BlogHome ServiceElektronikWaktu dan Cara Mematikan Kulkas yang Benar
0
0

Waktu dan Cara Mematikan Kulkas yang Benar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kulkas pada umumnya bekerja 24 jam. Fungsinya sebagai pengawet makanan lalu jika Pins bepergian perlukan dimatikan? Lalu bagaimana cara mematikan kulkas yang benar ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut Pins bisa mengikuti ulasan dibawah ini! Terdapat kiat untuk merawat kulkas ketika hendak berlibur dalam jangka waktu yang lama serta apa saja hal yang perlu dihindari ketika mati lampu.

Perlukah Kulkas Dimatikan ?

Source : Shutterstock

Ketika kulkas dimatikan tentu bahan makanan didalamnya akan mudah rusak karena kenaikan suhu. Kulkas yang menyala juga meningkatkan tagihan listrik di rumah. Bila Pins bepergian lebih dari 4 minggu maka sebaiknya kulkas dimatikan.

Ada dua jenis kulkas yang kini tersedia di pasaran. Diantaranya adalah yang memakai teknologi direct cool serta inverter. Kulkas dengan direct cool akan memakan lebih banyak listrik daripada yang memakai kulkas inverter.

Mematikan kulkas dalam kurun waktu pendek yakni 2-4 minggu tidak memberikan dampak signifikan. Kulkas inverter umumnya mampu menghemat listrik dan hanya menggunakan kurang dari 300 unit listrik per tahunnya.

Baca Juga:

Perlukan Mematikan Kulkas Dengan Cabut Colokannya ?

Source : Shutterstock

Kulkas dirancang untuk bekerja setiap hari agar kesegaran makanan tetap terjaga. Mencabut colokannya sembarangan memberikan dampak yang tidak baik bagi lemari pendingin.

Ketika mencabut colokan kulkas dari stop kontak lalu memasukannya kembali tanpa disadari Pins telah membuat kompresor tidak menyala. Ini diakibatkan oleh akumulasi tekanan.

Kompresor pendingin berada di tengah siklus pendingin. Dengan segera mencolokan kulkas bisa membuat kerusakan pada kompresor. Jika Pins telah mencabut colokannya hal terbaik yang bisa dilakukan menunggu sampai 15 menit.

Baru setelah itu colokan kembali ke stop kontak. Kulkas yang dicabut daya listriknya akan mampu meningkatkan suhu sehingga kelembaban sulit terjaga. Tidak ada salahnya mencabut colokan dari stop kontak dalam waktu lama.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Mematikan Kulkas Yang Benar ?

Source : Shutterstock

Lalu bagaimana cara mematikan kulkas yang benar? Pada dasarnya caranya sederhana namun memakan banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika di dalam kulkas masih memiliki banyak makanan. 

Bersihkan Dulu Bagian Dalam Kulkas

Bila kulkas masih berisi makanan segera keluarkan semuanya. Baik dalam freezer maupun chiller ataupun bagian penyimpanan pintu. Pins bisa mengolah makanan dengan segera untuk menghindari pembusukan.

Matikan Freezer

Setelah itu matikan suhu freezer agar mudah membersihkannya. Suhu freezer yang dimatikan mampu melelehkan bunga es menumpuk. Pins tidak perlu mencungkil bunga es yang beresiko merusak dinding freezer.

Tidak hanya mematikan suhu freezer saja namun juga kontrol suhu. Matikan pengatur suhu dan suplai air dengan mengikuti buku petunjuk manual dengan benar.

Baca Juga:

Jaga Agar Tetap Kering

Bakteri mudah sekali berkembang di tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Cara mencegahnya ialah dengan mengeringkan kulkas memakai kain bersih usai dibersihkan.

Pins dapat memakai kain microfiber yang terkenal menyerap air dengan cepat. Selain itu kain ini juga memiliki permukaan yang halus. Dinding kulkas tidak akan tergores saat digosok.

Buka Pintu Kulkas

Bantu pengeringan dengan membuka pintu kulkas. Tujuannya membantu sirkulasi udara di kulkas sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap atau jamur. 

Cabut Colokannya

Bila semua hal diatas telah terpenuhi baru cabut colokannya. Bila ingin dinyalakan kembali tunggu minimal 15 menit. Mencabut colokan bila bepergian dalam waktu lama merupakan tindakan untuk menghindari resiko arus pendek.

Baca Juga :

Hindari Hal Ini Pada Kulkas Saat Mati Lampu

Source : Shutterstock

Bila mati lampu apa hal yang perlu dihindari agar kulkas tetap bekerja optimal? Nah untuk menjawab pertanyaan ini bisa mengikuti beberapa poin dibawah ini!

Hindari Buka Tutup Kulkas

Ketika mati lampu sebaiknya biarkan kulkas tertutup selama mungkin. Tujuannya agar udara dari luar tidak mudah masuk ke lemari pendingin.

Berdasarkan USDA yakni Departemen Pertanian Amerika Serikat, pemadaman listrik  akan membuat lemari es tetap dingin hingga empat jam bila pintunya tertutup rapat. 

Sementara bagian freezer yang tertutup dapat mempertahankan suhunya 24 jam jika setengah terisi.

Jaga Suhu Awalnya

Suhu sebelum mati lampu diatur dibawah 4 derajat celcius untuk bagian chiller. Sementara pada freezer sebaiknya sekitar minus 17 derajat celcius. Pins dapat meletakan pengukur suhu di dalam lemari es guna mengantisipasi listrik padam.

Tambahkan Es Batu

Pins dapat memberikan tambahan kantong es yang disimpan pada freezer. Dengan begitu suhu dingin bisa tetap terjaga. Umumnya freezer memiliki kotak pembuat es yang bisa digunakan untuk menyediakan es batu.

20 kg es kering mampu membuat lemari pendingin mempertahankan suhu dinginnya selama 18-24 jam. USDA merekomendasikan untuk memakai botol air dalam freezer.

Kelompokan Makanan Beku

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) direkomendasikan untuk mengelompokan semua makanan beku di freezer. Tujuannya adalah membantu makanan tetap dingin dalam waktu lama.

Pins bisa memakai wadah kedap udara sehingga suhu tetap stabil. Pindahkan makanan yang mudah basi ke freezer. Freezer memiliki suhu dingin yang lebih rendah dibandingkan chiller.

Itulah beberapa cara mematikan kulkas yang benar. Selain itu penting menjaga suhu tetap dingin saat mati lampu dan cara tepat mencabut colokan kulkas dari stop kontak.

Tidak hanya kulkas saja yang perlu dirawat. Pins juga perlu melakukan servis pada alat elektronik lain seperti AC. 

Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download