BlogLifestyleHobi10 Jenis Bunga Berwarna Biru dengan Makna yang Baik
0
0

10 Jenis Bunga Berwarna Biru dengan Makna yang Baik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 14, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
bunga birutop-right-banner

Biru mungkin bukan warna yang muncul pertama dalam benak kamu saat bicara tentang bunga. Hal ini wajar, mengingat pigmen warna biru cukup jarang ada pada tumbuhan. Namun bukan berarti bunga biru itu tidak, ya!

Meskipun langka, namun kamu tetap bisa menemukan bunga berwarna biru. Bahkan karena kelangkaannya itu bunga biru dicari banyak orang untuk hadiah atau ditanam di pekarangan rumah.

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Pesona Remboelan atau perumahan di BSD lain sangat bisa menjadikan bunga berwarna biru sebagai tanaman hias di rumah. 

Baca juga: 37 Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Menyegarkan

Mengenal Warna Biru

bunga biru
Source : Pixabay

Sebelum membahas bunga berwarna biru, ada baiknya kita mengulik lebih jauh tentang warna biru ini, Pins. 

Warna biru melambangkan langit dan laut dan dikaitkan dengan ruang terbuka, kebebasan, intuisi, imajinasi, inspirasi, dan kepekaan. Biru juga melambangkan kedalaman, kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, kebijaksanaan, keyakinan, stabilitas, iman, dan kecerdasan.

Biru termasuk warna yang mewah. Kamu bisa menambahkan warna ini untuk menambahkan kesan estetik seperti untuk perpaduan warna cat rumah atau inspirasi kamar tidur yang menenangkan

Selain itu, biru dapat mewakili ketenangan. Pasalnya, warna biru bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang menenangkan dan memberikan perasaan tenang. Biru juga bersifat mendinginkan dan membantu keseimbangan dan ekspresi diri.

Biru banyak digunakan dalam budaya penting pada kepercayaan agama, lantaran membawa kedamaian dan dipercaya menjauhkan roh jahat. Di Iran, warna biru jadi warna berkabung sementara di Barat, tradisi pengantin dengan warna biru melambangkan cinta.

Warna biru mengkomunikasikan signifikansi, kepentingan, dan kepercayaan diri tanpa menimbulkan perasaan muram atau menyeramkan. Dari sinilah power suit biru perusahaan dan seragam biru petugas polisi berasal. Dianggap sebagai warna yang sangat korporat, biru sering dikaitkan dengan kecerdasan, stabilitas, persatuan, dan konservatisme.

Biru adalah warna maskulin. Menurut penelitian, biru sangat diterima di kalangan laki-laki. Biru tua dikaitkan dengan kedalaman, keahlian, dan stabilitas; dan menjadi warna yang disukai untuk perusahaan di Amerika.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Rumah Dengan Benar Untuk Pemula

Jenis Bunga Berwarna Biru

Bunga warna biru memang jarang ditemui. Namun bukan berarti tidak ada. Faktanya ada banyak jenis bunga berwarna ini yang jarang diketahui. Berikut beberapa di antaranya!

1. Blue Daisy

bunga biru
Source : Pixabay

Bunga berwarna biru pertama datang dari keluarga bunga daisy. Karena berwarna biru, maka jenis ini disebut dengan blue daisy. Sementara nama latinnya adalah Felicia amelloides.

Bunga ini adalah tanaman keras herba yang tumbuh dengan cepat dan menghasilkan bunga aster klasik dengan warna biru yang cantik. 

Bunganya memiliki pusat kuning cerah. Tumbuhan ini pecinta matahari, sangat cocok berada di bawah sinar matahari penuh. Mereka juga relatif mudah tumbuh, hanya membutuhkan tanah yang lembab secara konsisten yang masih memiliki drainase yang baik. 

2. Blue Hibiscus

Berikutnya ada blue hibisuc, yang memiliki nama ilmiah Alyogyne huegelii. Di Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama kembang sepatu. Tanaman bunga yang satu ini hampir tidak pernah terganggu oleh hama atau penyakit, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk kebun organik.

Bunganya mekar beberapa kali sepanjang tahun, selama musim panas dan akhir musim gugur. Tanaman ini bisa berada di bawah sinar matahari penuh, sedangkan tanah tempat menanamnya harus lembab sedang dan dikeringkan dengan baik. Tanah alkalin adalah yang terbaik, meskipun mereka juga baik-baik saja di tanah asam, dengan sedikit kebutuhan pupuk.

