BlogHome ServiceKecantikanBolehkah Memakai Hair Tonic Setiap Hari? Ini Jawabannya!
0
0

Bolehkah Memakai Hair Tonic Setiap Hari? Ini Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ketombe, rambut rontok, kering, bercabang, dan kusam menjadi beberapa masalah rambut yang memang umum terjadi pada setiap orang. Guna mengatasi hal tersebut, kamu perlu melakukan perawatan rambut yang tepat, salah satunya dengan menggunakan hair tonic. Pertanyaannya, bolehkah memakai hair tonic setiap hari?

Hair tonic sendiri adalah produk perawatan rambut yang mengandung etanol, menthol, vitamin B2, asam laktat, propilen glikol, giberelin, hidroklorida, dan air. Produk ini juga memiliki kandungan minyak esensial seperti cedarwood, lavender, thyme, clary sage, dan rosemary. Lantas, pakai hair tonic berapa hari sekali untuk mendapat hasil yang optimal?

Baca juga: Begini 12 Cara Perawatan Rambut Setelah Smoothing, Sudah Tahu Belum?

Bolehkah Memakai Hair Tonic Setiap Hari?

Source : Freepik

Hair tonic tersedia dalam berbagai tekstur, mulai dari cair hingga gel. Selain itu, beberapa jenisnya juga biasanya tidak memiliki kandungan minyak. Aromanya juga terbilang segar, tetapi cukup kuat. 

Kamu perlu tahu kalau fungsi hair tonic umumnya tidak sama antara produk yang satu dengan lainnya. Meski begitu, semua produk mempunyai tujuan yang sama, yaitu membantu menguatkan struktur rambut lebih dalam lagi, tidak hanya area permukaan. Efek sampingnya juga baru terlihat setelah pemakaian berkala.

Lalu, bolehkah memakai hair tonic setiap hari? Sebaiknya, pemakaian produk ini sesuai dengan arahan pada kemasan. Selain itu, gunakan pula produk secukupnya sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. 

Bagi beberapa orang, memakai produk tonik rambut bisa memicu munculnya beberapa efek samping. Ini termasuk iritasi pada kulit kepala, muntah, keracunan, sering buang air kecil, dan diare. Jadi, sebaiknya kamu memastikan bahwa tidak memiliki alergi terhadap kandungan produk, dan pilih produk yang sudah terdaftar dalam BPOM. 

Cara Tepat Memakai Hair Tonic

Source : Freepik

Pemakaian hair tonic yang kurang tepat bisa membuat produk perawatan rambut ini tidak mampu bekerja dengan baik. Jadi, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara memakai hair tonic yang tepat. Simak langkahnya berikut ini, ya!

Keramas pakai shampo

Source : Freepik

Langkah pertama adalah keramas dengan menggunakan shampo yang biasanya kamu pakai. Tujuannya tentu saja supaya rambut menjadi lebih bersih. Pasalnya, hair tonic tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila rambut dan kulit kepalamu dalam kondisi kotor, Pins.

Baca juga: 15 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik dan Aman!

Keringkan rambut sampai setengah kering

Source : Freepik

Sebenarnya, ini masih menjadi pertanyaan. Selain bolehkah memakai hair tonic setiap hari, tak sedikit orang yang bertanya, lebih baik memakai tonik rambut pada kondisi basah atau kering? 

Waktu terbaik untuk memakai hair tonic yaitu saat kondisi rambut masih setengah kering, Pins. Kamu bisa menggunakan bantuan hair dryer untuk mempercepat rambut mengering. Dengan begitu, produk akan terserap sempurna pada rambut dan kamu bisa mendapat hasil yang maksimal. 

Tidak jauh berbeda dengan menggunakan hair tonic, membeli rumah juga memiliki banyak pertimbangan. Pastinya, kamu ingin memiliki rumah sesuai dengan kebutuhan, bujet, dan berada pada lokasi strategis, bukan? Jika begitu, kamu bisa langsung cek berbagai pilihan rumah eksklusif melalui Pinhome.

Misalnya, kamu ingin mencari rumah baru di Bekasi, pastinya ada banyak rekomendasinya untukmu. Salah satunya adalah Perumahan Cikarang Griya Pratama.

Gunakan hair tonic pada rambut

Source : Freepik

Langkah berikutnya adalah mengoleskan hair tonic. Saat menggunakannya, pastikan kamu mengoles mulai dari kulit kepala hingga bagian ujung rambut. Teteskan produk pada area kulit kepala secukupnya, lalu tarik garis lurus dari akar sampai ke ujung rambut dengan menggunakan jari tangan. 

Namun, kamu sebaiknya tidak menggosok rambut untuk meratakan produk satu ini. Cukup gunakan jari tangan sehingga hasil yang kamu dapat bisa lebih optimal.

Beri pijatan

Source : Freepik

Setelah semua area rambut telah kamu olesi hair tonic, langkah selanjutnya adalah memberi pijatan ringan pada area kepala. Langkah ini bertujuan supaya kulit kepala bisa menyerap produk dengan baik. Setelah selesai memijat, biarkan selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. 

Setelah kamu selesai melakukan semua langkah perawatan tadi, kamu tidak perlu membilas rambut lagi dengan air. Biarkan saja rambut kering secara alami. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut setelah memakai produk hair tonic. 

Baca juga: 12 Rekomendasi Hair Oil Terbaik untuk Kesehatan Rambutmu

Hair Tonic Bukan Pengganti Shampo

Source : Freepik

Jadi, bolehkah memakai hair tonic setiap hari? Jawabannya sebaiknya tidak, ya. Tidak sama dengan shampo atau conditioner rambut, kandungan dalam hair tonic justru bisa berbahaya jika kamu memakai produk ini setiap hari. Waktu paling ideal untuk memakai produk ini adalah satu hingga dua kali dalam satu bulan. 

Selain itu, meski hair tonic juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut, produk satu ini tidak bisa menggantikan shampo untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe dan kotoran. Jadi, kamu sebaiknya tetap menggunakan produk shampo yang sesuai dengan kondisi rambut ketika keramas. 

Terakhir, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan produk perawatan rambut lain ketika sedang menggunakan tonic. Ini termasuk conditioner, vitamin rambut, bahkan serum dalam bentuk apapun. Bukan tidak mungkin, kamu justru bisa mengalami iritasi karena kandungan dalam tonic yang tidak bisa digabungkan dengan produk lain. 

Demikian tadi ulasan mengenai pemakaian hair tonic, caranya, dan tips yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan produk perawatan rambut tersebut. Dengan mengikuti langkah tadi, kamu bisa memakai tonik rambut sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download