BlogLifestyleHobiMengenal 5 Jenis Bunga Sepatu dan Fakta Uniknya
0
0

Mengenal 5 Jenis Bunga Sepatu dan Fakta Uniknya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keuntungan memiliki rumah di Bogor adalah udaranya yang sejuk sangat pas untuk menanam bunga kembang sepatu. Dengan Pengajuan KPR dan menggunakan PinValue, Pins bisa mendapatkan hunian idaman di Bogor seperti Puri Tenjo, Pesona Ciputih dan lainnya.

Bunga kembang sepatu bisa menjadi daya tarik halaman rumahmu. Bunganya menonjol dengan warna cerah seperti merah, pink, kuning dan lainnya. Yuk simak manfaat bunga sepatu, jenis dan fakta uniknya di bawah ini! 

Bagian Bunga Kembang Sepatu

Bagian dari bunga kembang sepatu
Source : Pixabay

Bagian-bagian bunga kembang sepatu tergolong unik karena terdiri atas kepala putik, bakal biji bunga, tangkai, benang sari, mahkota, kelopak, indung telur dan daun tanamannya.

Dalam mahkota bunga terdapat madu yang sering menjadi pemikat serangga untuk hinggap dan membantu penyerbukan. Daun tanamannya sendiri berbentuk runcing di bagian pangkal. Warnanya hijau mengkilap dengan ukuran 10-16 cm dan lebar sekitar 5-11 cm.

Daun kelopak umumnya memiliki 5 kelopak lebar dengan warna cerah. Macam warna bunganya ada merah putih, kuning, putih bahkan kombinasi kedua warna tergantung jenis bunga sepatunya.

Baca juga:

5 Jenis Bunga Sepatu

jenis bunga kembang sepatu
Source : Pixabay

Bentuk bunganya seperti terompet berukuran besar dan berasal dari China. Pemberian nama sepatu sendiri karena dulunya kelopak bunga ini dipakai untuk memoles sepatu. 

Ada banyak jenis bunga sepatu namun yang paling umum ditemukan di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kembang Sepatu Amerika

Warga Amerika menyebut bunga ini sebagai rose mallows yang ada 35 spesies dalam jenisnya. Bunga ini sering tumbuh di kawasan Florida, Amerika bagian tengah. Tinggi bunganya bahkan mampu mencapai 1-2.5 meter dan biasa tumbuh di kawasan rawa.

2. Hibiscus Cannabinus

Nama lain dari bunga ini adalah kenaf karena bagian batangnya sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kertas kenaf. Jenisnya bervariasi ada warna merah muda, putih dan merah.

3. Hibiscus Rosa-Sinensis

Penamaan bunga sepatu ini diambil dari rona warnanya yang menyerupai bunga mawar. Hibiscus Rosa-Sinensis juga sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Warnanya merah merona dengan bagian putik berwarna kuning.

4. Hibiscus Genevii

Variasi warna bunga Hibiscus Genevii terbagi atas dua jenis yakni merah muda dan ungu muda. Jenis bunga sepatu ini bahkan bisa tumbuh hingga 5 meter dan dulunya hampir terancam punah. Untungnya pada 1968 jenis bunga ini dapat ditemukan kembali dan bertahan hingga kini.

5. Bunga Sepatu Tahunan

Walaupun namanya bunga sepatu tahunan namun jenisnya tidak benar-benar tumbuh tahunan. Jenis bunga ini tumbuh di iklim yang hangat atau menjelang musim semi hingga musim panas.

Fakta Unik Bunga Sepatu

fakta bunga kembang sepatu
Source : Pixabay

Setelah memahami bagian bunga kembang sepatu kini saatnya mengetahui manfaat bunga kembang sepatu sekaligus fakta unik lainnya yang dimiliki. Pins bisa menyimak fakta terkait bunga sepatu dalam poin berikut:

1. Teh Herbal yang Berkhasiat

Bunga sepatu ternyata bisa Pins olah menjadi teh herbal dengan rasa yang asam. Manfaat mengkonsumsinya secara rutin bagi kesehatan antara lain mampu mengontrol tekanan darah dan kolesterol. 

Teh herbal ini juga mampu mengurangi kecemasan, gangguan pencernaan hingga hipertensi. Ekstrak bunga sepatu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mempercepat metabolisme tubuh.

Dalam mengolahnya sebagai teh cukup seduh bunga sepatu kering dengan air panas. Tambahkan pemanis seperti gula maupun madu untuk mengurangi keasamannya.

2. Bunga Kebangsaan Malaysia

Fakta menarik lainnya adalah Malaysia telah mendeklarasikannya sebagai bunga kebangsaan sejak 1960. Kelopak bunganya  yang berwarna merah melambangkan keberanian.

Lima kelopaknya juga dilambangkan sebagai rukun negara yang merupakan asas negara Malaysia. Warga Malaysia sering menyebut bunga ini sebagai Hibiscus Rosa Sinensis atau bunga raya.

Beberapa negara seperti China bahkan menggunakan ekstrak bunga ini sebagai riasan untuk alis dan rambut. Sedangkan wanita di Hawaii dan Tahiti memakainya sebagai tanda bahwa mereka lajang dan siap menikah.

3. Tanda Menerima dan Menolak Cinta

Tahiti dan Hawai memiliki cara unik untuk menerima dan menolak cinta. Jika seseorang menerima cinta seseorang maka ia akan menyelipkan bunga sepatu di telinga kanan mereka.

Sebelumnya laki-laki akan mendatangi wanita sambil memberikan bunga. Saat menolak laki-laki tersebut maka bunga yang diberikan akan diselipkan ke belakang telinga kiri.

4. Makna Kesempurnaan Wanita

Warga Amerika Utara menganggap wanita atau istri yang sempurna seperti bunga sepatu. Bunga ini simbolis dari feminim dan pada zaman Victoria bahkan digunakan sebagai tanda pujian secara tidak langsung akan kecantikan seorang perempuan. Tak heran pamor bunga ini tak pernah redup walau sudah berganti zaman.

5. Campuran Makanan dan Pewarna Alami

Bagi orang Polinesia saat membuat rok perlu memakai serat dari bunga sepatu. Warnanya yang cerah kerap kali digunakan sebagai pewarna makanan. Terlebih kandungan asam dan vitamin C dalam bunga cukup tinggi sehingga cocok untuk salad atau sup.

Perawatan bunga kembang sepatu juga tidak sulit. Pins bisa menanamnya dalam pot dengan drainase yang bagus. Bila bunga sudah tumbuh sehat dapat pula dipindahkan ke media tanah.

Tanaman bunga kembang sepatu bisa cepat berbunga bila disiram setiap hari. Atur pertumbuhan batangnya agar tidak meranggas ke sembarang tempat.

Baca juga: 6 Jenis Bunga Aster, Manfaat dan Fakta Menarik Lainnya

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Crown Regency dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download