BlogHome ServiceElektronik6 Cara Memasang Antena TV di Rumah dengan Benar
0
0

6 Cara Memasang Antena TV di Rumah dengan Benar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Walau saat ini banyak platform streaming, penggunaan antena TV di Indonesia masih tetap laris manis. Lantas, bagaimana cara memasang antena TV di rumah hingga ke kabel antena dengan benar?

Pemasangan antena memang bisa meminta bantuan ahli. Jika Pins merasa percaya diri, tentu hal ini bisa dilakukan sendiri. Simak cara pasangan antena TV di bawah ini, yuk!

Cara Memasang Antea TV di Rumah

Berikut kami paparkan deretan cara memasang antena TV dengan baik dan benar yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Pilih Jenis Antena TV yang Tepat

cara memasang antena TV
Source : Youtube

Langkah pertama dalam cara memasang antena TV adalah Pins wajib menyediakan antena TV yang akan dipasang. Ada dua jenis antena TV sesuai dengan jenis televisi yang kamu miliki di rumah, yakni antena TV digital dan analog.

Jenis antena TV indoor tersedia untuk TV digital maupun analog. Buat kamu yang tinggal di kawasan kota dekat dengan pemancar TV, antena indoor sudah cukup untuk menangkap sinyal TV.

Kelebihan antena TV indoor adalah ukurannya yang mungil sehingga tidak memakan tempat dan mudah dipindahkan. Cara pasang antena TV juga lebih mudah, tetapi antena indoor tidak cocok untuk daerah pelosok.

Sementara itu, antena TV outdoor cocok buat kamu yang tinggal di daerah pinggiran, daerah perbukitan, ataupun kawasan yang banyak distorsi sinyal.

Kelebihan antena TV outdoor adalah kekuatan menangkap sinyal yang lebih tinggi. Namun, ukurannya besar dan harus dipasang di tempat tinggi sehingga cara pasang antena TV outdoor lebih sulit.

Pastikan juga untuk membeli antena TV berkualitas. Sebagai contoh, kamu bisa memilih antena TV dengan jumlah elemen yang banyak. Semakin banyak elemen, semakin besar pula sinyal yang bisa ditangkap oleh antena.

Cari Tempat atau Posisi untuk Memasang

Selanjutnya, kamu bisa mencari posisi untuk memasang antena. Satu yang pasti, posisi antena TV harus tinggi agar bisa menangkap sinyal dengan baik. Pasalnya, siaran TV memakai gelombang UHF yang termasuk direct wave.

Hal inilah yang membuat posisi pemasangan TV sangat berpengaruh terhadap daya tangkap sinyal.

Jika antena TV terpasang di posisi rendah, ada kemungkinan penerimaan gelombang akan terganggu. Ini bisa disebabkan propagasi alam dan bangunan tinggi yang sering jadi penghalang.

Pasang Penyangga Antena

Alat lainnya yang Pins perlukan untuk memasan antena adalah penyangga yang kokoh. Pins bisa memilih penyangga yang terbuat dari kay atau besi. Setelah itu, pasang antena di penyangga dengan tali. Bila perlu, tambahkan bracket di sekitar tiang.

Gunakan Kabel Antena dan Konektor yang Bagus

Source : Install My Antenna

Jika kamu tinggal di perkotaan atau dekat stasiun pemancar, pemasangan antena mungkin tidak begitu sulit. Bahkan, Pins bisa menggunakan kabel antena apa pun.

Sayangnya, hal ini akan berbeda jika Pins tinggal di area yang jauh dari stasiun pemancar TV. Untungnya, kabel antena yang bagus dan berkualitas bisa membantu menunjang penerimaan sinyal TV dengan baik.

Saat rumah kamu posisinya di perkotaan atau dekat stasiun pemancar, maka mungkin tidak sulit. Kamu bisa saja memakai kabel antena apapun. Terkait dengan penerimaan sinyal, kabel TV memiliki nilai hambatan sekitar 50 sampai 75 Ohm.

Selain memilih kabel yang bagus dan berkualitas, kamu bisa memperhatikan bagaimana cara pemasangan kabel. Pasang kabel dengan benar agar meminimalisir terjadinya korslet atau kabel kendur. Kedua kondisi ini bisa berpengaruh terhadap daya hantar sinyal.

Pasang Kabel Konektor ke TV

Tidak hanya kabel, kamu wajib memastikan konektor yang akan digunakan. Ada dua jenis input antena utama, yaitu koaksial RF dengan lubang di bagian tengah dan IEC yang memiliki lubang silinder di bagian tengah.

Jangan lupa untuk menghubungkan kabel dengan konektor, ya. Kemudian, konektor juga harus kamu sambung ke TV. Dengan begitu, kamu bisa menghubungkan jack ke lubang konektor di belakang TV. Sementara itu, ujung jack satunya kamu pasang ke antena.

Pastikan sambungan ini tidak longgar karena bisa berpengaruh terhadap kualitas gambar yang muncul.

Atur Arah Antena

cara memasang antena TV
Source : Jim’s Antenna

Setelah memastikan posisi antena sudah tinggi dan tidak terhalang oleh benda tinggi, lanjutkan dengan mengatur arah antena.

Arah antena sangat berpengaruh pada sinyal yang akan diterima oleh antena TV. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan hal ini sehingga siaran TV tidak lengkap atau jernih.

Mungkin kamu belum tahu, ada elemen antena yang bernama directional dan driven. Elemen directional memiliki fungsi mengarahkan gelombang TV.

Ini bertujuan memudahkan penerimaan gelombang TV oeh elemen driven. Elemen driven ini bertugas sebagai penerima sinyal TV.

Jadi, jangan malas untuk mengatur arah antena agar menghadap ke stasiun pemancar TV. Jika kamu tidak tahu di mana posisi pemancar TV  yang tepat, kamu tinggal bereksperimen dengan mengubah posisi antena.

Baca juga: Ikuti Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Berikut Ini

Pakai Antena Outdoor

Source : Terrsat

Pada dasarnya, ada dua jenis antena yang bisa kamu pasang di rumah. Antena outdoor dan indoor. Tetapi mana yang lebih baik?

Pertama, kamu harus tahu bagaimana lokasi tempat tinggalmu. Apakah areamu memiliki pancaran sinyal TV yang bagus atau tidak. Bila rumah berada di dekat pemancar, kamu bisa saja menggunakan antena indoor.

Namun, untuk area yang jauh dari jangkauan pemancar, sebaiknya pakai antena outdoor. Ini karena pemakaian antena TV outdoor bisa menerima gelombang frekuensi dengan lebih baik.

Jika kamu ragu untuk menentukan apakah areamu bagus sinyalnya atau tidak, sebaiknya tetap pakai yang outdoor saja.

Pakai Booster Bila Benar-benar Perlu

cara memasang antena TV
Source : IndiaMART

Langkah terakhir dalam cara pasang antena TV adalah mempertimbangkan penggunaan booster. Ini adalah penguat sinyal yang bisa kamu temukan di toko dekat rumah ataupun marketplace.

Saat ini ada cukup banyak jenis, tipe, dan kualitas booster yang bisa Anda beli. Untuk memaksimalkan kualitas sinyal, kamu sebaiknya memilih booster dengan daya penguatan terbaik.

Jika kamu sudah menerapkan cara memasang antena TV di atas, acara nonton TV di rumah tidak akan terganggu lagi. Selamat mencoba!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download