BlogLifestyleCandi Badut Malang, Sejarah, Foto, dan Rute Menuju Lokasi
0
0

Candi Badut Malang, Sejarah, Foto, dan Rute Menuju Lokasi

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 30, 2022

3 menit membaca

Copied to clipboard
Candi Badut Malangtop-right-banner

Destinasi wisata Malang yang satu ini sangat unik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, harus melalui gang kecil yang berbeda jauh dari lokasi situs peninggalan kerajaan pada umumnya. Candi Badut ini tepatnya berada di desa Karang Besuki, Malang. Meski begitu, luas arealnya cukup melegakan, yakni sekitar 2800m2. Candi ini dapat ditempuh dalam waktu tidak sampai 20 menit dari arah kota. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk secara spesifik namun dapat memberikan secara sukarela.

Baca Juga: Taman Selecta Malang

Sejarah Candi Badut

Candi Badut

Candi Badut diyakini sebagai salah satu candi tertua di Nusantara. Menurut catatan sejarah, diperkirakan dibangun oleh Kerajaan Kanjuruhan yang kala itu memiliki pusat pemerintahan di kawasan yang saat ini dikenal sebagai daerah Dinoyo. Namun, asal usulnya sendiri masih sering diperdebatkan.

Berhubung belum adanya bukti konkrit yang mendukung bahwa candi tersebut merupakan aset dari Kerajaan Kanjuruhan dan dibangun atas perintah Raja Gajayana. Namun dapat dipastikan bahwa candi itu merupakan tempat penyembahan Hindu dengan Mahaguru Syiwa sebagai obyek pemujaan utama.

Sudah Ada Sejak Jaman VOC

Candi yang memiliki nama lain Candi Liswa ini ditemukan oleh Maureen Brecher, seorang pegawai VOC yang bertugas di Malang sekitar tahun 1921. Kala itu, candi hanya berupa reruntuhan serta gundukan yang menyedihkan. Ia kemudian melapor kepada pemerintah Hindia-Belanda sehingga proses pemugaran candi dimulai.

Sayangnya, kondisi candi sudah terlalu memprihatinkan, sehingga tidak dapat direkonstruksi seperti semula. Hanya dapat dikembalikan bagian kakinya saja. Namun dari pemugaran tersebutlah dapat diketahui obyek pemujaan candi tersebut serta strukturnya yang menyerupai candi Dieng di Jawa Tengah. Google Map.

Masih Belum Terjamah Banyak Orang

Candi Badut

Pada tahun 1925-1926 dilakukan upaya pemugaran kembali, namun tidak berhasil sehingga menyisakan bentuk candi seperti apa adanya saat ini. Perihal penamaan candi sendiri, tidak ada yang tahu mengapa disebut sebagai Candi Badut, padahal struktur bangunannya sama sekali tidak menyerupai badut.

Hal tersebut juga sering menjadi pertanyaan di benak wisatawan, namun tetap berakhir sebagai pertanyaan yang tidak terjawab. Sayangnya, tempat wisata edukatif ini belum tereksplorasi dengan baik sehingga dari segi fasilitas yang tersedia pun sangat kurang dan membutuhkan perhatian lebih pemerintah.


Kota Malang memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi negara Indonesia. Selain memiliki destinasi wisata budaya, beberapa tempat wisata di Malang juga memiliki keindahan yang luar biasa. Panorama alam yang menyegarkan juga udara sejuk yang memanjakan pengunjungnya.

Baca Juga:

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download