BlogHome ServiceKebersihan RumahCara Melipat Baju di Lemari Sempit, Anti Kusut!
0
0

Cara Melipat Baju di Lemari Sempit, Anti Kusut!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak semua orang beruntung memiliki lemari dengan space yang luas. Terlebih lagi untuk anak kos ataupun Pins yang punya satu lemari dan dipakai untuk beberapa orang. Faktanya, ada cara melipat baju di lemari sempit yang bisa Pins ikuti kok.

Cara-cara yang kami bagikan ini tak hanya membuat lemari mungil Pins bisa menyimpan baju lebih banyak. Lebih dari itu, isi lemari juga lebih rapi. Kini, meski terburu-buru Pins tak akan membuat susunan pakaian berantakan.

Cara Melipat Baju di Lemari Sempit

Pada dasarnya, seni untuk melipat pakaian dengan rapi tak hanya berlaku untuk lemari sempit. Jika Pins mau, cara-cara ini tetap bisa diterapkan untuk lemari besar. Pasalnya, metode ini bisa menghasilkan lemari yang lebih rapi.

Ingat, saat lemari pakaian Pins rapi, maka tidak akan sulit menemukan apa yang dicari. Ini tentu berbeda kalau lemari isinya berantakan. Tak hanya sulit mengambil dan meletakkan pakaian, bisa saja lemari Pins jadi sarang kecoa dan serangga.

Menakutkan, bukan? Yuk, rapikan lemari sempit dengan cara melipat pakaian ala Marie Kondo berikut sesuai dengan jenis pakaiannya.

T-Shirt atau Kaos

cara melipat baju di lemari sempit
Source : One Kings Lane

T-shirt adalah salah satu jenis pakaian yang paling mudah untuk dilipat. Biasanya material t-shirt sendiri lembut dan mudah untuk sekedar Pins gulung atau lipat. Tapi, Pins bisa melibat t-sirt dengan cara berikut ini.

Ambil t-shirt yang akan Pins lipat. Letakkan di atas permukaan yang datar ya. Lipat satu sisi t-shirt ke bagian tengah. Tekuk ujung lengannya ke dalam. Ulangi langkah tersebut untuk melipat sisi lainnya.

Dari langkah ini, maka t-shirt Pins akan membentuk persegi panjang, kan? Lipat t-shirt bagian bawah ke atas dan sisakan sedikit space. Lipat lagi bagian tengah 2 kali dan rapikan sampai t-shirt bisa berdiri tegak.

Mudah bukan melipat kaos tanpa takut kusut? Sekarang Pins bisa menyimpan t-shirt dengan arah horizontal ataupun vertikal di dalam lemari.

Cara Melipat Underwear (Celana Dalam)

cara melipat baju di lemari sempit
Source : Pinterest

Underwear atau celana dalam pada dasarnya memang tidak butuh space terlalu banyak. Namun, untuk lemari sempit Pins bisa saja kesulitan dalam menyimpan.

Pertama, letakkan underwear di atas permukaan rata. Lipat bagian segitiga underwear ke bagian atas. Baru lipat bagian kiri dan kanan ke dalam.

Lanjutkan dengan melipat dari bawah ke atas. Lipatan ini akan membuat celana dalam berbentuk pipih dan bisa Pins berdirikan dengan tegak.

Dalam mempraktekkan cara ini, pastikan karet underwear terlihat ya. Jika tidak terlihat, berarti Pins salah langkah dalam melipatnya.

Baca juga: Tips dan Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat

Celana Panjang

Source : Neighbor

Underwear dan t-shirt rata-rata menggunakan material yang lembut dan mudah Pins lipat atau gulung. Tapi bagaimana dengan celana, atau bahkan jeans?

Pada dasarnya, jeans adalah bahan yang bisa dilipat, tetapi tentu tetap akan makan tempat, apalagi jika Pins melipat secara asal. Karena itu, ikuti langkah berikut agar jeans-mu lebih rapi dan ringkas saat disimpan.

Letakkan jeans di atas permukaan rata. Pastikan tempatnya cukup untuk menampung panjang celana. Pins bisa memilih meja, lantai, ataupun kasur untuk melipat. Posisi bagian sisi kanan dan kiri jeans harus bertumpuk.

Jadi, Pins bisa lipat bagian kiri ke atas bagian kanan. Pins pasti melihat area selangkangan menonjol kan? Lipat bagian ini ke dalam sehingga celana jeans terlihat satu garis. Lipat bagian kaki jeans ke arah pinggang. Jangan lupa sisakan sedikit bagian atas ya.

Kemudian, lipat sekali lagi ke arah dalam. Beres deh, celana jeans bisa Pins simpan dalam posisi berdiri tegak tanpa memakan space. Sisanya, kamu bisa menata baju dengan baik di lemari yang sempit, deh.

Sweater dan Lengan Panjang

Source : Youtube

Outfit berlengan panjang pasti jadi favorit banyak orang. Apalagi jika cuacanya cenderung hujan dan dingin. Ketika Pins menyimpan sweater dan pakaian lengan panjang secara asal, maka bisa membuat susunan pakaian berantakan. Apalagi saat Pins terburu-buru.

Tapi jangan khawatir. Dengan cara melipat baju di lemari sempit ini, susunan pakaian Pins akan lebih rapi.

Pertama, letakkan pakaian di atas permukaan datar atau rata. Lipat sisi kanan lengan ke dalam secara horizontal. Kemudian tekuk posisi lengan sehingga masuk ke bentuk persegi panjang.

Ulangi langkah tadi untuk melipat lengan sisi kiri. Setelahnya, maka pakaian akan membentuk persegi panjang. Lanjutkan dengan melipat pakaian dari bawah.

Lipat lagi hingga posisi pakaian lebih kecil dan bisa berdiri tegak. Pins bisa meletakkannya dalam posisi horizontal atau vertikal saat menyimpan di lemari.

Tips Merapikan Lemari Sempit

cara melipat baju di lemari sempit
Source : Unsplash

Melipat pakaian saja tak akan membuat lemari sempit lebih luas. Sebaliknya, Pins juga harus menata jlibab dan pakaian lainnya sesuai jenis. Misalnya, kaos lengan panjang dan pendek tidak boleh dicampur. Begitu juga celana pendek dan panjang.

Sebisa mungkin susun berurutan agar Pins tidak bingung saat mengambil. Jangan lupa untuk menyimpan underwear dan bra di space yang berbeda. Meski terlihat mungil, tapi keduanya bisa makan tempat jika diletakkan dengan asal.

Bagaimana dengan pemisahan warna? Ini juga bisa Pins lakukan kok. Tapi pastikan tidak bingung saat mengambil pakaian, mengingat warna-warnanya sama dalam setiap kelompok. 

Meskipun cara di atas bertajuk melipat baju di lemari sempit, Pins juga bisa menggunakannya untuk hal lain. Salah satunya saat akan bepergian. Lipat pakaian Pins dengan cara di atas agar tas atau koper muat lebih banyak barang.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download