BlogLifestyleEdukasiIni Cara Bermain Rubik 3×3 untuk Pemula Paling Mudah
0
0

Ini Cara Bermain Rubik 3×3 untuk Pemula Paling Mudah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Okt 1, 2023

17 menit membaca

Copied to clipboard
Cara bermain rubiktop-right-banner

Rubik adalah permainan mengasah otak. Permainan ini sudah ditemukan sejak tahun 1970an. Ada beberapa jenis rubik mulai dari bulat, kubus yang berukuran rubiik 2×2, 3×3, 4×4, 5×5, dan masih banyak lagi.

Menurut Wikipedia, rubik termasuk mainan yang paling banyak terjual di dunia. Totalnya sampai sekitar 300 jutaan rubik yang sudah terjual. Namun semenjak kehadiran smartphone, semua permainan yang sejenis dengan rubik mulai tergeser popularitasnya.

Kecenderungan terhadap smartphone membuat semua orang lebih menyukai permainan yang bersifat digital. Bahkan saat ini permainan rubik sudah ada yang bersifat digital. Bahkan untuk pengajuan KPR pun sekarang dapat dilakukan secara online dan mudah di Pinhome. Kamu bisa dengan mudah mengajukan KPR untuk Kertamukti Sakti Residence atau rumah baru di kota Bekasi lainnya di sini.

Kemunculan rubik digital tidak mengurangi minat banyak orang untuk bermain rubik, terutama untuk mengisi waktu luang dan mengatasi kebosanan. Nah, bila Pins adalah salah satu penggemar permainan ini, maka artikel berikut sangat tepat untuk kalian. Berikut Pinhome akan membahas cara bermain rubik ukuran 3×3 bagi pemula. Yuk, simak selengkapnya!

Baca juga: 10 Game Edukasi Cocok Untuk Pembelajaran Anak

Mengenal Istilah dalam Rubik

cara bermain rubik
Source : Drupadi Hosting

Istilah ini digunakan untuk mempermudah kita dalam memainkan rubik. Terdiri dari bagian-bagian rubik dan notasi pergerakan rubik. Nah, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Bagian-Bagian Rubik

Rubik kubus berukuran 3×3 ini terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubungkan pada poros. Terdiri dari 6 sisi, yang tiap sisinya memiliki warna yang berbeda. Setiap bagian dari rubik ini memiliki nama masing masing. Berikut daftarnya :

  • Center : bagian tengah rubik yang posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.
  • Edge : bagian tengah di sisi samping rubik
  • Corner : bagian ujung-ujung dari rubik
  • Layer : Terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah adalah Layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir Layer 3.

Cara Bermain Rubik

Rubik memiliki ukuran yang berbeda-beda, sehingga penyelesaiannya pun berbeda-beda. Berikut ini cara bermain rubik untuk pemula.

1. Cara Bermain Rubik 3×3

Cara bermain rubik
Source : Pexels

Cara main rubik 3×3 sangat gampang karena rubik ini terdiri dari 27 bagian kecil yang dapat diputar. Tujuan permainan ini adalah untuk menyusun semua warna pada setiap sisi agar sama. Rubik 3×3 memiliki 6 sisi, masing-masing dengan warna yang berbeda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan Rubik 3×3:

  • Memahami dasar-dasar. Sebelum kamu mulai menyelesaikan Rubik 3×3, penting untuk memahami dasar-dasarnya. kamu perlu mengetahui nama-nama bagian Rubik dan cara memutarnya.
  • Membuat cross. Langkah pertama dalam menyelesaikan Rubik 3×3 adalah membuat cross. Cross adalah garis yang menghubungkan empat center pieces pada sisi atas.
  • Menyempurnakan layer pertama. Setelah membuat cross, kamu perlu menyempurnakan layer pertama. Layer pertama adalah lapisan yang berisi center pieces dan edge pieces pada sisi bawah.
  • Menyempurnakan layer kedua. Setelah menyempurnakan layer pertama, kamu perlu menyempurnakan layer kedua. Layer kedua adalah lapisan yang berisi center pieces, edge pieces, dan corner pieces pada sisi tengah.
  • Menyempurnakan layer ketiga. Setelah menyempurnakan layer kedua, kamu perlu menyempurnakan layer ketiga. Layer ketiga adalah lapisan yang berisi center pieces, edge pieces, dan corner pieces pada sisi atas.

