BlogLifestyleHobi10 Fakta dan Makna dari Bunga Morning Glory
0
0

10 Fakta dan Makna dari Bunga Morning Glory

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
bunga morning glorytop-right-banner

Morning glory merupakan salah satu tanaman rambat yang mempunyai bentuk bunga yang menyerupai terompet. Bunga yang satu ini termasuk ke dalam famili Convolvulaceae. Bunga ini juga mempunyai variasi warna dan pola lebih dari 1000 jenis di seluruh dunia. Biasanya, tanaman yang satu ini ditanam  sebagai tanaman hias di berbagai negara.

Bunga morning glory mempunyai makna yang tersirat berdasarkan bentuk, nama, warna, dan kemunculannya. Lalu, apa arti bunga morning glory? Morning glory,  Morning berarti pagi dan Glody dapat dimaknai sebuah keagunan atau kemuliaan. Morning glory mempunyai arti pagi yang mulia sebagai anugerah atas keagunan Tuhan pemilik alam semesta. Ada juga yang memaknai Morning Glory sebagai janji yang akan dipegang teguh.

Jika dilihat secara sekilas, bunga ini mempunyai bentuk dan motif yang mirip dengan bunga yang tumbuh pada tanaman kangkung. Hal ini disebabkan tanaman kangkun atau Ipomoea Aquatic, memang masih termasuk ke dalam keluarga dari tanaman hias yang satu ini. Tanaman morning glory termasuk kedalam tanaman yang tumbuh menjalar yang bisa mencapai tinggi 3-4 meter.

Banyak hunian cantik dengan warna cantik yang memikat hati seperti bunga morning glory. Pins bisa mencarinya di Kronjo Regency atau perumahan di Tangerang Selatan lainnya seperti Bali Resort Tangerang.

Baca juga:

10 Fakta Bunga Morning Glory

bunga morning glory
Source : Pixabay

Morning glory merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat terkenal pada kalangan para pencinta tanaman hias. Walaupun begitu, ternyata masih banyak juga masyarakat yang belum pernah melihat bahkan tidak mengetahui tanaman yang satu ini. Padahal bentuk asli dari tanaman ini sangat cantik dan dapat membuat orang terpesona ketika memandangnya.

Awal mulanya tanaman yang satu ini dikenal di negara China. Lalu pada abad ke sembilan, tanaman ini mulai dikenalkan di negar sakura Jepang dan dijadikan sebagai tanaman hias yang menawan dan begitu menarik. Pada saat di Jepang, tanaman ini dikembangbiakkan menjadi ratusan warna yang menarik dan indah.

Bunga morning glory biasa tumbuh pada daerah pertanian, tanaman pembibitan dan ladang kosong. Tanaman ini juga bisa kamu temukan di sepanjang sisi jalan, area yang tidak terdapat tanaman dan di semak-semak. Morning glory dapat tumbuh dengan baik ditanah kering, lembang, tanah lempung atau berpasir.

Nah, Bicara soal bunga morning glory, kamu tahu ga sih, bahwa tanaman ini mempunyai beberapa fakta menarik yang mungkin bisa saja membuat kamu kaget. Jadi buat kamu yang penasaran akan fakta-fakta dari bunga morning glory, kamu bisa simak baik-baik penjelasan dibawah ini ya!

1. Berbentuk Terompet

Tidak hanya warnanya yang beraneka ragam, bunga yang satu ini juga mempunyai bentuk yang unik yaitu terlihat seperti terompet. Bunga ini tumbuh secara bergerombol sehingga terlihat lebih meriah dan ramai.

2. Mempunyai Banyak Warna

Tanaman yang satu ini juga mempunyai banyak warna, mulai dari ungu muda, merah muda, hingga ada yang berwarna ungu tua. Hal ini tergantung dengan usia bunganya.

3. Mempunyai Aroma Harum

Menurut beberapa ahli biologi tanaman dan jamur, Keith Clay, ketua Departemen Ekologi dan Biologi Evolusi Tulane menuturkan bahwa bunga ini dapat mengeluarkan aroma yang harum ketika bunga ini bermekaran. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan jernih.

4. Bunga yang Unik

Terdapat hal unik yang dipunyai tanaman ini, karena kamu dapat menyaksikan tanaman ini saat pagi hari ketika matahari mulai bersinar. Bunga ini hanya dapat mekar pada saat pagi hari mulai dari pukul 05.00 dan akan mekar dengan sempurna ketika pukul 07.00. Menarik bukan?

5. Mekar Secara Silih Berganti

Bunga morning glory memancarkan pesonanya tidak terlalu lama dan setelah beberapa menit setelahnya bunga ini akan layu bahkan dapat mati. Bunga ini akan mekar secara bergantian dengan bakal bunga yang baru setiap harinya.

6. Tumbuhan Annual

Bunga yang satu ini termasuk ke dalam kategori tumbuhan annual, artinya jenis tumbuhan yang mempunyai umur pendek, umurnya hanya bisa mencapai 1 tahun saja kurang lebih.

7. Sensitif Pada Cuaca

Tanaman yang satu ini lebih menyukai lingkungan yang mendapatkan paparan sinar matahari secara penuh. Tanaman ini juga terbilang sangat sensitif terhadap cuaca yang dingin.

8. Mempunyai Sifat Ganda

Sifat ganda disini diartikan sebagai mempunyai 2 manfaat. Pertaman, tentunya bunga ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahan dari warna dan bentuknya. Tetapi, bunga ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional bagi masyarakat China. Bunga yang satu ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

9. Mempunyai Biji yang Beracun

Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang mempunyai biji. Bijinya inilah yang mengandung racun berbahaya. Biji tanaman morning glory yang masuk kedalam tubuh manusia dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti berhalusinasi dan diare. Oleh karena itu, morning glory menjadi tanaman yang tidak boleh berada di dalam rumah.

10. Lambang dari Cinta yang Tak Terbalas

Pada umumnya, bunga yang satu ini dikenal sebagai lambang dari kasih sayang, cinta yang tak terbalas, atau juga kefanaan. Oleh karena itu, wanita pada zaman Victoria biasanya akan memberikan bunga ini kepada pelamar sebagai tanda bahwa mereka telah memilih orang lain.

Baca juga: 

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Taman Ciantra dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download