BlogLifestyleKecantikan15 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Ampuh!
0
0

15 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Ampuh!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 11, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
meluruskan rambut secara alamitop-right-banner

Model rambut merupakan salah satu hal yang cukup penting sebagai bagian dari style yang menunjukan kepercayaan diri. Pins mungkin berkeinginan untuk memiliki rambut yang lurus agar terlihat lebih rapih dan tidak keriting. Kamu ternyata bisa meluruskan rambut secara alami dengan bahan sederhana tanpa perlu pergi ke salon.

Pergi ke salon memang menjadi pilihan terbaik saat Pins ingin menggunakan model rambut pendek atau panjang yang stylist. Namun, biaya ke salon tentu tidak akan murah Pins, kamu akan menghabiskan biaya yang banyak apalagi untuk meluruskan rambut. Berikut cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Pins lakukan!

Menggunakan Minyak Zaitun

Source : Tribun

Meluruskan rambut secara alami dengan minyak zaitun sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama, siapkan minyak zaitun kira-kira dua sendok. Kemudian balurkan sedikit demi sedikit ke rambut sambil disisir. Setelah itu, tetap menyisir rambut Pins selama beberapa menit, jika sudah diamkan hingga minyak zaitun pada rambut kering dan meresap. Selanjutnya bersihkan rambut dengan cara keramas seperti biasanya.

Menggunakan Minyak Goreng

Source : Liputan6

Sebenarnya meluruskan rambut dengan minyak goreng tidak dibenarkan, Pins! Namun ada banyak orang yang menganggap bahwa minyak goreng ampuh untuk meluruskan rambut.

Sebaiknya gunakan minyak goreng dari minyak kelapa asli atau minyak zaitun. Sebab kandungannya dapat membantu untuk merawat rambut. Jangan gunakan minyak goreng biasa atau minyak goreng curah karena bisa membuat rambut super lepek dan rusak.

Cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yaitu, pertama siapkan minyaknya terlebih dahulu. Kemudian sedikit demi sedikit oleskan minyak tersebut ke rambut kepala. Sisir rambut hingga terlihat lurus, lalu biarkan selama beberapa jam. Jika sudah bilas rambut.

Baca juga:

Meggunakan Lidah Buaya

Source : Detik.com

Style rambut lurus memang terkesan lebih rapih Pins, selain minyak zaitun, lidah buaya juga sangat manjur dalam meluruskan rambut. Sebab lidah buaya memang sudah dipercaya sejak dahulu bisa menjadi bahan dalam perawatan rambut, selain itu lidah buaya memang terbukti khasiatnya untuk menutrisi rambut serta kulit kepala.

Pelurus rambut alami 20 menit ini memang sangat mudah digunakan. Caranya adalah siapkan lidah buaya yang ukurannya cukup besar. Kemudian cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Blender potongan lidah buaya tadi hingga mendapatkan cairannya. Jika sudah, ratakan cairan dari lidah buaya tersebut ke seluruh bagian rambut. Sisir rambut selama beberapa saat dan diamkan.

Selanjutnya bersihkan rambut dengan cara keramas. Sebaiknya lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu supaya rambut cepat lurus.

Menggunakan Cuka

Source : IDN Times

Cara meluruskan rambut secara alami yang bergelombang menggunakan cuka memang cukup banyak yang melakukannya. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat mudah. Pertama-tama siapkan cuka dan ambil beberapa tetes saja lalu dioleskan ke rambut yang bergelombang.

Selanjutnya ratakan dengan meremas-remas rambut agar cuka bisa meresap ke rambut. Sisir rambut hingga terlihat lurus selama beberapa menit. Kemudian bersihkan rambut dengan keramas sampai benar-benar bersih.

Memakai Sisir Pelurus Rambut

Source : Ceklist.id

Sisir pelurus rambut adalah solusi yang tepat untuk Pins guna menyisir rambut hingga lurus. Bahkan lurusnya adalah lurus yang sempurna dan tidak akan bergelombang tadi. Maka dari itu, pemakaian sisir ini sangat direkomendasikan untuk meluruskan rambut secara alami.

Menggunakan Minyak Almond

Source : Realfood

Minyak Almond juga bisa menjadi alternatif untuk cara meluruskan rambut secara alami. Caranya yaitu saat memakai conditioner waktu keramas, teteskan dua hingga empat tetes minyak almond ke dalam conditioner tersebut. Setelah itu usap-usap rambut agar minyak almond tercampur merata.

Setelah mandi dan berkeramas, tentu banyak yang ingin meluruskan rambutnya dengan menggunakan produk kondisioner yang bermerk. Namun, menggunakan kondisioner yang bermerk sekalipun tidak akan memberi efek yang maksimal dan optimal pada rambut, untuk solusinya Pins bisa menambahkan sekitar dua sampai empat tetes minyak almond pada kondisioner yang sudah diambil lalu balurkan secara merata ke rambut.

Baca juga:

Memakai Susu dan Telur

Source : iStockphoto

Gaya rambut yang rapih tentu menjadi impian semua orang, Pins bisa menggunakan Susu dan telur sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut. Caranya yaitu dengan mencampur susu dan telur menjadi masker rambut. Berikut langkah mudahnya:

  1. Sediakan satu hingga tiga butir telur dan ambil putih telurnya saja.
  2. Kemudian masukkan dua hingga tiga cangkir susu putih yang tidak mengandung bahan gula atau pemanis ke dalam putih telur tersebut.
  3. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur dengan rata.
  4. Selanjutnya lapisi tangan menggunakan sarung plastik atau karet, jika sudah oleskan masker dari susu dan telur tadi ke rambut sampai merata.
  5. Biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  6. Bungkus rambut Anda menggunakan shower cap atau topi mandi.