Berikut adalah beberapa algoritma dasar yang dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan Rubik 3×3:

  • Membuat cross:
R U R' U' F R U R' U' F'
  • Menyempurnakan layer pertama:
F (R U R' U') F'
  • Menyempurnakan layer kedua:
R U R' U' F (R U R' U') F'
  • Menyempurnakan layer ketiga:
R U R' U' F R U2 R' U' F'

2. Cara Bermain Rubik 2×2

Cara bermain rubik
Source : Tokopedia

Berikut adalah penjelasan langkah-langkah untuk menyelesaikan Rubik 2×2:

Langkah 1: Membuat cross

Langkah pertama dalam menyelesaikan Rubik 2×2 adalah membuat cross. Cross adalah garis yang menghubungkan empat corner pieces pada sisi atas. Untuk membuat cross, kamu perlu memutar sisi atas agar corner pieces berada pada posisi yang benar.

Langkah 2: Menyempurnakan layer pertama

Setelah membuat cross, kamu perlu menyempurnakan layer pertama. Layer pertama adalah lapisan yang berisi center pieces dan corner pieces pada sisi bawah. Untuk menyempurnakan layer pertama, Kamu perlu memutar sisi bawah agar corner pieces berada pada posisi yang benar.

Langkah 3: Menyempurnakan layer kedua

Setelah menyempurnakan layer pertama, Kamu perlu menyempurnakan layer kedua. Layer kedua adalah lapisan yang berisi corner pieces pada sisi tengah. Untuk menyempurnakan layer kedua, Kamu perlu memutar sisi tengah agar corner pieces berada pada posisi yang benar.

Berikut adalah penjelasan algoritma dasar untuk menyelesaikan Rubik 2×2:

  • Algoritma untuk membuat cross:
R U R' U'

Algoritma ini akan memutar sisi atas sehingga corner pieces berada pada posisi yang benar. kamu perlu mengulangi algoritma ini hingga semua corner pieces berada pada posisi yang benar.

  • Algoritma untuk menyempurnakan layer pertama:
R U R' U' R' U' R U

Algoritma ini akan memutar sisi bawah dan sisi atas sehingga corner pieces berada pada posisi yang benar. Kamu perlu mengulangi algoritma ini hingga semua corner pieces berada pada posisi yang benar.

  • Algoritma untuk menyempurnakan layer kedua:
R U R' U' R' U' R U

Algoritma ini akan memutar sisi tengah sehingga corner pieces berada pada posisi yang benar. Kamu perlu mengulangi algoritma ini hingga semua corner pieces berada pada posisi yang benar.

3. Cara Bermain Rubik 4×4

Cara bermain rubik
Source : Tokopedia

Untuk menyelesaikan rubik 4×4, Kamu dapat menggunakan rumus-rumus dasar ini dan kombinasinya. Ada banyak tutorial rubik 4×4 yang tersedia online, Kamu dapat mencarinya untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyelesaikan rubik 4×4:

  • Pelajari notasi rubik terlebih dahulu. Notasi rubik akan membantu Kamu mengingat dan menggunakan rumus-rumus dasar rubik dengan lebih mudah.
  • Mulailah dengan menyelesaikan center pieces. Center pieces adalah potongan rubik yang paling mudah untuk diselesaikan.
  • Setelah center pieces selesai, lanjutkan dengan menyelesaikan edge pieces dan corner pieces. Edge pieces dan corner pieces dapat diselesaikan dengan menggunakan kombinasi rumus-rumus dasar rubik.
  • Setelah edge pieces dan corner pieces selesai, Kamu dapat mulai menyelesaikan cross, yellow cross, yellow corners, dan corners. Cross, yellow cross, yellow corners, dan corners dapat diselesaikan dengan menggunakan kombinasi rumus-rumus dasar rubik yang lebih kompleks.
  • Jangan menyerah jika Pins tidak bisa menyelesaikan rubik 4×4 dengan cepat. Rubik 4×4 adalah teka-teki yang lebih sulit daripada rubik 3×3, jadi membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Berikut adalah beberapa rumus dasar rubik 4×4:

  • F: Putar sisi depan searah jarum jam.
  • F’: Putar sisi depan berlawanan arah jarum jam.
  • U: Putar sisi atas searah jarum jam.
  • U’: Putar sisi atas berlawanan arah jarum jam.
  • R: Putar sisi kanan searah jarum jam.
  • R’: Putar sisi kanan berlawanan arah jarum jam.
  • L: Putar sisi kiri searah jarum jam.
  • L’: Putar sisi kiri berlawanan arah jarum jam.
  • B: Putar sisi belakang searah jarum jam.
  • B’: Putar sisi belakang berlawanan arah jarum jam.
  • D: Putar sisi bawah searah jarum jam.
  • D’: Putar sisi bawah berlawanan arah jarum jam.

Itulah kira-kira cara main rubik untuk pemula. Ingat, bermain rubik membutuhkan latihan yang keras konsisten. Selamat mencoba.

Baca juga: Permainan Anak-Anak Zaman Dulu yang Punya Nilai Tinggi


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download