BlogLifestyleHobiMengenal 10 Fakta dan Arti dari Bunga Wisteria
0
0

Mengenal 10 Fakta dan Arti dari Bunga Wisteria

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Agu 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Wisteria merupakan bunga yang indah.top-right-banner

Selain Sakura, terdapat tumbuhan hias lain yang berasal dari Jepang, yaitu bunga Wisteria. Bunga Fuji, begitu pula sebutannya, memiliki kecantikan yang memukau karena warna kelopaknya yang beragam.

Wisteria adalah salah satu jenis tanaman berbunga yang termasuk dalam famili Fabaceae. Tanaman ini masuk dalam genus Wisteria dan memiliki nama ilmiah W. floribunda.

Selain bunga Fuji, genus Wisteria juga mencakup 10 spesies lain yang berhasil ditemukan oleh para ahli dari berbagai belahan dunia, termasuk Wisteria Cina (W. sinensis). Dengan keindahannya, bunga ini sangat bagus jika ditanam di halaman rumah eksklusif misalnya saja di perumahan di Depok.

Alternatifnya adalah rumah bekas di Kab Bogor Timur, dimana Kamu dapat melihat banyak iklan jual rumah tanpa perantara dengan mengunjungi PinValue. Melalui Pinhome, Kamu juga akan mendapat informasi terkait pengajuan KPR maupun Simulasi KPR di Intan Residence.

Baca juga: 23 Jenis Bunga Terindah di Dunia yang Mampu Membuatmu Jatuh Cinta

Morfologi dan Ciri-Ciri Bunga Wisteria

Bunga Wisteria memiliki tampilan yang indah.
Source : Freepik

Wisteria adalah jenis tanaman merambat berkayu yang melilit pada dedaunan. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan panjang 2–9 meter, tetapi terkadang dapat mencapai lebih dari 30 meter.

Batangnya terlihat ramping dengan warna cokelat, serta memiliki banyak bulu saat masih muda. Namun, bulu-bulu tersebut akan rontok ketika tanaman dewasa, dan diameternya bisa mencapai 38 cm.

Daun Wisteria berukuran sekitar 20–30 cm, berbentuk majemuk, dan terdiri dari 13–17 helai selebaran. Bentuknya menyerupai telur dengan tepi bergerigi dan ujung yang meruncing.

Sementara itu, bunga Wisteria tidak hanya hadir dalam warna ungu cerah. Beberapa tanaman juga memiliki corak warna menarik seperti putih, merah muda, dan bahkan kebiruan.

Bunga ini biasanya muncul dalam tandan. Panjang tandan tersebut berkisar antara 30–91 cm, dengan ukuran bunga sekitar 1,5–1,7 cm, dan tangkai bunga berukuran antara 1,5–1,8 cm.

Buah Wisteria berbentuk polong dan mengandung zat beracun. Permukaan kulit buahnya berbulu seperti beludru. Panjang biji buah mencapai 11–19 cm, dan di dalamnya terdapat biji bulat pipih sebanyak 3–6 buah.

Baca juga: Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah dan Sederhana

Fakta dan Arti Bunga Wisteria

Bunga Wisteria cocok ditanam di halaman rumah.
Source : Freepik

Di balik kecantikannya, terdapat fakta menarik dan makna simbolis yang tersembunyi dari bunga Wisteria. Berikut adalah 10 poin diantaranya:

1. Asal Usul Nama “Fuji”

Fakta bunga Wisteria yang pertama adalah sering kali disebut sebagai bunga Fuji karena kesamaannya dengan gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fuji. Nama “Fuji” sendiri berarti “tidak layu” dalam bahasa Jepang, menggambarkan daya tahan dan keindahan bunga ini.

2. Tanaman Merambat yang Eksotis

Wisteria adalah tanaman merambat yang dapat tumbuh dengan kokoh pada dinding, pagar, atau bahkan pohon lain. Pohon yang dipenuhi dengan bunga ini dalam mekar adalah pemandangan yang sangat memesona.

3. Beragam Warna Kelopak

Salah satu daya tarik utama bunga Wisteria adalah warna kelopaknya yang beragam. Bunga ini hadir dalam berbagai nuansa, termasuk ungu, biru, merah muda, dan putih. Kecantikan warnanya menjadikan Wisteria sebagai pilihan populer bagi para penggemar taman.

4. Simbol Cinta dan Persahabatan

Wisteria memiliki makna simbolis yang kuat. Bunga ini melambangkan cinta, persahabatan, kesuburan, dan kerendahan hati.

Bunga yang satu ini sering diberikan sebagai hadiah untuk menyatakan rasa cinta atau mengungkapkan rasa terima kasih kepada teman-teman terdekat. Hal itu karena arti bunga Wisteria yang dalam.

5. Aroma yang Menenangkan

Selain kecantikan visualnya, Wisteria juga mengeluarkan aroma yang menenangkan. Ketika mekar, bau harumnya mampu menyegarkan udara di sekitarnya dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

6. Habitat Asli di Asia Timur

Wisteria berasal dari Asia Timur, termasuk Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Tanaman ini sangat populer di Jepang dan sering dijadikan elemen penting dalam desain taman tradisional Jepang.

7. Penggunaan dalam Seni dan Budaya

Bunga Wisteria memiliki cara perawatan tersendiri.
Source : Freepik

Bunga Wisteria sering diabadikan dalam seni tradisional Jepang seperti lukisan, ukiran kayu, dan keramik. Keindahan bunga ini juga menjadi inspirasi bagi seniman dan penyair untuk menciptakan karya-karya yang indah.

8. Perayaan Hanami

Di Jepang, musim Wisteria adalah waktu yang dinantikan untuk merayakan hanami, yaitu tradisi menikmati indahnya bunga-bunga mekar sambil berpiknik di bawah pohon bunga. Hanami Wisteria adalah momen istimewa di mana orang berkumpul untuk menikmati keindahan Wisteria yang sedang mekar.

9. Bunga Nasional Jepang

Meskipun Sakura (bunga cherry) adalah bunga nasional Jepang yang paling terkenal, bunga Wisteria juga dianggap sebagai salah satu simbol alam negara tersebut. Keindahannya dan perannya dalam seni dan budaya membuatnya menjadi bunga yang dihargai dan diakui oleh masyarakat Jepang.

10. Perhatikan Amanah dalam Budidaya

Jika Kamu tertarik untuk menanam bunga Wisteria di kebun, perlu diperhatikan bahwa tanaman ini membutuhkan perawatan yang baik. Wisteria akan berbunga indah jika mendapatkan sinar matahari yang cukup, tanah yang subur, dan perawatan yang teratur.

Dengan daya tarik estetika dan makna simbolisnya, bunga Wisteria telah menarik perhatian orang selama berabad-abad. Tanaman yang merambat dengan indah ini memberikan keindahan alam dan keharmonisan bagi banyak orang.

Sebagai ikon dari Jepang, Wisteria akan terus menginspirasi seni, budaya, dan kecintaan terhadap keindahan alam yang abadi. Jadi jika Kamu ingin menanam bunga ini, pastikan memahami apa saja yang diperlukan.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download