3. Anggrek Biru

bunga biru
Source : Pixabay

Bunga anggrek memiliki banyak warna, termasuk biru. Nama ilmiahnya adalah Vanda coerulea. Bunga ini sangat cocok untuk menambah kesan indah dan tenang di pekarangan rumah kami, Pins. 

Meski demikian, anggrek termasuk bunga yang cukup rewel dalam hal perawatan. Untuk itu, ada baiknya jika kamu memiliki pengetahuan tentang bunga yang satu ini sebelum menanamnya. 

Baca juga: 8 Taman Bunga di Rumah Sederhana dan Minimalis, Rumah Makin Cantik!

4. Violet Biru

Nama ilmiahnya adalah Viola sororia. Saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan aksen warna ungu-biru yang sangat menakjubkan. Daunnya berbentuk hati, diatapi bunga biru berleher putih. Bunga ini mekar sepanjang musim semi, dan dapat mekar secara sporadis selama musim panas. 

5. Bunga Clematis

Bunga berwarna biru berikutnya adalah bunga clematis. Tanaman merambat ini punya nama ilmiah clematis yang tumbuh dengan kuat dan panjangnya bisa mencapai 10 hingga 20 kaki. 

6. Bunga Kolumbin

Memiliki nama ilmiah Aquilegia, bunga ini termasuk tanaman yang indah dan dapat menumbuhkan bunga berbentuk lonceng dengan warna biru. Bunga ini biasanya mekar pada musim semi dan memberikan pemandangan indah pada awal musim. 

Kolumbin menyukai matahari, tetapi juga bisa tumbuh subur di tempat teduh. Bunga ini senang dengan tanah yang dikeringkan dengan kualitas rata-rata, dan kelembaban sedang. 

7. Cornflower

bunga berwarna biru
Source : Pixabay

Cornflower atau Centaurea cyanus adalah tanaman tahunan yang indah yang menumbuhkan kepala ganda seperti bunga aster, mekar dengan warna biru yang indah. 

Bunga ini tumbuh tegak, tingginya sekitar 1 hingga 3 kaki, dan menyebar selebar 6 hingga 12 inch. Biasanya mekar dari Mei hingga Juli dan cocok menjadi tanaman hias outdoor di rumah kamu.

8. Azure Aster

Bunga biru berikutnya datang dari keluarga aster, yaitu Azure Aster yang memiliki nama ilmiah Symphyotrichum oolentangiense syn. Aster azureus.

Azure Aster membentuk dedaunan bercabang selama sebagian besar musim panas. Kemudian bunga akan mekar dan menjadi bunga cantik dengan warna biru yang elegan. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Vertical Garden Minimalis di Rumah

9. Blue Hydrangea

Hydrangea biru atau Hydrangea macrophylla adalah bunga semak asli Jepang. Ciri-cirinya adalah kelopak bunga berwarna biru yang mekar pada musim panas. Spesies ini tumbuh ke luar ke segala arah, menciptakan semburan bulat mekar biru cerah.

Selain itu, yang disebut hydrangea berdaun lebar mekar berwarna merah muda di musim gugur. Daunnya bisa mencapai panjang sekitar enam inci, menjadikan tanaman hydrangea pilihan yang mencolok untuk lansekap atau penataan dalam karangan bunga.

10. Bluebells

bunga biru
Source : Pixabay

Berikutnya ada bunga Bluebells atau Hyacinthoides non-scripta. Ini adalah tanaman abadi berumbi. Spesies ini mendapatkan nama umumnya dari penampilan mekarnya yang seperti lonceng.

Bluebells memiliki batang tipis sekitar 20 inci yang menghasilkan rangkaian bunga berbentuk lonceng. Banyak orang melakukan perjalanan ke ladang bluebell di Inggris dan Spanyol utara untuk melihat bunga unik ini tumbuh liar di habitat aslinya.

Dalam bahasa bunga Victoria, bluebells melambangkan kerendahan hati, rasa terima kasih, dan cinta abadi. Saat ini, bunga ditanam terutama untuk keperluan hias. Namun, di masa lalu, orang menggunakan getah tanaman ini untuk mengikat buku atau merekatkan bulu pada anak panah.

Itulah 10 jenis bunga biru yang indah dan bermakna. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informas rumah dijual di Pasar Minggu dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download