BlogHome ServiceResep Masakan3 Cara Memasak Edamame yang Enak dan Mudah
0
0

3 Cara Memasak Edamame yang Enak dan Mudah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Edamame sering disajikan pada restoran di Jepang. Cara memasak edamame juga unik dan bisa bertahan bahkan hingga berhari-hari.

Rasanya manis dengan tekstur tidak terlalu renyah. Jika dibandingkan dengan kacang kedelai lebih empuk. Biasanya dijadikan cemilan sehat dan bergizi tinggi.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memasak edamame, ada baiknya ketahui dulu manfaatnya. Ada pula beberapa cara untuk memilih edamame berkualitas yang bisa Pins tiru.

Manfaat Edamame

Source : Shutterstock

Kandungan gizi pada edamame sangat tinggi. Berdasarkan Food Data Central U.S. Department of Agriculture dalam 100 gram kacang edamame terdiri atas :

  • Energi: 106 Kcal
  • Protein: 10,59 g
  • Besi (Fe): 2,12 mg
  • Kalium (K): 482 mg
  • Sodium (Na): 6 mg
  • Lemak: 4,71 g
  • Karbohidrat: 8,24 g
  • Serat: 4,7 g
  • Gula: 2,35 g
  • Kalsium (Ca): 59 mg

Manfaatnya sendiri beragam mulai dari menjaga kesehatan otak hingga kulit. Adapun kelebihan edamame bagi kesehatan ialah sebagai berikut :

Menjaga Kesehatan Kulit dan Tulang

Berdasarkan British Journal of Pharmacology menyatakan bahwa penuaan kulit bisa dilawan dengan kedelai. Edamame tergolong dalam jenis kedelai yang mampu mencegah kerusakan radikal bebas.

Selain itu edamame juga baik untuk kesehatan tulang. Di dalam kacang edamame mengandung fosfor sehingga zat besi yang baik untuk kesehatan tulang. Kepadatan tulang dapat ditingkatkan dengan konsumsi edamame.

Tingkatkan Imunitas

Menurut Jurnal Aging and Disease kekebalan tubuh kian menurun seiring bertambahnya usia. Rutin mengkonsumsi edamame adalah salah satu cara meningkatkan imunitas.

Selain itu mampu menurunkan infeksi. Edamame mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi.

Mencegah Berbagai Penyakit kronis

Konsumsi edamame secara rutin mampu mencegah berbagai penyakit. Misalnya saja mengurangi resiko kanker, hipertensi maupun penyakit.

Meningkatkan Kesuburan dan Mengurangi Gejala Menopause

Keunggulan lainnya dari konsumsi edamame adalah mampu meningkatkan kesuburan. Resiko gangguan ovulasi bisa dihindari. 

Selain itu edamame kaya akan isoflavon. Beberapa bakteri mengubah isoflavon menjadi equol untuk mengurangi gejala menopause. 

Baca Juga :

Cara Memilih dan Menyimpan Edamame

Source : Shutterstock

Edamame yang bagus tidak akan cacat. Warnanya hijau segar dan polongnya berbiji penuh. Edamame yang sugar akan memiliki rambut pada kulitnya. Biasanya kacang edamame sering dijadikan  campuran nugget.

Untuk menyimpan edamame hingga tahan setahun ada tiga cara. Diantaranya dibekukan, direbus setengah matang dan disimpan dalam wadah tertutup.

Rebus Setengah Matang

Jika tidak ingin mengkonsumsinya secara langsung bisa direbus setengah matang. Bersihkan edamame dan rebus dalam panci berisi air. Perebusan biasa memakan waktu 15-20 menit.

Bekukan

Pembekuan edamame akan membuat tekstur dan warnanya tetap sama. Suhu freezer harus tetap yakni minus lima. Dengan suhu ini edamame bisa bertahan bahkan hingga berbulan-bulan.

Masukan Ke Kontainer Kedap Udara

Dalam menyimpan edamame sebaiknya gunakan wadah tertutup atau kedap udara. Pins dapat menggunakan plastik seal atau kedap udara. Pastikan wadah tertutup rapat sehingga tidak terkontaminasi dengan makanan lainnya.

Baca Juga : Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Tepat

Cara Memasak Edamame

Edamame harus dimasak terlebih dulu agar bisa dinikmati. Ada tiga jalan dalam mengolah edamame yakni direbus, dipanaskan dengan microwave atau dengan pan sear. 

Pan Sear

Source : Pexels

Pan sear merupakan istilah untuk teknik memasak memakai suhu tinggi. Dalam teknik ini digunakan wajan atau pan yang memiliki penyerapan panas lebih merata. 

Caranya dengan memanaskan panci atau wajan besar. Sebaiknya gunakan wajan besi cor. Untuk mengecek wajan panas atau belum sebenarnya mudah.

Celupkan tangan ke air bersih lalu cipratkan air ke permukaan wajan. Bila berbuih maka wajan sudah siap untuk memasak edamame.  Masukan edamame kedalam wajan kemudian kecilkan api.

Masak hingga bagian bawah kacang kecoklatan lalu balik kacang edamame. Goyangkan sedikit saja untuk meratakan kematangannya. Bila dua sisi edamame sudah berubah kecoklatan dan empuk segera angkat.

Microwave

Source : Shutterstock

Bila memiliki microwave di rumah bisa dimanfaatkan untuk memasak edamame. Dengan microwave pengolahan edamame cepat dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Langkah awalnya adalah dengan memasukan kacang edamame dalam mangkuk tahan panas. Jika edamame masih segar maka cipratkan beberapa tetes air memakai tangan. Tetesan air ini arahkan ke permukaan kulit kacang edamame.

Tutup mangkuk kemudian masak memakai microwave hingga empuk. Lama memasaknya dalam microwave hanya butuh 1-3 menit saja. Setelah itu diamkan hingga kacang edamame dingin.

Baca Juga : 3 Tips dan Cara Memasak Nasi Merah Agar Tidak Kering

Direbus

Source : Pexels

Cara paling mudah untuk mengolah edamame ialah dengan direbus. Dalam merebusnya hanya dua bahan yang dibutuhkan yakni air dan garam. 

Mula-mula siapkan panci kemudian isi dengan air secukupnya. Setelah itu masukan garam cukup banyak lalu biarkan mendidih. 

Tambahkan edamame dengan kulitnya kedalam panci. Rebus hingga kacang bagian dalam mulai empuk. Kira-kira hanya butuh 5 menit saja edamame menjadi empuk.

Angkat edamame kemudian bilas langsung memakai air dingin. Pins bisa menambahkan bumbu sesuai selera untuk memperkaya rasanya. 

Apabila edamame baru dikeluarkan dari freezer maka rebus edamame beku hingga dua menit. Angkat kemudian tetap bilas dengan air dingin.

Cara memasak edamame yang benar akan membuat kandungan gizinya tidak berkurang. Selain itu edamame bisa dikonsumsi oleh segala usia mulai kalangan anak-anak hingga dewasa.

Nah, setelah Pins mencoba resep ini, jangan lupa membersihkan area dapur supaya tetap enak dilihat ya!

Jika butuh bantuan untuk bersih-bersih dapur, Pins dapat mencoba layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service yang terdapat di aplikasi Pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download