BlogLifestyleTeknologi4 Cara Cleaning Printer Untuk Segala Merek
0
0

4 Cara Cleaning Printer Untuk Segala Merek

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 24, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
cara cleaning printertop-right-banner

Ketika kamu menemui masalah pada printer, maka cara cleaning printer ini harus kamu coba terlebih dulu. Pasalnya printer juga merupakan alat elektronik yang mudah rusak. Tidak heran, jika kamu mengalami berbagai error pada printer, seperti masalah printer tidak bisa menarik kertas, hasil cetak putus-putus, kebocoran tinta, tinta tidak keluar, dan masih banyak lagi.

Namun, Pins tak perlu khawatir, karena cara cleaning printer ini bisa membantu untuk memperbaikinya. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips lengkap berikut ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas Dengan Mudah

Cara Cleaning Printer

Bagaimana proses cleaning printer yang benar? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya tapi memang butuh, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan panduannya, untuk semua jenis printer, namun yang utamanya printer Canon, Epson, HP dan Brother.

Ketika kamu melihat tinta printer tidak keluar dengan benar, coba cek warna yang mampet. Dalam dunia jual beli properti, dokumen cetak seperti sertifikat tanah dan perjanjian jual beli properti, seperti perjanjian properti untuk rumah di daerah Kabupaten Mojokerto, merupakan hal yang sangat penting sehingga ketika dicetak harus menggunakan printer yang baik, jangan sampai tinta mampet.

Misalnya ketika hanya tinta warna hitam saja yang mampet, maka cleaning bisa langsung dilakukan. Namun jika warna-warna lainnya tidak keluar juga, proses deep cleaning harus dilakukan. Cleaning merupakan proses pembersihan yang dilakukan khusus untuk head dari tinta yang terdapat pada jarum head printer.

Sedangkan deep cleaning juga sama, namun prosesnya lebih dalam (mencakup semua warna). Deep cleaning umumnya dilakukan ketika ada dua atau lebih tinta yang tidak muncul ketika mencetak. Untuk pertama, kita bahas dulu mengenai cara cleaning printer canon:

Cara Cleaning Printer Canon

  1. Hidupkan printer terlebih dulu. Kalau sudah, silakan cari di kolom pencarian Devices and Printers. Lanjut buka.
cara cleaning printer
Source : Canon
  1. Di menu tersebut akan terdapat printer kamu yang sudah terdeteksi. Klik kanan printernya lalu pilih Properties (kalau belum terdeteksi, sambung ulang printernya).
  2. Lanjut masuk ke bagian maintenance kemudian pilih cleaning atau deep cleaning. Silakan pilih saja sesuai dengan kebutuhan.
Source : Canon
  1. Kalau masalah cetaknya tidak terlalu parah, bisa pakai mode cleaning biasa. Namun jika sudah agak parah, sampai sulit mengeluarkan warna tertentu, pakai deep cleaning.
cara cleaning printer
Source : Canon
  1. Pada proses biasanya kita bisa memilih warna yang ingin dicleaning. Pilih saja, misalnya merah, biru, atau mungkin hitam saja juga bisa.
  2. Akan berlanjut lagi proses lainnya.
  3. Silakan klik check nozzle printer pattern untuk mengetahui hasil warnanya sekaligus hasil cetaknya (sudah sesuai atau belum).

Kalau masih bergaris dan sejenisnya, ulangi lagi langkah-langkah di atas. Langkah-langkah tersebut khusus untuk printer Canon ya, Pins. Perlu diingat, proses deep cleaning bisa dilakukan ketika hanya proses cetak tidak berjalan dengan baik saja. Terlalu sering melakukan proses deep cleaning bisa mendatangkan masalah lain di printer kamu.

Cara Cleaning Printer Epson

Sebenarnya baik itu printer Canon maupun printer Epson tidak jauh berbeda kalau memang sedang membicarakan soal langkah cleaning printernya. Hanya saja memang, belum begitu banyak orang yang tahu juga panduannya. Dikarenakan bagi sebagian orang, proses cleaning bukan merupakan hal umum. Berikut ini cara head cleaning printer Epson.

