BlogLifestyleTeknologiCara Melihat Perangkat Lain Masuk ke Akun Facebook dan Solusinya
0
0

Cara Melihat Perangkat Lain Masuk ke Akun Facebook dan Solusinya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara melihat perangkat lain masuk ke akun facebooktop-right-banner

Ketika kamu log in akun Facebook di perangkat milik orang lain, mungkin kamu menjadi khawatir jika orang lain dapat memiliki password Facebook milik Pins. Untungnya, Facebook memiliki fitur cara melihat perangkat lain masuk ke akun Facebook untuk dapat melacak tempat log in, sehingga kamu bisa tahu setiap perangkat yang masuk ke akun dan mencegah terjadinya pembajakan. Sama seperti ketika kamu tinggal di Rumah Ekslusif seperti The Agathis atau Britania Green Resort sebagai Perumahan di Kota Bogor dengan Keamanan terbaik.

Tanpa perlu khawatir, kamu bisa melihat perangkat mana saja yang terkoneksi dengan akun milik Pins. Selain itu, kamu juga bisa mencari solusi jika akun kamu terbajak atau ingin dikeluarkan dari perangkat tertentu. Berikut selengkapnya!

Cara Melihat Perangkat Lain Masuk ke Akun Facebook

Facebook akan selalu memberikan data tentang lokasi, perangkat atau browser yang digunakan, dan tanggal atau waktu terakhir diakses pada setiap sesi log in. Jika kamu melihat perangkat atau lokasi yang tidak dikenal, saat itu pula kamu dapat mengakhiri sesi tersebut untuk keamanan akun Facebook milik Pins. Berikut adalah cara melihat perangkat lain masuk ke akun Facebook yang bisa kamu coba.

  1. Untuk mengetahui di mana akun Pins saat ini sedang log in, buka browser web, log in ke Facebook dengan menggunakan akun pribadi kamu, lalu buka halaman pengaturan akun Facebook. Kemudian, klik “Keamanan dan Info Login” di sisi kiri jendela.
Keamanan dan Info Login

2. Pada halaman Pengaturan Tempat Anda Login, kamu dapat melihat OS yang digunakan, jenis browser, & lokasi aksesnya.

Semua sesi login akunmu akan tercantum di bawah judul untuk setiap platform atau perangkat, sekaligus menunjukkan jumlah sesi aktif pada perangkat tersebut.

3. Kemudian, klik judul yang memiliki setidaknya satu sesi aktif untuk melihat lebih detail aktivitas setiap sesi. Lalu perhatikan waktu akses, lokasi, dan perangkat sesi.

Jika info yang ditampilkan sesuai dengan dimana kamu log in, maka itu artinya akun Pins dalam kondisi aman. Namun jika kamu melihat sesi dari perangkat lain yang mencurigakan, Pins bisa segera mengubah password lalu keluar dari sesi dengan klik Keluar.

4. Setelah itu, buka setiap judul dan lihat apakah ada sesi aktif lain yang ingin kamu akhiri. Jika kamu ingin mengakhiri semua sesi, klik “Keluar Dari Semua Sesi” di bagian bawah pojok kanan.

5. Untuk keamanan ekstra, Facebook juga dapat mengenali peringatan tentang log in yang tidak dikenal. Facebook akan memberi tahu Pins jika ada yang log in dari perangkat atau browser yang biasa tidak Pins gunakan.

keamanan ekstra

Baca juga: Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri 

Cara Mudah Mengamankan Akun Facebook

Setelah berhasil mengetahui perangkat mana saja yang terhubung dengan akun milik Pins, kamu perlu melakukan beberapa pencegahan agar akun Facebook kamu terbebas dari serangan peretas atau orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini ada beberapa cara mengamankan akun Facebook yang bisa kamu lakukan.

Membuat Password dengan Kombinasi yang Rumit

Source : ABC News

Ketika kamu merasa curiga ada seseorang yang berusaha masuk ke akun Facebook milik Pins, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti password dengan kombinasi yang rumit. Minimal, Pins bisa menggunakan 10 karakter yang terdiri dari perpaduan huruf besar, kecil, angka, dan tanda baca. Semakin rumit password, semakin sulit bagi hacker untuk masuk ke akun Facebook Pins. Akan lebih baik jika Pins mengganti password secara berkala setiap 6 bulan sekali.

Jangan Menggunakan Fitur ‘Remember Password’ di Perangkat

Source : CNN Indonesia

Saat kamu pernah mengakses akun Facebook di perangkat lain, misalnya di kantor atau warnet, hindari pengaktifan fitur ‘remember password‘. Sebab, hal ini bisa membuat pengguna lain yang memakai perangkat yang sama bisa masuk ke dalam akun Facebook Pins dengan mudah.

Gunakan Fitur Two-Factor Authentication

Source : CNN Indonesia

Fitur autentikasi dua-faktor juga bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya pembajakan. Fitur ini akan selalu meminta kode rahasia pada kamu ketika ingin login di perangkat baru. Kode tersebut hanya akan muncul di akun yang kamu percaya, seperti smartphone pribadi kamu. Dengan begitu, yang memiliki akses untuk masuk ke akun Facebook hanyalah diri kamu sendiri.

Cara mengaktifkan fitur Two-Factor Authetification yaitu: 

  1. Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas .
  2. Pilih Pengaturan & Privasi.
  3. Klik Pengaturan.
  4. Pilih Keamanan dan Info Login.
  5. Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Gunakan autentikasi dua-faktor.

Gunakan Fitur ‘Peringatan Login’

Source : Freepik

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur berupa ‘Peringatan Login’, sehingga Facebook akan memberikan notifikasi jika ada perangkat atau browser lain yang tak dikenali. Peringatan ini juga akan memberikan info mengenai perangkat apa yang digunakan, beserta lokasinya.

Cara mengaktifkan fitur Peringatan Login yaitu:

  1. Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas.
  2. Pilih Pengaturan & Privasi.
  3. Klik Pengaturan.
  4. Pilih Keamanan dan Info Login.
  5. Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal.
  6. Pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang kamu inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email.
  7. Simpan Perubahan.

Bagaimana Pins, sekarang kamu sudah lebih paham kan tentang cara melihat perangkat lain masuk ke akun Facebook? Selain itu, kamu juga saat ini sudah bisa mencari cara untuk mengamankan akun agar terbebas dari pembajakan. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Melaporkan Akun Facebook Yang Di Hack

Featured image source: CNBC Indonesia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download