Source : Pixabay

Tanaman ini memiliki total lima tipe atau spesies. Dua tipe diantaranya yaitu Strelitzia Nicolai dan Strelitzia Reginae sering dijadikan tanaman hias. Keduanya juga merupakan simbol Kota Los Angeles serta ditampilkan di belakang koin 50 sen di negara Afrika Selatan. 

Secara morfologi tumbuhan, spesies Strelitzia Nicolai merupakan tumbuhan paling besar dengan tinggi yang bisa mencapai 10 meter. Tanaman ini bisa dikenali dengan bunganya yang berwarna putih dan biru yang terkesan mewah.

Sementara spesies terbesar kedua adalah Strelitzia Caudata yang ukurannya lebih kecil sedikit dibanding Nicolai. Adapun spesies lain memiliki tinggi rata-rata antara 2-3,5 meter.

Daun tanaman ini juga dikenal berukuran besar dengan panjang mencapai 30-200 cm dan lebar 10-80 cm. Penampilannya mirip dengan daun pisang tapi tangkai daun lebih panjang dan tersusun rapat dalam dua baris untuk membentuk mahkota dedaunan hijau seperti kipas. 

Baca juga: Mengenal 7 Makna dan Mitos Tentang Bunga Kemuning

Simbolisme

bird of paradise
Source : Pixabay

Tumbuhan dalam genus Strelitzia tidak menghasilkan serbuk sari yang bisa terbang terbawa angin. Selain itu, mereka juga memiliki peringkat skala alergi OPALS 1, yang berarti risiko untuk menyebabkan alergi sangat rendah. 

Sementara penamaan Strelitzia sendiri diberikan oleh seorang bernama Joseph Banks untuk menghormati ratu Inggris Charlotte dari Mecklenburg-Strelitz yang merupakan istri King George III. 

Secara bahasa, kata Strelitzia mengandung banyak arti mulai dari kesuksesan, kebebasan, keabadian, kesetiaan, cinta, perhatian, dan optimisme. 

Strelitzia juga menjadi perlambang kebebasan dan keberhasilan mengatasi kesulitan, mengingatkan orang untuk tidak terpaku dan menyerah, serta mengajak orang untuk melihat dunia yang lebih luas. 

Secara khusus ada tiga pemaknaan dari Strelitzia, yaitu kesetiaan, optimisme, dan kesuksesan. Strelitzia melambangkan kesetiaan kepada seorang kekasih. Orang yang memberikan bunga ini kepada pasangan berarti sedang mengungkapkan sepenuh hati mereka untuk pasangannya itu. 

Strelitzia juga melambangkan optimisme dan energi positif, serta menginspirasi orang untuk tidak menyerah saat berada dalam masalah. Sedangkan kesuksesan dalam Strelitzia berarti simbol pemberian selamat kepada seseorang yang berhasil mencapai sesuatu dalam hidup. 

Baca juga: 15 Merk Teh Hijau Berkualitas untuk Sumber Antioksidan!

5 Tipe Bird of Paradise

bird of paradise
Source : Pixabay

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada lima tipe dalam keluarga Strelitzia atau bunga bird of paradise ini. Berikut penjelasannya. 

1. Strelitzia Reginae

Tipe pertama ini berasal dari Afrika Selatan yang di sana dikenal sebagai bunga bangau. Daunnya cenderung kasar panjang yang mengingatkan pada pohon pisang. Daunnya adalah rumpun kaku yang tumbuh dari dasar permukaan tanah, sedangkan bunganya terletak di atas tangkai yang kaku dan terdiri dari sepal oranye dan kelopak biru. 

2. Strelitzia Nicolai

Tipe ini juga disebut sebagai bunga white bird of paradise atau bunga cendrawasih putih. Spesies ini juga berasal dari Afrika Selatan dan paling besar di antara semua tipe Strelitzia. Bunganya memiliki sepal putih yang membentuk mahkota dan lidah ungu kebiruan. Daunnya hijau keabuan dengan ukuran besar.

3. Caesalpinia Pulcherrima

Caesalpinia Pulcherrima juga disebut sebagai red bird of paradise atau bunga cendrawasih merah. Tanaman ini bisa berbunga berulang kali dengan warnanya yang khas yaitu merah-oranye. Batangnya yang berduri membuatnya berguna sebagai tanaman penghalang. 

