BlogHome ServiceOtomotif5 Cara Cas Aki Kering Sendiri dengan Benar
0
0

5 Cara Cas Aki Kering Sendiri dengan Benar

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Segala kelistrikan pada kendaraan bermotor dapat menyala dengan baik karena terdapat aki di dalamnya. Fungsi aki pada kendaraan bermotor adalah untuk menyimpan daya listrik yang dibutuhkan oleh kendaraan. Dengan adanya aki, Pins dapat menyalakan kendaraan dengan starter elektrik, menyalakan lampu depan dan belakang, klakson dan untuk display pada dashboard. Apakah Pins tahu cara cas aki kering?

Bahkan aki juga sangat penting kehadirannya untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi fuel injection. Aki berperan sebagai fuel pump agar kendaraan dapat menyala dengan baik. Namun aki sendiri memiliki umur yang akan habis seiring waktu berjalan sesuai pemakaian. 

Aki yang berfungsi sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan sangat perlu diperhatikan kondisi dan umurnya. Jika aki bermasalah maka dapat dipastikan kelistrikan pada kendaraan juga akan bermasalah. Bahkan lebih parahnya aki yang bermasalah dapat merusak kelistrikan pada kendaraan dan menyebabkan Pins harus memperbaikinya ke bengkel. 

Aki pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Masing-masing jenis aki tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dan kelebihannya sendiri. Namun pada artikel ini Pinhome akan memberikan informasi seputar aki kering pada kendaraan bermotor. 

Pins dapat mengecek kondisi aki melalui beberapa gejala yang timbul pada kendaraan. BIasanya Pins dapat menemukan dampaknya pada lampu yang redup, putaran langsam mesin yang menurun, dan starter elektrik yang tidak nyala. Kondisi aki yang sudah tidak prima sangat dianjurkan untuk diganti atau dicas. 

Para ahli menyatakan tegangan aki normal harus berkisar pada angka 12,5 volt dan tidak boleh kurang dari itu. Jika sudah kurang maka Pins harus cek kondisi aki dan cas. Cara cas aki kering sebenarnya dapat Pins lakukan dengan mudah. 

Jika Pins mempunyai alat yang mendukung untuk proses cas aki kering, Pins dapat melakukannya dengan mudah di rumah. Supaya tidak mengalami kesalahan pada saat cas aki, perhatikan langkah-langkah cara cas aki kering berikut. 

Mengisi daya aki kering sendiri di rumah tidaklah susah untuk Pins praktikan sendiri. Sebelum itu Pins harus mempunyai alat charger aki sendiri. Pins dapat menggunakan produk charger aki apapun yang dapat Pins beli di toko otomotif terdekat. 

Namun yang perlu Pins perhatikan adalah langkah-langkah cara cas aki kering sendiri supaya tidak menimbulkan masalah baru pada kendaraan. Simak beberapa langkah cara cas aki kering berikut di bawah ini. 

Pastikan Listrik Rumah Stabil

(Pixabay)

Langkah pertama yang perlu diperhatikan ketika Pins cas aki kering sendiri di rumah adalah listrik rumah. Melakukan cas aki sendiri tentunya akan menggunakan listrik rumah, maka dari itu Pins harus pastikan listrik rumah dalam keadaan yang siap untuk menyalurkan listrik tegangan tinggi. 

Pastikan sedang tidak ada pemadaman listrik bergilir di rumah Pins. Hal tersebut perlu diperhatikan karena jika daya listrik rumah tidak stabil saat Pins cas aki maka akan menimbulkan kerusakan pada aki. Selain itu proses cas aki juga jadi terhambat dan harus mengulang lagi dari awal. 

Baca juga:

Siapkan Aki dan Charger

(Pixabay)

Langkah kedua Pins siapkan aki yang akan dicas dan charger aki. Setelah itu pilih tempat yang kering agar tidak menimbulkan risiko lainnya. Jangan lupa juga jauhkan proses cas aki dari anak-anak agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Biasanya proses pengisian daya aki 4,2 ampere dengan charger 2 ampere dapat memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam. Proses yang cukup memakan waktu tersebut dapat Pins manfaatkan dengan kegiatan lainnya. 

Hubungkan Aki dengan Kabel Charger

(Pixabay)

Langkah selanjutnya Pins sambungkan kabel charger dengan aki yang akan dicas. Pada saat menghubungkan kabel charger Pins pastikan konektornya terhubung dengan baik dan tidak terbalik. Biasanya produk charger aki mengindikasikan kabel merah untuk terminal plus dan kabel warna hitam untuk terminal minus. Namun pada produk lain dapat Pins temukan semua indikator tersebut tersedia dengan tampilan berupa logo plus dan minus sehingga lebih memudahkan ketika Pins menghubungkan kabel dengan aki. 

Sesuaikan Daya untuk Cas Aki

(Pixabay)

Hal selanjutnya yang perlu Pins perhatikan ketika mengisi daya pada aki kering adalah daya listrik yang sesuai. Saat memulai pengecasan aki Pins gunakan daya yang sesuai, tidak perlu terlalu besar dan tidak boleh terlalu kecil. Untuk aki yang memiliki daya 4,2 ampere Pins cukup gunakan charger dengan daya 2 ampere. 

Baca juga:

Hati-Hati saat Cabut Kabel Charger

(Pixabay)

Pada saat proses pengisian daya aki kering sudah penuh Pins dapat mengindikasikannya sendiri. Pins dapat mengeceknya dengan memegang sisi bagian samping aki. Jika sudah terasa sedikit hangat maka dapat dipastikan aki kering sudah terisi dengan penuh. Namun pada beberapa produk charger aki sudah tersedia indikator pengisian daya aki kering. 

Biasanya terdapat lampu indikator yang menandakan pengisian aki kering sudah rampung. Setelah aki daya aki sudah terisi penuh, Pins pastikan kembali tegangan listrik pada aki kering. Jika hasil pengecekan tegangan aki pada angka 12,5 volt ke atas maka pengisian aki sudah berhasil dan aki dalam kondisi yang baik untuk digunakan. 

Itulah beberapa cara cas aki kering sendiri di rumah. Dengan charger aki Pins sudah bisa melakukan pengisian daya aki kering tanpa harus repot-repot ke bengkel. Jika pengisian aki sudah rampung namun Pins mendapati tegangan listrik di bawah 12,5 volt maka Pins dianjurkan untuk segera membawa aki ke bengkel untuk dilakukan cek lebih mendalam. Jika aki sudah berumur cukup lama, jangan ragu untuk mengganti aki yang baru supaya tidak menimbulkan masalah baru pada kendaraan. Semoga bermanfaat!

Jika kamu memiliki mobil, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download