BlogLifestyleHobi5 Arti dari Bunga Gardenia dan Cara Merawatnya
0
0

5 Arti dari Bunga Gardenia dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga gardenia di Indonesia lebih sering disebut dengan kaca piring. Dulunya bunga ini sering dijadikan pembawa pesan kepada seseorang. Tanamannya juga difungsikan sebagai tanaman hias di perumahan.

Bila Pins tinggal di perumahan di Bekasi seperti Mutiara Gading City mungkin akan menemukan tanaman ini. Jika iklan jual rumah dengan gardenia menghiasi halaman rumah tak jarang menarik hati karena rupanya yang mempesona.

Asal Usul Bunga Gardenia

bunga gardenia dengan tangkainya
Source : Pixabay

Tanaman ini berasal dari Jepang dan Cina, kini bunga ini banyak ditemukan di Bali. Tanamannya bisa tumbuh hingga satu meter dengan daun yang berbentuk lonjong dan mengkilap mengitari kelompok bunga. Bunganya berwarna putih mirip sekali dengan mawar putih dengan tajuk melingkar.

Nama lain dari bunga ini antara lain Gardenia Grandiflora Lour, Gardenia Jasminoides Ellis, Gardenia Angustifolia Lodd, dan Gardenia Longisepala. Varietasnya sangat banyak yang bisa dibedakan dari kelopak, ukuran hingga bunganya seperti berikut:

  • Aimee merupakan bunga ganda berukuran besar yang mencapai 4-5 inci. Dalam setahun bunganya bisa mekar beberapa kali
  • Button mempunyai batang berukuran kerdil dan bunganya berbentuk semi ganda
  • Crown jewel memiliki bunga yang menyebar dengan ukuran ganda
  • Fortuneana memiliki kelopak ganda berukuran empat inci dan sering disebut sebagai camelia karena bentuk dan ukurannya sama

Khasiat bunga ini bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali. Tanamannya berkhasiat mengobati masalah mulut, melancarkan pencernaan, menurunkan demam, mengatasi masalah kulit hingga mengobati diabetes melitus.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hoya yang Semerbak Ketika Berbunga

Arti dari Bunga Gardenia

Source : Pixabay

Warnanya putih cerah dengan aroma yang manis. Makna dibalik gardenia sendiri beragam dan masih bagian dari keluarga tanaman kopi. Adapun artinya adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan

Gardenia memiliki arti perlindungan karena wangi alami yang dihasilkannya mampu mengusir serangga. Masyarakat Aceh mengenalnya sebagai meulu bruek dan raja puteh. Sementara masyarakat Jawa melabeli bunga ini sebagai cepiring, ceplok piring dan warga Bali memanggilnya jempiring. Bunga ini juga dijadikan maskot kota Denpasar dan pelengkap dalam upacara agama Hindu.

2. Persahabatan

Keindahan bunga ini juga memukau banyak bangsawan di Eropa. Misalnya zaman Victoria, menganggap bunga ini sebagai simbol persahabatan yang bertahan lama. Gardenia dianggap sebagai harapan sekaligus refleksi diri dan memperbarui. Bagi masyarakat Cina dan Jepang menggambarnya bunga ini sebagai dunia yang lebih luas.

3. Kebebasan

Daun bunga ini mengkilap dan berlilin yang melambangkan kejelasan serta refleksi diri. Dalam numerologi gardenia sendiri mempunyai angka 8 yang bermakna kebebasan sekaligus visi dan ekspansif.

4. Yang Terindah

Dahulunya, orang-orang akan menggunakan bunga gardenia untuk menyampaikan pesan romantis. Khususnya bagi kekasih, keluarga hingga teman yang mengisyaratkan kau yang terindah. Tak heran setiap hari kasih sayang banyak buket bunga menggunakan gardenia dalam rangkaiannya.

5. Kemurnian

Makna terakhir dari bunga ini adalah kemurnian karena warna putihnya yang bersih. Apabila muncul semburat kuning pada pusatnya maka maknanya bisa berubah menjadi cinta rahasia. Secara umum makna dari bunga ini adalah mimpi, kepercayaan dan kejelasan.

Meskipun memiliki banyak makna baik namun ada mitos pula yang berkembang di masyarakat terkait bunga ini. Kabarnya wangi semerbak dari gardenia bisa mengundang makhluk halus. Konon bunga ini juga dipercaya dapat mengusir rezeki sementara bunganya yang bergetah putih bisa membawa energi negatif.

Entah benar atau tidaknya tergantung perspektif masing-masing. Pins bisa menganggapnya sebagai makna positif maupun berdampak negatif.

Langkah Menanam Gardenia

tanaman bunga gardenia
Source : Pixabay

Jika Pins masih awam dalam budidaya gardenia bisa mengikuti langkah di bawah ini agar bisa tumbuh subur.

  1. Siapkan bibitnya lalu siram dulu media tanamnya agar tanah bisa lembab sehingga mudah penanamannya
  2. Campurkan pupuk kompos atau lumut gambut pada tanah untuk memperbaiki drainase demi memenuhi kebutuhan nutrisi. Idealnya tanaman ini akan tumbuh subur pada pH 5-6
  3. Gali lubang di tanah berukuran gumpalan akar lalu masukan bibit dengan hati-hati. Siram kembali tanaman agar tanahnya padat dan berdiri tegak.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Tanaman Tanduk Rusa dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Bunga Gardenia

bunga gardenia kena sinar matahari
Source : Pixabay

Pada dasarnya merawat bunga ini sama dengan tanaman lainnya. Gardenia menyukai tanah yang lembab sehingga perlu disiram teratur khususnya ketika musim kemarau. Beri pemupukan setidaknya dua kali dalam setahun dan gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Pangkas bunganya yang telah layu dan daun atau ranting yang mati. Tujuannya mencegah masa pertumbuhan tanamannya terganggu. Gardenia rentan terkena serangan hama seperti kutu putih, lalat putih dan lainnya. Pins bisa memakai insektisida untuk menanggulangi hama tersebut.

Baca juga: Mengenal Ciri Tanaman Pachira Aquatica dan Cara Merawatnya

Kesimpulan

mekarnya bunga gardenia
Source : Pixabay

Masyarakat Indonesia memanggil bunga ini dengan beragam nama salah satunya cepiring, kacapiring dan lainnya. Jenisnya banyak sekali dibedakan dari ukuran bunga dan batang gardenia. Khasiat tanaman ini tidak hanya dari bunganya saja namun juga daunnya yang memiliki manfaat sebagai obat kulit, diabetes melitus bahkan melancarkan pencernaan.

Makna dari bunga ini sendiri adalah perlindungan karena bisa mengusir serangga. Ada pula yang memaknai bunganya sebagai persahabatan dan kebebasan. Dulunya bunga ini digunakan untuk menyampaikan pesan kau yang terindah.

Tak heran kekasih, keluarga atau teman dekat sering memberikan bunga gardenia di momen tertentu. Makna lainnya antara lain kemurnian hingga kebebasan.

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download