Tanaman ini dan spesies Caesalpinia memiliki bunga yang jauh lebih kecil daripada tanaman cendrawasih Strelitzia. Cendrawasih merah lebih menyukai lingkungan gurun pasir.

4. Caesalpinia Mexicana

Berikutnya adalah Caesalpinia Mexicana atau bunga cendrawasih Meksiko. Bentuknya mirip pohon cemara namun berdaun lebar dengan bunga yang berwarna kekuningan. Tanaman ini bisa mentoleransi cuaca dingin dan bisa berbunga berulang kali.

5. Caesalpinia Gilliesii

Tipe terakhir adalah Caesalpinia Gilliesii atau yellow bird of paradise. Tanaman ini merupakan sejenis semak dari Caesalpinia yang berasal dari Argentina dan Uruguay. Tanaman ini selalu hijau di iklim yang lebih hangat dan memiliki bunga seperti azalea berwarna merah atau kuning yang mekar di bulan Juli dan Agustus.

Baca juga: 10 Fakta dan Makna dari Bunga Morning Glory

Fakta Menarik Bird of Paradise

bird of paradise
Source : Pixabay

Bird of Paradise adalah tanaman indah yang membutuhkan paparan cahaya penuh, suhu, dan kelembaban untuk tumbuh baik. Terdapat banyak fakta menarik terkait tanaman yang satu ini. Yuk disimak!

1. Mirip Burung Cendrawasih

Banyak orang menilai tanaman ini punya kemiripan dengan burung cendrawasih dan dari situlah ia mendapatkan nama. Adapun kemiripan ini berasal dari bunganya yang berwarna jingga. 

2. Jenis Tanaman Evergreen

Bird of Paradise adalah spesies cemara tropis. Tanaman ini selalu hijau dan tidak menggugurkan daun secara serentak pada musim atau kondisi tertentu. 

3. Bukan Tanaman Ruangan

Kamu yang berpikir menanam bird of paradise sebagai tanaman hias indoor harus bersiap kecewa. Pasalnya, tanaman ini adalah tanaman luar dan tidak cocok di dalam ruangan. Jika dipaksakan untuk di dalam ruangan, maka kamu harus siap untuk tidak bisa menikmati bunganya. 

4. Daun Terpisah

Untuk menghilangkan risiko tertiup angin dan patah, tanaman berevolusi untuk menghasilkan air di daunnya. Perpecahan di sepanjang lapisan samping ini memungkinkan angin melewatinya tanpa masalah. 

5. Butuh Banyak Sinar Matahari

bird of paradise
Source : Pixabay

Bird of Paradise tumbuh subur di tempat yang banyak sinar matahari. Semakin banyak sinar matahari, semakin baik. Jumlah sinar matahari yang diterima tanaman ini menentukan seberapa sering kamu harus menyiramnya juga.

Baca juga: Kenali Bunga Cempaka: Arti, Jenis dan 10 Manfaatnya

6. Waktu Berbunga

Tanaman ini akan berbunga pada akhir musim dingin hingga awal musim semi. Namun semua itu tergantung pada paparan sinar matahari. Sebaliknya jika tidak terkena sinar matahari, maka tanaman ini tidak akan berbunga. 

7. Beracun

Bird of Paradise tidak bersahabat bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing karena beracun. Maka dari itu banyak yang memilih bunga bird of paradise palsu agar ramah terhadap hewan peliharaan. 

8. Tak Perlu Banyak Air

Penyiraman tanaman terlalu banyak harus dihindari karena bisa mengakibatkan daun menjadi coklat, tepi daun mengering, layu, atau keriting. Terlalu banyak air juga bisa menyebabkan penyakit pada akar seperti pembusukan. 

9. Tinggi Mencapai 1,5 Meter

Bunga cendrawasih yang sehat akan tumbuh hingga ketinggian antara 1 hingga 1,5 meter. Namun penyebarannya tidak lebih dari satu meter itu sendiri.

10. Strelitzia Nicolai Paling Tinggi

Spesies Strelitzia Nicolai merupakan tumbuhan paling besar dengan tinggi yang bisa mencapai 10 meter. Tanaman ini bisa dikenali dengan bunganya yang berwarna putih dan biru yang terkesan mewah.

Itulah ulasan ringkas mengenai Bird of Paradise atau bunga cendrawasih. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Vasa Jagakarsa dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download