BlogHome ServiceKecantikan6 Tips dan Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah dengan Benar
0
0

6 Tips dan Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah dengan Benar

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimanakah cara melakukan eksfoliasi wajah dengan benar? Eksfoliasi wajah adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang membantu mengungkapkan kulit yang lebih segar dan berseri. Melakukan eksfoliasi dengan benar adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat dan menghindari kerusakan. 

Dalam artikel ini akan membagikan enam tips dan cara melakukan eksfoliasi wajah dengan benar agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Tentunya, mengetahui cara melakukan eksfoliasi wajah akan membuat kamu semakin tenang dan nyaman di rumah. Nyamannya sama seperti rumah yang ada di perumahan Kertamukti Sakti Residence, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Kenapa Eksfoliasi Wajah Penting?

Sebelum memulai, mari bahas mengapa eksfoliasi wajah penting dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Eksfoliasi adalah proses penghilangan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Ini membantu merangsang regenerasi sel-sel kulit baru dan dapat membantu dengan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, pori-pori besar, dan noda kulit. Selain itu, eksfoliasi juga dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

Dengan mengangkat sel-sel kulit mati, produk perawatan kulit seperti serum dan pelembap dapat menyerap lebih dalam dan memberikan hasil yang lebih efektif. Eksfoliasi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah, memberikan kulit kamu kilau alami yang sehat. Namun, penting untuk diingat bahwa eksfoliasi berlebihan dapat merusak kulit. Jadi pastikan untuk melakukannya sesuai petunjuk dan jangan lupakan langkah-langkah perawatan kulit lainnya seperti pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit kamu. Dengan mengintegrasikan eksfoliasi ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu, kamu dapat mencapai kulit yang lebih bersih, sehat, dan bercahaya.

Baca juga:

6 Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah dengan Benar

Merawat kulit wajah dengan baik adalah langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Salah satu aspek terpenting dari perawatan kulit adalah eksfoliasi. 

Berikut ini setidaknya ada enam cara yang benar untuk melakukan eksfoliasi wajah. Sehingga kamu dapat mengungkapkan kulit yang segar dan berseri dengan tepat.

1. Pilih Produk Eksfoliasi yang Tepat

Source : Pexels

Pilihan produk eksfoliasi yang tepat adalah langkah pertama yang sangat penting. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Ada dua jenis eksfoliasi utama.

Eksfoliasi mekanik menggunakan butiran kasar atau alat seperti sikat kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini cocok untuk kulit normal hingga berminyak.

Eksfoliasi kimia menggunakan asam seperti AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid) untuk melarutkan sel-sel kulit mati. Cocok untuk kulit sensitif atau kering.

2. Perhatikan Frekuensi Eksfoliasi

Source : Pexels

Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa merusak kulit kamu. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah hanya 1-2 kali seminggu, tergantung pada jenis kulit kamu. Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan pada produk eksfoliasi kamu. Selain itu, pastikan kamu menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk mendapatkan hasil yang optimal dan menjaga kesehatan kulit wajah kamu dalam jangka panjang.

Baca juga: 

3. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Source : Pexels

Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih. Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk menghapus kotoran dan makeup. Eksfoliasi pada wajah yang bersih akan memberikan hasil yang lebih baik. Setelah membersihkan wajah, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih, agar kulit tetap segar dan siap menerima manfaat dari eksfoliasi yang akan kamu lakukan.

4. Hindari Eksfoliasi Terlalu Kasar

Source : Pexels

Ingatlah bahwa eksfoliasi tidak harus menyakitkan. Hindari tekanan berlebihan atau gerakan kasar saat menggosok wajah kamu. Lakukan gerakan lembut dan perlahan untuk menghindari iritasi. Selain itu, pilihlah produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulit kamu. Karena penggunaan produk yang sesuai akan memberikan hasil yang lebih efektif dan aman. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tabir surya setelah eksfoliasi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Baca juga:

5. Jangan Lupakan Perlindungan Matahari

cara eksfoliasi wajah dengan benar
Source : Pexels

Kulit yang baru terungkap setelah eksfoliasi lebih rentan terhadap sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF setidaknya 30 untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Selain itu, kenakan pakaian pelindung dan topi lebar saat berada di bawah sinar matahari terik. Serta hindari berjemur terlalu lama pada saat yang paling terik, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Dengan perhatian ekstra terhadap perlindungan matahari, kulit kamu akan tetap sehat dan terlindungi dari tanda-tanda penuaan dini.

6. Perhatikan Reaksi Kulit kamu

cara eksfoliasi wajah dengan benar
Source : Pexels

Setiap orang memiliki reaksi kulit yang berbeda terhadap eksfoliasi. Jika kamu mengalami kemerahan, iritasi, atau ketidaknyamanan setelah eksfoliasi, hentikan penggunaan produk dan berkonsultasilah dengan ahli dermatologi.

Dengan mengikuti enam tips dan cara melakukan eksfoliasi wajah dengan benar di atas, kamu dapat menjaga kulit wajah tetap sehat dan berseri. 

Ingatlah untuk selalu memperhatikan jenis kulit kamu dan mendengarkan apa yang kulit kamu butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk perawatan kulit kamu.

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download