Baca juga: Cara Reset Epson L120

  1. Silakan sambungkan terlebih dahulu printer Epson kamu ke komputer atau laptop. Pastikan sudah terbaca tanpa masalah.
  2. Klik tombol Windows > lanjut pilih Device and Printers .
  3. Cari dan klik kanan Printer yang sudah terdeteksi sebelumnya > buka menu Printer preferences > masuk ke tab maintenance > lalu klik opsi Head Cleaning.
Menu Head Cleaning
Source : EPSON
  1. Kalau sudah, klik Start untuk memulai proses cleaning printer Epson kamu.
  2. Tunggu prosesnya sampai selesai. Kalau sudah, akan muncul menu Print Nozzle Check Pattern. Klik Finish.
Source : EPSON

Nah, setelah muncul gambar seperti di atas, kamu tinggal klik saja tombol Print Nozzle untuk melakukukan pengecekan tinta printer sudah keluar dengan benar atau belum.

Sedikit catatan tambahan saja, ketika proses reset (cleaning) sedang berjalan, ingat untuk jangan sampai mematikan printer. Entah itu sengaja maupun tidak (kabel powernya terlepas dan sebagainya). Ini bisa membuat kerusakan permanen pada printer.

Cara Cleaning Printer HP

HP di sini merupakan merk Printer dari Hewlett Packard. Di Indonesia, printer merk HP cukup banyak dipakai oleh orang-orang, karena memang jumlah penjualannya juga cukup tinggi. Bahkan kalau kamu pergi ke toko komputer, mungkin kamu akan sering melihat printer merk ini.

Cleaning printer merk HP bisa dengan mudah dilakukan menggunakan panduan berikut ini:

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu printer HP sudah terhubung ke komputer.
  2. Kemudian jalankan aplikasi HP Deskjet di komputer, jangan lupa lakukan proses instalasi drivernya juga kalau belum. Bisa cek di situs resminya.
Software HP Deksjet
Source : HP
  1. Setelah muncul jendela pesan “HP Connected,” “Print,” “Shop,” dan lain-lain setelah aplikasi berjalan, klik tombol Print lalu lanjut pilih Maintain Your Printer.
cara cleaning printer
Source : HP
  1. Setelah itu akan muncul jendela baru. Klik menu device service dan klik Clean Ink Catridges.
cara cleaning printer
Source : HP
  1. Tunggu proses cleaningnya berjalan sampai benar-benar selesai.
  2. Kalau sudah, akan muncul pesan yang memberitahu bahwa prosesnya sudah selesai. “Cleaning Has Completed.”

Untuk mengecek hasil cleaningnya, silakan klik tombol Print yang terdapat pada jendela popup. Lakukan print sebanyak 3 kali. Kalau terlihat belum maksimal, coba lakukan second-level-clean.

Baca juga: Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Cara Cleaning Printer Brother

Khusus untuk printer Brother, cara cleaningnya agak sedikit berbeda dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kita harus memakai kombinasi tombol rahasia untuk menjalankan head cleaning.

Caranya begini:

  1. Klik dulu tombol Menu kemudian lanjut pilih tombol Mono. Lanjut tekan tombol atas sebanyak 4x.
  2. Setelah itu, masukkan kode 76 untuk menjalankan cleaning all pada printer. Atau kode 768 untuk melakukan cleaning sebagian.
  3. Kalau sudah selesai prosesnya, lanjut tekan tombol 09. Di sana kamu bisa mengecek hasil cetaknya seperti apa.
  4. Setelah hasil cetakan sudah bagus, tidak bergaris dan tidak ada masalah apapun yang lainnya, tekan tombol 99 untuk keluar.

Kalau belum berhasil, kamu bisa coba ulangi langkah-langkahnya sebanyak 5 sampai 7 kali. Tapi kalau masih bermasalah, kemungkinan penyebab ada pada komponennya.

Begitulah ulasan mengenai cara cleaning printer. Penting untuk membersihkan printer secara rutin agar tetap dapat mencetak dokumen dengan kualitas yang baik dan menjaga kinerja printer agar tetap optimal dalam proses jual beli properti. Sama seperti rumah eksklusif yang ada di Pinhome, semuanya berkualitas dan harganya terjangkau seperti Pesona Ciputih.

Apa itu Cleaning Printer?

Cleaning adalah proses untuk menormalkan kembali printer dalam error tertentu.

Bagaimana Caranya Cleaning?

Tidak susah, tidak perlu bongkar, dan kamu hanya butuh pakai aplikasi saja.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Casa Adara Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download