BlogLifestyleHobi11 Jenis Bunga Lily dan Masing-Masing Maknanya
0
0

11 Jenis Bunga Lily dan Masing-Masing Maknanya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga lily menjadi salah satu tanaman yang difavoritkan untuk menghiasi halaman rumah. Pins bisa menggunakan bunga lili ini sebagai penambah daya tarik hunian agar rumah terlihat lebih asri di tengah padatnya kota industri.

Pins juga bisa menggunakan lahan sempit di depan rumah sebagai area berkebun seperti di Crown Regency, Kronjo Regency ataupun aneka properti yang dijadikan lahan Titip Jual Sewa Rumah. Lalu apa saja jenis bunga lili dan makna bunga lily ini menurut berbagai negara? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Lily Putih

bunga lily putih
Source : Pixabay

Jenis bunga lily ini sesuai namanya memiliki warna putih yang lembut. Nama lainnya adalah Madonna Lily. Bagi bangsa Romawi lily putih sering dimanfaatkan sebagai obat bisul dan melembutkan kulit kaki.

Bagi warga Mesir, bunga ini juga ampuh mengobati luka bakar dan peradangan. Caranya dengan menempelkan daunnya pada kulit yang rusak untuk menyembuhkan luka.

Lily putih identik dengan kesucian, kemuliaan bahkan kelahiran kembali. Tak heran bila bunga ini sering pula sebagai dekorasi pernikahan sebagai ungkapan rasa sayang yang tulus kepada seseorang.

2. Lily Kuning

Lily kuning
Shutterstock

Bunga lili kuning melambangkan rasa senang atau kebahagiaan. Warnanya cerah dan memberikan kesan keceriaan. Bunga ini sering menjadi tanda persahabatan dan wujud rasa bahagia dalam acara khusus.

Bunga ini bisa pula diberikan kepada pasangan namun sebaiknya tidak disusun banyak dalam buket. Bila menjadikannya buket dengan total bunga lili kuning lebih dari 10 tangkai dapat dianggap sebagai kepalsuan.

Baca juga: Catat! 8 Fakta Menarik dan Makna Bunga Daisy

3. Lily Orange

bunga lily orange
Source : Pixabay

Warna lily orange ternyata memiliki makna negatif berbeda dengan jenis bunga lili lainnya. Padahal warna orange mempunyai makna bersemangat, ceria, optimis namun makna bunga lily orange malah sebaliknya.

Makna bunga lily orange ini justru negatif yakni kebencian pada orang lain, kesombongan hingga kecemburuan. Tak heran bila sedikit orang yang menggunakannya sebagai hadiah kepada seseorang.

4. Lily Biru

blue lily
Source : Shutterstock

Lily biru sebenarnya buka dalam genus lily (lilium), meskipun begitu mengingatkan pada bunga lili karena bentuknya yang serupa. Maknanya sendiri adalah dedikasi pada iman kepercayaan yang kekuatannya lebih tinggi.

Lily biru melambangkan kesadaran spiritual, kesetiaan dan kepercayaan. Menanamnya di halaman rumah pasti meningkatkan daya tarik hunian karena bunganya yang kontras. Makna bunga lily bisa berupa penghargaan yang indah khususnya dalam membina hubungan dan persahabatan jangka panjang.

5. Casablanca Lily

Casablanca Lily
Source : Pixabay

Warna bunga ini adalah putih susu dan menghadap ke luar. Bentuknya seperti mangkuk dan kelopak melengkung. Pada bagian kepala sari berwarna merah-orange yang sangat kontras dengan kelopaknya.

Casablanca Lily menghasilkan 6-8 bunga per batangnya dengan bau yang harum. Makna dari Casablanca Lily adalah kegembiraan dan kehidupan. Bunga ini sangat populer sebab sering dijadikan simbol perayaan dan dekorasi dalam acara pernikahan.

6. Calla Lily

calla lily
Source : Shutterstock

Calla lily berasal dari Afrika Selatan dengan bunganya berbentuk corong. Bunga ini dapat tumbuh di luar ruangan selama musim panas dan bisa mekar dalam ruangan sepanjang tahun.

Makna Calla lily adalah simbol cinta dan dulu sering menjadi tanda perayaan pernikahan ke-6. Tak jarang bunga ini sering digunakan dalam pemakaman sebagai pesan terakhir dari keluarga atau teman yang ditinggalkan. Warna bunga Calla ada yang merah, kuning hingga merah muda.

Baca juga: Yuk Mengenal Bunga Dahlia: Arti, Jenis dan Cara Menanamnya

7. Peace Lily

bunga lily peace
Source : Pxhere

Peace lily sering digunakan sebagai pajangan kantor karena mudah dirawat dan cocok untuk tanaman dalam ruangan. Dalam perawatannya cukup disiram seminggu sekali. Peace lily memiliki makna sebagai kedamaian dan ketenangan. Peace lily juga menjadi simbol pembaruan jiwa dan simpati sehingga sering digunakan pada pernikahan dan pemakaman.

8. Lily Ungu

bunga lily ungu
Source : Pixabay

Bunga lili ungu memang sangat menarik dengan warnanya yang unik. Arti dari bunga lili ungu adalah menyiratkan kesuksesan, kehormatan, harga diri dan kebanggaan. Umumnya bunga ini diberikan kepada rekan bisnis atau kepada orang yang dituakan sebagai bentuk rasa hormat. Pins bisa memberikannya kepada orang tua, nenek dan rekan kerja agar harapannya bisa mencapai kesuksesan.

9. Lily Hijau

lily hijau
Source : Shutterstock

Jenis bunga ini tidak umum dijumpai namun menyiratkan harapan dan keberuntungan. Beberapa negara menjadikan bunga ini sebagai simbol kehidupan. 

Baca juga: 11 Manfaat Bunga Lavender untuk Tubuh dan Keseharian

10. Lily Merah

bunga lily merah
Source : Pixabay

Bunga lily merah mengandung makna kemakmuran dan kekayaan yang melimpah. Cocok sekali sebagai hadiah dalam pembukaan suatu usaha agar mampu mencapai kekayaan ataupun kemakmuran dalam bisnisnya.

Warna bunga ini juga menyiratkan kekuatan serta energi yang besar. Warnanya yang cerah mampu meningkatkan mood dan interior ruangan.

11. Lily Pink

bunga lily pink
Source : Pixabay

Lily pink melambangkan sebuah kekaguman dari seseorang kepada orang lain. Warna bunga ini bisa pula menyimbolkan rasa cinta sehingga sering digunakan oleh pasangan untuk mengungkapkan rasa cinta.

Makna lainnya dari bunga lily ini adalah mencerminkan feminitas atau sisi kewanitaan dari seseorang. Lily pink juga cocok dikombinasikan dengan bunga lainnya.

Berdasarkan mitologi Yunani Kuno menyatakan bunga ini sebagai ratu taman oleh para pecinta bunga. Selain itu bunga ini digambarkan sebagai susu yang ditumpahkan oleh Dewi Hera ke bumi.

Konon katanya Dewi Hera sedang menyusui putranya yakni Hercules dan tidak sengaja menumpahkan air susunya ke bumi. Alhasil lahirlah bunga lily ini ke dunia namun dibalik itu semua tidak bisa disangkal bahwa bunga ini sangat indah dan mempunyai makna mendalam.

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download