BlogLifestyleHobiKenali Bunga Cempaka: Arti, Jenis dan 10 Manfaatnya
0
0

Kenali Bunga Cempaka: Arti, Jenis dan 10 Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cempaka umum diperjualbelikan dalam bentuk kuncup bunga dan seringkali laris saat menyambut perayaan Idul Fitri/ Idul Adha. Bunga ini dipergunakan untuk taburan di atas makan orang tersayang dan baunya cenderung wangi.

Bunga cempaka banyak ditemui pada acara adat atau pada Rumah Ekslusif. Ada juga yang memanfaatkan dengan mengambil minyak atsirinya. Tapi tahukah Pins bahwa bunga cempaka ini punya manfaat lainnya termasuk juga untuk kesehatan tubuh.

Arti dari Bunga Cempaka

makna bunga cempaka
Source : Pxhere

Saat belum mekar bunga cempaka dapat memberikan wangi yang luar biasa harumnya. Jadi tak jarang masyarakat mengaitkannya pada hal-hal yang mistis. Apalagi semenjak dipergunakan sebagai properti film horor. Pamor dari cempaka khususnya cempaka putih (kantil) ini menjadi negatif dan selalu terhubung dengan dunia gaib. Padahal secara makna bunga cempaka memiliki arti yang luar biasa dan sangat mendalam. 

Jika ditelaah satu persatu makna dari bunga ini bisa dimulai dari kelopak yang cempaka miliki. Kelopak cempaka yang memanjang berarti kepemimpinan untuk mengayomi masyarakat di bawahnya sedangkan keharumannya diartikan bahwa karakter pemimpin tersebut lebih menonjol dari lainnya 

Bunga sendiri lebih identik untuk wanita sehingga tidak heran bunga cempaka dipergunakan untuk lambang pemimpin wanita yang berkarakter tapi juga mengayomi masyarakatnya. Selain makna tersebut pada masyarakat Jawa bunga ini sebagai perlambang sebuah ikatan antara satu orang dan lainnya. 

Sehingga bukan suatu kebetulan bahwa masyarakat sering mempergunakan bunga pohon cempaka khususnya cempaka putih di acara pernikahan. Selain wangi juga sebuah perlambang bahwa sebuah ikatan harus selalu dijaga dan dirawat seumur hidup.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Biopori Serta Manfaatnya

Jenis-Jenis Cempaka

Tanaman cempaka umumnya bisa mencapai tinggi hingga 30 meter saat dewasa. Tanaman ini bisa berbunga dan dapat dipetik setelah setahun penanaman. Tentu saja dengan syarat kondisi media tanam dan pemupukan yang mencukupi. Berikut uraian dari 4 jenis bunga cempaka dari 50 jenis cempaka di seluruh dunia yaitu:

1. Cempak Putih

bunga cempaka putih
Source : Pxhere

Bunga ini memiliki nama latin Magnolia x alba. Pada masyarakat jawa disebut juga dengan bunga kantil, masyarakat Sunda memanggilnya dengan cempaka bodas, orang Madura memanggilnya dengan campaka dan banyak lagi nama lainnya di Indonesia. Berkarakteristik wangi dan berwarna kehijauan saat masih kuncup serta putih saat mekar. 

2. Cempaka Kuning

bunga cempaka kuning
Source : Pxhere

Dari semua jenis cempaka yang ada jenis cempaka yang berbunga kuning adalah yang paling wangi aromanya. Jenis ini juga disebut cempaka wangi. Flora ini dipergunakan sebagai flora identitas provinsi Aceh dan dikenal sebagai Bungöng Jeumpa Gadéng.

3. Cempaka Merah

bunga cempaka merah
Source : Wikimedia Commons

Tidak seperti dua cempaka sebelumnya, varietas cempaka merah tidak banyak ditemui. Bunga ini memiliki nama latin Magnolia liliiflora dan merupakan flora asli China Selatan. Magnolia liliiflora sendiri dalam perkembangannya juga dibudidaya di seluruh dataran China dan Jepang.

Bunga ini disebut juga sebagai red Magnolia dan mempunyai karakteristik yang sangat khas. Pins, bunga ini hanya bisa menikmati mekar sempurna selama 2 jam saja setelah itu warna bunganya akan berubah menjadi kuning keputihan.

4. Cempaka Ungu

bunga cempaka ungu
Source : Pxhere

Jenis Magnolia yang satu ini sangat mudah untuk ditanam dan beradaptasi tapi tentu saja tanaman ini sangat ideal ditanam di dataran tinggi dengan suhu 20°C-26°C. Jenis cempaka ungu juga bisa diadu wanginya dengan cempaka kuning. Purple Magnolia ini akan mekar pada awal musim penghujan. 

Baca juga:

Manfaat Cempaka untuk Sehari-hari

kelopak bunga cempaka
Source : Pxhere

Secara statistik, di Indonesia bunga cempaka bisa hidup di seluruh wilayah Indonesia. Bunga Magnolia ternyata merupakan salah satu herbal yang sangat bagus untuk kesehatan. 

1. Detox Racun dalam Tubuh

Bunga Magnolia ini mengandung zat liriodenine dan alkaloid mikelarbina yang merupakan zat diuretik yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun melalui urin. Dapat dikonsumsi melalui air rebusannya.

2. Mengobati Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak sangat tidak nyaman, untung ada herbal alami yaitu bunga Magnolia. Bunga ini memiliki kandungan anti bakteri yang bisa mengurangi bengkak pada gusi tersebut.

3. Mengatasi Batuk Berdahak

Zat liriodenine dan alkaloid mikelarbina juga bersifat ekspektoran sehingga sangat cocok sebagai pengencer dahak. Senyawa ini paling banyak ditemukan di bagian daun dari pohon cempaka

4. Melawan Bau Badan

Bau badan sebenarnya dipengaruhi oleh bakteri pada tubuh. Nah Pins yang mengalaminya bisa mencoba tips berikut yaitu dengan memanfaatkan bunga Magnolia khususnya cempaka kuning. Salah satu caranya dengan meminum rebusan bunga Magnolia atau dipergunakan untuk mandi. 

5. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung bisa diatasi dengan meminum rebusan cempaka beserta kapulaga, jahe dan juga kulit jeruk. Minuman ini bisa dikonsumsi dalam kondisi hangat.

6. Mengatasi Keputihan

Tidak hanya batuk dan juga bau badan, kandungan antibakterinya juga bisa meredakan keputihan yang kerap menyerang wanita. Minum air rebusannya secara teratur untuk mengurangi dan mengatasi keputihan tersebut.

7. Mengobati Vertigo

Untuk vertigo, konsumsi rutin 5 kuncup cempaka kering yang direbus selama 10 menit kemudian diminum hangat-hangat kuku.

8. Meredakan cemas dan gelisah

Bagi Pins yang sedang terserang cemas dan gelisah bisa juga mengkonsumsi ekstrak bunga Magnolia. Alternatif lainnya dengan cara menghirup keharuman dari bunga ini.

9. Menjaga kadar dari Gula Darah

Pada penelitian lainnya dalam bunga cempaka juga terdapat zat yang bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Tentu saja perubahan pola hidup dan pola makan juga bisa membantu menyeimbangkan gula darah.

10. Meringankan Gejala Menopause

Gejala menopause biasanya terasa sangat mengganggu bagi sebagian wanita. Untuk sedikit meringankannya bisa mengkonsumsi ekstrak bunga Magnolia dengan campuran kacang kedelai.

Bunga cempaka tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk acara pernikahan, pemakaman atau bunga hiasan taman. Pins bisa mengkonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat di atas. Konsumsi secara bijak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download