Menggunakan Santan dan Jeruk Nipis

Source : Honestdocs

Santan dan jeruk nipis apabila dicampurkan juga akan menjadi ramuan yang mampu meluruskan rambut dengan cepat. Caranya siapkan perasan jeruk nipis dan santan kelapa. Kemudian untuk membuat tampilan rambut yang lurus, campur keduanya hingga rata dan ratakan pada rambut. Biarkan ramuan ini kering dan bersihkan dengan air sampai bersih, atau bisa membersihkannya dengan cara keramas.

Menggunakan Minyak Kedelai

Source : Detik

Minyak kedelai ternyata juga bisa menjadi alternatif untuk meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding. Minyak kedelai juga mengandung nutrisi sangat baik, sehingga mampu merawat serta menjaga kesehatan rambut. Cukup mengoleskan minyak kedelai ke rambut secara tipis-tipis saja kemudian biarkan hingga kering. Jika sudah kering, kamu bisa keramas sampai bersih.

Baca juga:

Memakai Telur dan Yoghurt

Source : Kompas

Yoghurt serta telur adalah paduan yang pas guna membuat rambut tampak indah dan lurus. Kedua bahan ini memang sangat ampuh menjadi masker rambut yang berkhasiat menjadikan rambut tetap lurus. Meski telur baunya amis, namun baunya tersebut akan hilang setelah ditambahkan dengan yoghurt.

Cara membuat masker rambut dari kedua bahan ini yaitu, siapkan telur dan yoghurt. Kemudian campurkan keduanya hingga kental dan merata. Lalu oleskan secara merata ke rambut dan biarkan selama setengah jam hingga satu jam. Jika sudah, bersihkan rambut dengan keramas sampai benar-benar bersih.

Menggunakan Minyak Jarak

Source : Grid.id

Minyak jarak atau yang dikenal dengan minyak katsor adalah minyak yang bermanfaat untuk kecantikan. Minyak ini ternyata juga bisa membantu untuk meluruskan rambut yang ikal. Cara membuat minyak jarak sebagai ramuan pelurus rambut yaitu siapkan minyak jarak secukupnya kemudian panaskan. Selagi masih hangat, oleskan minyak jarak tersebut ke kulit kepala secara merata dan menyeluruh. Lakukan pijatan-pijatan kecil ke kepala selama beberapa saat.

Selanjutnya bungkus rambut menggunakan handuk yang telah direndam pada air hangat. Lakukan cara ini selama 30 menit lalu cuci rambut sampai bersih. Pins bisa melakukan cara ini dengan teratur seminggu sekali supaya rambut lurus cepat didapat.

Menggunakan Pepaya dan Pisang

Source : Healthline

Pisang dan pepaya jika disatukan akan menjadi ramuan penghalus rambut paling manjur. Cara membuat ramuan untuk meluruskan rambut secara alami dari kedua bahan ini sangatlah mudah. Sediakan buah pisang dan buah pepaya yang sudah masak, selanjutnya blender hingga halus kedua bahan ini sampai rata.

Jika sudah, ambil dan ratakan ke rambut sampai merata dan menyeluruh. Biarkan selama satu jam, barulah bersihkan menggunakan air atau keramas hingga bersih. Berikut langkahnya:

  1. Siapkan mangkuk sedang yang bersih.
  2. Ambil daging buah pisang dan pepaya yang sudah matang kemudian masukkan ke dalam mangkok tadi.
  3. Tumbuk keduanya hingga halus dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan satu sendok madu murni lalu aduk lagi hingga rata menggunakan sarung tangan plastik.
  5. Ratakan pada kulit dan rambut kepala kemudian tunggulah hingga keriang.
  6. Cuci rambut atau keramaslah menggunakan sampo.
  7. Jika sudah bilas lagi dan pakailah conditioner.
  8. Biarkan rambut Anda kering secara alami.

Menggunakan Daun Seledri

Source : Okezone

Daun seledri memang selalu dipercaya mampu membuat rambut tampak hitam dan juga sehat. Selain itu, manfaat seledri juga bisa membantu meluruskan rambut. Cara membuatnya sangat mudah, sediakan beberapa seledri kemudian blender dengan satu sendok air. Ratakan seledri pada rambut dan diamkan selama beberapa jam. Jika sudah bersihkan rambut dengan cara keramas.

Menggunakan Sari Apel

Source : Kompas

Sari apel ternyata bisa menjadi solusi untuk meluruskan rambut secara alami Pins, cuku dengan membilas rambut sudah mampu untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada rambut Selain itu, sari apel juga bisa menghilangkan keriting pada rambut. Cukup siapkan 2 sendok makan sari apel dan satu gelas air putih kemudian bilas rambut dengan sampo terlebih dahulu. Setelah itu gunakan cuka apel tadi pada rambut, kemudian keramas kembali.

Menggunakan Santan dan Jus Lemon

Source : Kompas

Santan dan jus lemon ternyata bisa digunakan untuk meluruskan rambut Pins! Caranya adalah dengan menyiapkan seperempat gelas santan dan satu sendok lemon yang sudah diperas. Campurkan santan dengan jus lemon kemudian diamkan semalaman. Di pagi harinya, kamu bisa mengoleska campuran tersebut ke rambut hingga ujungnya. Biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air dingin serta sampo.

Itulah beberapa cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah tanpa perlu melakukan rebonding. Memang tidah mudah untuk mendapatkan rambut lurus permanen, Pins harus melakukan cara-cara di atas secara rutin agar hasilnya maksimal.

Baca juga: 10 Model Skin Rambut Pria yang Keren

Featured image source: Seruni.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cahyya Residence Ngemplak dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download