Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas
Des 4, 2023
4 menit membaca
Daftar Isi
Pada karburator terdapat katup solenoid atau solenoid valve. Artikel ini akan membahas cara kerja solenoid valve dan melanjutkan pembahasan tentang sistem stationer dan kecepatan lambat pada karburator, karena komponen ini bekerja pada saat putaran mesin stationer (idle).
Pada mobil diesel sering terjadi mesin hidup walaupun kunci kontak “OFF”, di mobil bensin pun juga bisa terjadi. Peritiwa ini disebut dengan Dieseling.
Pada mobil bensin, dieseling disebabkan oleh campuran udara dan bahan bakar yang terbakar oleh panas yang berlebihan pada busi atau kerak yang membara yang menempel pada ruang bakar atau katup buang.
Nah, untuk mencegah terjadinya dieseling pada mesin bensin, maka pada karburator dipasangi dengan katup solenoid (solenoid valve). Katup ini akan menghentikan supply bahan bahan bakar yang keluar melalui idle port, sehingga bahan bakar yang menuju ruang bakar hanya sedikit sekali sedangkan udara banyak, otomatis mesin akan mati dan tidak mengalami dieseling (mesin hidup walaupun kunci kontak sudah dalam posisi OFF).
Baca Juga: Pengertian Camber, Caster dan Toe
Solenoid valve adalah jenis katup yang menggunakan medan magnet untuk mengendalikan aliran fluida. Solenoid valve terdiri dari sebuah katup yang dapat membuka atau menutup aliran fluida dan sebuah solenoid, yaitu sebuah coil yang menghasilkan medan magnet ketika diberi arus listrik.
Ketika arus listrik diberikan ke solenoid, medan magnet yang dihasilkan akan menarik atau menolak plunger yang terhubung ke katup, sehingga membuka atau menutup aliran fluida. Solenoid valve biasanya digunakan dalam sistem otomatisasi untuk mengendalikan aliran fluida secara cepat dan tepat.
Baca juga: Fungsi Sensor TPS, Pengertian dan Cara Kerja pada Mobil
Fungsi katup solenoid adalah untuk menghentikan supply bahan bakar yang menuju idle port, sehingga bahan bakar tidak keluar dari idle port dan tidak terjadi dieseling (mesin masih hidup ketika kunci konntak off).
Ada 7 bagian di dalam solenoid valve, berikut ini penjelasannya.
Apabila mesin dihidupkan atau kunci kontak dalam posisi ON maka katup solenoid akan tertarik/terbuka membuka saluran bahan bakar sehingga bahan bakar dapat mengalir ke low speed circuit dan keluar dari idle port.
Ketika mesin dimatikan (kunci kontak OFF) maka solenoid valve ini akan menutup saluran bahan bakar, sehingga bahan bakar tidak dapat keluar melalui idle port. Mesin dapat mati, dan tidak mengalami dieseling.
Untuk melihat cara kerja katup solenoid ketika membuka dan menutup dapat melihat gambar di atas.
Biasanya katup solenoid terdiri dari satu kabel, kabel ini dihubungkan dengan terminal IG kunci kontak atau pada + koil (intinya disambungkan dengan kabel yang ketika IG mendapatkan arus, dan ketika kunci kontak OFF arus juga terputus). Ada juga katup solenoid yang terdiri dari 2 kabel, kabel yang satu dihubungkan dengan massa.
Bila terjadi kerusakan pada katup solenoid atau sirkuitnya maka dapat menyebabkan mesin tidak normal, terutama pada saat idle. Misal saja tidak sirkuit putus, maka katup solenoid akan tertutup terus, akibatnya bahan bakar tidak dapat keluar dari idle port sehingga kekurangan bahan bakar.
Mesin pun akan mati, tetapi apabila dihidupkan kemudian digas maka mesin dapat hidup lebih lama, ketika tidak di gas maka mesin akan mati (tidak stationer). Jadi apabila katup solenodi tidak membuka, mesin dapat hidup tapi tidak dapat staioner (idle).
Baca juga : Cara Kerja Karburator
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.
© lifestyle.pinhome.id