BlogLifestyleTeknologiCara Membuat Nada Dering WhatsApp Freets Dengan FreeTTS MP3
0
0

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Freets Dengan FreeTTS MP3

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
nada dering whatsapp freetstop-right-banner

Hampir semua orang saat ini mengandalkan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi. Sebagai salah satu platform instant messaging terpopuler yang digunakan hampir semua orang, ada kalanya kamu ingin mengubah beberapa hal aplikasi ini. Untungnya, ada Blue WhatsApp App yang mengakomodir kebutuhan kamu. Selain itu, kamu bisa menggunakan nada dering WhatsApp Freets yang unik di aplikasi lain.

Untuk mewujudkan hal tersebut, freeTTS sebagai aplikasi yang dapat mengubah tulisan menjadi suara dalam format mp3 dapat membantu kamu membuat nada dering yang unik dan berbeda dari nada dering WA orang lain. Apa itu FreeTTS dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut selengkapnya!

Mengenal FreeTTS Text to Speech Multi-Bahasa

Source : Autobild

Sebelum mengetahui caranya, Pins perlu tahu terlebih dahulu apa itu nada dering Whatsapp Freets. Sebenarnya, freeTTS tidak hanya dapat membaca bahasa Indonesia saja, melainkan bahasa populer alinnya seperti Inggris, China, Rusia, bahkan Arab serta Spanyol. Bahkan, untuk setiap bahasa, Free TTS menawarkan beragam gaya bicara yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk bahasa Indonesia sendiri, ada 3 pilihan voice style yang bisa kamu pilih termasuk suara berdasarkan gender orangnya:

  • id-ID-Standard-A (Suara wanita)
  • id-ID-Standard-B (Suara pria dengan baca cepat)
  • id-ID-Standard-C (Suara pria dengan baca normal)

Keunggulan lainnya dari freTTS.com ini adalah platform yang disediakan secara gratis bahkan hingga 6000 karakter setiap minggunya. Selain itu, file audio atau nada dering dari suara yang dihasilkan juga otomatis dapat kamu download dalam format mp3 sehingga dapat diputar di beragam device termasuk laptop, pc maupun ponsel.

Baca juga: Cara Menyadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Root

Cara Membuat Nada Dering MP3 dengan FreeTTS

Source : Dailystar

Tidak sulit untuk dapat membuat nada dering WhatsApp Freets. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah siapkan teks atau tulisan yang hendak diubah menjadi suara untuk dipasang menjadi nada dering nantinya. Jika kamu belum memiliki teks tersebut, berikut contoh teks yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi:

Hi kak, ada pesan WhatsApp masuk, tolong dibaca.

Contoh nada dering text to speech

Setelah kamu sudah memiliki tuulisan sendiri, silakan ikuti tutorial berikut untuk membuat nada dering versi kamu sendiri dengan bantuan freeTTS.com:

  • Buka situs https://freetts.com/ lalu klik tombol Start text to speech free yang ada di tengah halaman tersebut.
  • Salin dan tempel atau ketik langsung teks yang ingin kamu buat menjadi suara nada dering pada kolom putih yang tersedia.
  • Pilih bahasa dari tulisan yang kamu masukkan, jika kamu memasukkan bahasa Indonesia, pilih opsi Indonesian lalu pilih gaya bahasa sesuai deksripsi yang sudah dijelaskan diatas.
  • Klik Convert lalu tunggu hingga tulisan kamu dikonversi menjadi Audio. Tekan tombol play setelah muncul MP3 player dibagian bawah kolom untuk mendengarkan suara yang dihasilkan.
  • Tekan Download untuk mengunduh suara dalam format mp3 dan simpan ke dalam folder tertentu. Ingat-ingat dimana Pins menyimpannya karena nanti file tersebut akan digunakan sebagai nada dering atau notifikasi di aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Cara Ganti Password Instagram

Cara Menggunakan Nada Dering FreeTTS di WhatsApp

Source : Antara News

Langkah selanjutnya setelah berhasil mengunduh nada dering mp3 dari situs FreeTTS adalah memasangnya di aplikasi WA sebagai suara nada dering. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah selanjutnya, pindahkan file mp3 tersebut ke dalam ponsel lalu tambahkan sebagai ringtone dengan cara masuk ke Settings > Ringtone > Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done.
  • Setelahnya, kamu tinggal mengatur file mp3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WA masuk di aplikasi WhatsApp. Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu klik titik tiga (pengaturan) yang ada di pojok kanan atas aplikasi WA.
  • Pilih menu Notifications > Notification tone > Pilih nama mp3 yang tadi sudah kamu simpan ke dalam ponsel seperti gambar dibawah ini. Setelahnya, kamu sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp menggunakan suara Google atau suara robot yang dihasilkan tools text-to-speech freeTTS.

Cara Download Nada Dering freeTTS untuk WhatsApp

Tidak sulit sama sekali bukan membuat nada dering WhatsApp Freets menggunakan freeTTS? Hanya bermodalkan teks atau tulisan singkat saja untuk melakukannya. Buat kamu yang tidak mau repot-repot mengkonversi tulisan ke dalam suara dengan tools freeTTS.com. Berikut contoh suara yang dapat kamu download menggunakan tombol titik tiga yang ada di pojok kanan mp3 player berikut ini:

Nada dering WhatsApp suara Pria dengan freeTTS

Berdasarkan contoh diatas, sebenarnya kamu dapat mengkreasikan beragam variasi nada dering seperti menggunakan bahasa asing, atau menyertakan nama kamu sendiri sehingga ringtone WA yang muncul lebih personal. Kamu juga bisa mencoba beragam gaya bicara voice names yang paling cocok untuk digunakan dari pilihan yang tersedia di freeTTS.com.

Itulah beberapa cara mudah untuk menggunakan nada dering Whatsapp Freets yang bisa Pins aplikasikan dengan mudah. Bagaimana Pins, cukup menyenangkan bukan? Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Nonton Drakor Di Telegram

Featured image source: Suara.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download