BlogHome ServiceKebersihan RumahBegini Cara Melipat Dasi yang Benar, Mudah dan Cepat!
0
0

Begini Cara Melipat Dasi yang Benar, Mudah dan Cepat!

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara melipat dasi lebih dari sekadar penyimpanan tetapi juga perawatan. Sebab, dasi yang terbuat dari bahan khusus bisa cepat rusak jika tidak dilipat dengan benar.

Jenis kain yang dipakai untuk membuat dasi ada empat, yaitu sutra, satin, polyester, dan wol. Masing-masing kain ini memberikan kesan berbeda dan perawatannya juga berbeda.

Lantas, bagaimana cara melipat dasi yang benar supaya awet dan tetap bagus? Simak tips berikut ini, yuk!

Jenis-jenis Dasi

Source : Freepik

Jenis dasi sendiri ada dua macam, yakni dasi panjang dan dasi kupu-kupu. Bagi yang belum tahu, dasi kupu-kupu umumnya digunakan untuk acara pesta formal seperti pesta pernikahan dan makan malam.

Sementara itu, dasi panjang lebih cocok digunakan untuk kegiatan formal yang berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya, acara kantor, konferensi, atau meeting dengan klien.

Penggunaan dasi kupu-kupu juga dipadukan dengan tuksedo, sedangkan dasi panjang bisa dipadukan dengan jas atau kemeja saja.

Baik dasi kupu-kupu maupun dasi panjang kini ada versi instan. Artinya, dasi ini dijual dalam bentuk simpul dasi yang siap pakai secara langsung.

Sementara itu, jika dilihat dari bahannya, dasi berbahan sutra terkesan mewah dan elegan sedangkan dasi satin tampak glossy dan shiny. Keduanya cocok dipakai untuk acara formal megah.

Adapun dasi polyester menyerupai sutra, tidak mudah menyerap air, dan sangat mudah dibersihkan. Namun, jenis bahan yang paling banyak digunakan justru adalah bahan wol.

Baca juga: Cara Melipat Baju di Lemari Sempit, Anti Kusut!

Bersihkan Dasi yang Akan di Lipat

Source : The Art of Manliness

Langkah pertama adalah menyiapkan dasi yang akan dilipat. Pastikan dasi sudah dalam keadaan bersih, ya.

Cara membersihkan dasi bisa dicuci dengan mesin cuci maupun dicuci dengan tangan, tergantung pada jenis dasi dan bahannya. Biasanya ada label petunjuk pencucian pada dasi. Pastikan Pins membaca petunjuk ini sebelum mencucinya.

Setrika Dasi Sebelum Dilipat

Source : Youtube

Setelah dicuci, biasanya dasi akan kusut sehingga perlu disetrika dulu sebelum disimpan. Tujuan utama menyetrika adalah untuk menghaluskan tekstur dasi agar licin dan tidak kusut.

Di samping itu, menyetrika dasi juga bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur. Jadi, ketika nantinya disimpan dalam keadaan bersih, dasi tidak akan berjamur.

Yang perlu Pins perhatikan saat menyetrika adalah bahan dari dasi itu sendiri. Dasi berbahan sutra sebaiknya tidak disetrika secara langsung, tetapi dilapisi dengan alas di atasnya.

Teknik ini bertujuan agar panas dari setrika tidak merusak bahan sutra.

Kamu juga bisa menyemprotkan pelicin atau pengharum pakaian saat menyetrika dasi. Namun, pastikan produk yang digunakan tidak mengandung bahan yang dapat merusak kain dasi.

Baca juga: Cara Penggunaan Setrika Uap dengan Benar untuk Hasil yang Optimal

Teknik Melipat Dasi

Setidaknya ada 2 cara melipat dasi, yaitu dengan digulung dan dilipat. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menggulung Dasi

Source : Container store

Menggulung dasi sangat mudah dan termasuk teknik yang paling banyak dilakukan. Caranya adalah dengan menghamparkan dasi, kemudian menggulungnya dari salah satu ujung yang kecil.

Kelebihan dari teknik ini adalah sangat praktis dan membuat penyimpanan dasi tidak makan tempat. Namun, menggulung dasi bisa membuat tepiannya kusut. Teknik ini lebih cocok jika kamu menyimpan dasi di lemari atau laci.

Melipat Dasi Menjadi Dua

Teknik melipat dasi menjadi dua memang kelihatannya akan memakan tempat karena hasil lipatan masih panjang. Di samping itu, penyimpanannya juga tidak praktis untuk ditumpuk di lemari atau laci.

Namun, cara ini lebih ideal untuk menjaga bentuk dasi agar tidak kusut. Kalau kamu bepergian dengan membawa koper, melipat dasi menjadi dua justru lebih baik.

Selain menjaga bentuk dasi agar tidak kusut, dasi yang dilipat dengan cara ini bisa diselipkan di antara jas atau kemeja. Begitu sampai di tempat tujuan, kamu bisa langsung memakai dasi tanpa harus menyetrika dulu.

Menyimpan Dasi dengan Gantungan

Kalau mau menyimpan dasi dengan lebih praktis tanpa takut kusut, lebih baik menggunakan gantungan saja. Cara ini sangat praktis terutama kalau kamu sering memakai dasi.

Gunakan Gantungan Dinding

Source : The Modest Man

Tidak perlu membeli gantungan khusus, kamu bisa memanfaatkan gantungan yang dipasang di dinding. Kamu juga bisa memasangnya di balik pintu kamar, di sisi lemari, atau bahkan di pintu lemari.

Selain penempatan yang fleksibel, gantungan ini juga multiguna. Kamu bisa menggunakannya untuk menggantung sabuk, kunci, bahkan kemeja.

Buat Gantungan dengan Paku

Source : Bobvila

Tidak harus keluar uang untuk membuat gantungan dasi. Kamu hanya perlu paku dan papan saja untuk membuat gantungan dasi sendiri.

Bahkan, kamu juga bisa langsung memasang paku pada tembok atau sisi lemari. Namun, tentu saja cara ini akan sedikit merusak nilai estetika.

Pakai Ring Gorden

Source : dmcc

Menggunakan ring gorden untuk menyimpan dasi juga sangat praktis. Kamu bisa membeli ring gorden yang biasanya dijual dalam bundle satu lusin.

Kemudian, pasangkan pada hanger biasa dan langsung bisa dipakai untuk menggantung dasi. Buat para hijabers, gantungan semacam ini juga bisa dipakai untuk menggantung jilbab, lho.

Gunakan Gantungan Sabuk

Source : HGTV

Produk semacam ini sangat praktis dan didesain khusus untuk menyimpan sabuk maupun dasi. Kamu bisa memasangnya di bagian dalam lemari pakaian.

Bentuknya ramping sehingga tidak makan tempat. Jika perlu mengambil dasi atau sabuk, kamu tinggal menariknya keluar.

Pasang Gantungan di Balik Pintu Lemari

Source : Atlanta closet and storage solutions

Manfaatkan setiap space di dalam lemari dengan semaksimal mungkin. Alih-alih memasang gantungan dasi di dinding atau sisi lemari, coba pasang di balik pintu saja. Terlihat lebih rapi, kan?

Nah, itulah beberapa cara melipat dasi yang benar serta cara penyimpanannya. Semoga menginspirasi!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download