BlogLifestyleHobi10 Makna Bunga Baby Breath Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya
0
0

10 Makna Bunga Baby Breath Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Punya perumahan di Bekasi menawarkan banyak keunggulan. Beberapa diantaranya adalah kawasan industri dan dihuni oleh ekspatriat paling banyak, memiliki flyover paling keren dan stadion terbesar di Jabodetabek. Untuk meningkatkan estetika hunian menambah bunga baby breath sebagai tanaman rumah adalah pilihan yang tepat.

Misalnya Panorama Bekasi Residence, bunga ini bisa ditanam di taman kecil di sebelah garasi mobil. Baby breath yang ada di taman saat pasang iklan jual rumah juga bisa dijadikan penanda atau identitas hunian dari yang lainnya agar bisa segera terjual cepat. Ikuti makna bunga ini sekaligus ciri dan jenis baby breath yang perlu Pins ketahui sebagai berikut:

Ciri Bunga Baby Breath

bunga baby breath untuk kekasih
Source : Pexels

Baby breath membentang dari Eropa Timur dan Eropa Tengah ke Asia dengan waktu tumbuh cepat. Kira-kira hanya butuh waktu 8-12 minggu baby breath bisa mekar dengan sempurna. Ciri bunganya sebenarnya dapat dengan mudah dikenali dari kelopak bunga yang relatif kecil.

Nama latinnya adalah Gypsophila Paniculata yang terdiri atas 150 spesies. Gypsophila berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas gypsum dan philios. Gypsum bermakna gipsum atau mineral dari batu putih yang asalnya akibat endapan air laut. Philios artinya mencintai sehingga bila digabungkan kurang lebih bermakna mencintai gipsum.

Habitatnya di padang rumput atau tanah berpasir dan kering. Dulunya Johan Amman yakni ahli botani Swiss-Rusia mengirimkan baby breath dari St. Petersburg. Ketika perjalanan ke Linnaeus, baby breath semakin populer dan dibudidayakan bahkan Peru menjadi negara ekspor baby breath terbesar di dunia.

Awal 1900an, tanaman ini mulai terkenal sebagai tanaman buket bunga. Tanaman ini sering mengisi dekorasi dalam vas bunga saat acara pernikahan atau mahkota bunga.

Baca juga: 10 Manfaat Tanaman Palem Merah yang Jarang Diketahui

Jenis Bunga Baby Breath

bunga baby breath pink
Source : Pexels

Umumnya bunga ini terbagi menjadi tiga golongan yang dibedakan dari warna kelopaknya. Adapun beberapa jenis baby breath bisa Pins simak sebagai berikut:

  1. Baby breath kuning memiliki kelopak berwarna kuning cerah dengan bagian batang hijau ke kuning di ujung pangkal
  2. Baby breath putih sama halnya dengan varian kuning namun ukuran lebih kecil dan daun yang minim
  3. Baby breath pink memang sangat mencolok dari segi warnanya. Batangnya tipis dan juga berwarna senada dengan kelopak di bagian ujung pangkalnya

Meskipun memiliki kelopak yang kecil namun bunga ini bisa sangat cantik dijadikan buket. Pins bisa menambahkan sedikit saja kombinasi bunga lainnya atau hanya merangkai beberapa jenis baby breath dalam satu buket. Bagaimana tertarik untuk menanamnya di taman rumah atau menghiasi interior ruangan?

Baca juga: Kenali Pohon Cengkeh dengan 5 Fakta dan Cirinya

10 Makna Bunga Baby Breath

bunga baby breath putih
Source : Pixabay

Ternyata arti bunga baby breath sangat beragam yang bisa dibedakan dari warnanya. Adapun maknanya bisa Pins ketahui dari ulasan singkat berikut:

1. Cinta Abadi

Makna bunga baby breath yang pertama adalah cinta abadi. Bunganya yang berwarna putih kecil-kecil inilah yang melambangkan cinta. Cocok untuk hadiah kepada keluarga, pasangan maupun sahabat tercinta.

2. Kebebasan

Source : Pexels

Bunga ini juga bisa bermakna kebebasan sehingga sering diberikan kepada seseorang yang telah menuntaskan tugas. Misalnya ketika seseorang menyelesaikan pekerjaan atau menamatkan jenjang pendidikannya.

3. Kemurnian

Arti bunga baby breath juga dapat bermakna kemurnian. Tersirat dari warna putih bersih yang dimilikinya. Kelopaknya bertumpuk dan dalam satu batang besar bisa mencakup beberapa bunga.

4. Ketulusan

Selain kemurnian, bunga baby breath melambangkan sebuah ketulusan. Tak heran banyak orang sering memilih bunga ini saat mewakili perasaan tulus kepada seseorang.

5. Lambang Pernikahan

Source : Rawpixel

Secara tradisional bunga ini sering digunakan dalam karangan bunga. Makna bunga baby breath dapat melambangkan sebuah pernikahan. Tak jarang bunga ini dikombinasikan dengan bunga lainnya sebagai buket pernikahan.

6. Kekaguman

Warna pink dari bunga ini biasa digunakan untuk mengisyaratkan kekaguman. Misalnya digunakan untuk mengekspresikan diri dalam menyukai orang yang disukai.

7. Cahaya

Source : Pexels

Pemilihan baby breath dengan warna kuning melambangkan cahaya. Warnanya yang terang cocok untuk menghiasi ruangan yang minim cahaya. Tujuannya agar meningkatkan interior ruangan lebih cerah dan ceria.

8. Kepolosan

Warna putih dari kelopak baby breath memiliki corak yang unik. Selain melambangkan cinta sejati maupun kemurnian, arti bunga baby breath ini dapat berupa kepolosan. 

9. Persatuan

Makna bunga baby breath selanjutnya adalah persatuan. Walaupun bentuk kelopaknya kecil-kecil namun menyatu menjadi satu kesatuan yang cantik. Tak heran bila hal ini sering dianggap sebagai simbol menyatunya dua hati atau cinta.

10. Perayaan Kelahiran

Source : Pixabay

Dulunya setiap ada kelahiran di sebuah rumah, tetangga atau orang yang berkunjung akan memberikan bunga ini kepada para ibu yang baru melahirkan. Baby breath sering dianggap sebagai bunga perayaan kelahiran.

Baby breath ternyata juga memiliki manfaat meningkatkan aroma pada makanan seperti es krim dan keju. Beberapa spesiesnya berguna sebagai bahan sabun dan shampo. Menurut penelitian senyawa dalam bunga ini bisa meningkatkan imunitas penderita leukimia.

Pesona bunga baby breath memang memikat dan sering dijadikan hadiah berkesan kepada sang ibu. Artinya yang mendalam sering pula digunakan untuk buket pernikahan karena dipercaya sebagai lambang pernikahan. Warna-warnanya beragam mulai dari putih, pink dan kuning yang setiap jenisnya memiliki makna berbeda-beda satu dengan lainnya.

Baca juga: Berikut 6 Fakta Menarik dan Makna dari Bunga Violet

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download