BlogHome ServiceElektronikSimak! Begini Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas dengan Benar
0
0

Simak! Begini Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas dengan Benar

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengapa bisa paham cara membaca kode kompresor kulkas menjadi penting? Karena tanpa disadari, kode pada kompresor kulkas memberikan banyak informasi yang bisa menjadi patokan ketika akan membeli kulkas yang sesuai kebutuhan.

Ada beberapa cara membaca kode kompresor kulkas, terutama dari kode resmi yang tertera di spesifikasi kompresor. Ada panduannya yang memberikan arti dari setiap huruf atau angka yang tertera. Panduan membaca di bawah ini sifatnya untuk membantu mengetahui cara membaca dari kode kompresor, karena bisa jadi ada perbedaan dari kode kompresor tergantung dari merek dan jenis kulkasnya.

Baca Juga:

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Source : Freepik/tonodiaz

Kita ambil contoh kulkas dengan kode AE A 4 430 Y – 1.

Baca Juga: 7 Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya

AE: kelas kompresor

Dua huruf awal adalah kode kelas kompresor yang digunakan untuk kulkas. Selain AE, ada pula kelas kompresor lain seperti AZ, AW, WJ bahkan AZA. Jadi perlu dipahami jika setiap kulkas mungkin memiliki kelas kompresor yang berbeda.

A: model kulkas

Kode satu huruf mewakili terbitan kulkas tersebut. Biasanya, kode menandakan jika kulkas tersebut adalah rilisan pertama atau yang pertama kali diterbitkan dari seri tersebut. Kode B menandakan terbitan kedua kulkas dari suatu produksi.

4: applicant

Applicant di sini memiliki arti low back pressure with high starting torque. Artinya adalah kulkas ini bertekanan rendah dengan kekuatan torsi awal yang tinggi.

Y: refrigerant / pendingin

Yaitu tipe pendingin yang digunakan di dalam kulkas tersebut. Untuk Y, tipe yang dipakai adalah pendingin R134a. Ada Lagi kode-kode lain yang berarti memiliki tipe pendingin yang berbeda. Ada kode A,V dengan pendingin R12, kode E berarti memiliki pendingin R22. Sementara kode J adalah pendingin R502, kode Z biasanya menggunakan pendingin R404A atau R507. Sementara kode G menggunakan pendingin R22/R407C dan kode M memakai pendingin R600a.

1: kode daya listrik yang dikonsumsi

Kode angka terakhir setelah tanda strip (-) berarti besarnya daya listrik yang digunakan oleh kulkas tersebut. Angka 1 berarti 115 V/60 Hz, angka 2 mengonsumsi daya atau bertekanan 208-230 V/60 Hz. Sementara angka 3 di daya 100V/50-60 Hz dan angka 4 berarti menguras daya 110V/60 Hz. Namun jangan bingung jika tidak ada kode angka kompresor di akhir. Karena itu tandanya kulkas tersebut mengkonsumsi daya listrik sebanyak 220-240 V/50 Hz.

Ternyata tidak hanya dari kode saja bisa membedakan kompresor yang digunakan, Pins. Tapi secara kasat mata, kita juga bisa menentukan kompresor atau spesifikasi dari kulkas yang memudahkan kita untuk memilih perangkat yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 8 Penyebab Freezer Tidak Bisa Beku dan Cara Mengatasinya

Cara Lain Mengidentifikasi Kompresor

cara membaca kode kompresor kulkas
Source : Alibaba

Dimensi Kulkas

Ukuran kompresor bisa dibedakan dilihat dari ukuran unit kulkas. Yaitu dengan cara mengalikan Panjang, lebar dan tinggi kulkas, alias menghitung volume dari kulkas itu sendiri.

Jumlah Pintu Kulkas

Ada juga yang bisa membedakan kompresor berdasarkan jumlah pintu kulkasnya. Sebagai contoh, kulkas model 1 pintu umumnya menggunakan kompresor ¼ PK, 1/5 PK, 1/6 PK atau 1/8 PK. Nah setiap PK ini memiliki daya yang berbeda pula.

Misalnya, ¼ PK berdaya 0,84 Ampere dan 1/6 PK memiliki daya 0,56 Ampere. Sementara 1/8 PK biasanya memiliki daya 0,42 PK. Jadi kamu bisa lebih menyesuaikan dengan tegangan, listrik dan daya yang ada di rumah atau ruanganmu, Pins.

Nah, bila kamu telah memahami cara membaca kode, baik dari seri yang tertulis resmi maupun secara fisik dari kulkasnya, Kamu bisa menentukan kompresor dan hal-hal yang mempengaruhi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, seperti berapa Ampere yang ada di dalamnya, atau mengetahui besar tegangan listrik yang dibutuhkan untuk 1 kulkas tersebut. Hal ini berguna untuk mencocokkan dengan listrik di rumah/gedung yang tersedia agar daya listrik stabil dan tidak sering turun.

Karena meskipun tidak membuat mati tiba-tiba, daya listrik yang naik-turun atau tidak stabil bisa mempercepat kerusakan kulkas dan bisa berakibat komponen-komponen di dalamnya cepat aus. Kamu pasti tidak ingin kulkas jadi tidak dingin atau tidak mampu defrost atau mencairkan bunga es secara otomatis tergantung dari fitur yang ada.

Baca Juga: 6 Merk Kulkas untuk Listrik 450 Watt

Cara Mengetahui Kompresor Bermasalah

Persoalan daya ini bisa juga diatasi dengan menggunakan stabilizer yang terhubung dengan kulkas agar listrik yang masuk ke dalam kulkas tetap stabil dan tidak naik-turun. Lalu bagaimana jika sampai ada masalah pada kulkas dan mengetahui kompresornya bermasalah?

Ada beberapa tanda yang bisa diidentifikasi jika kinerja kulkas mulai menurun atau menimbulkan masalah. Yang pertama tentu pendingin kulkas tidak bekerja maksimal dan terasa sudah tidak sedingin biasanya. Selanjutnya ada suara kompresor yang bising dan mengganggu seperti berdengung ataupun keras yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Persoalan lainnya karena ampere kompresor yang melebihi batas normal dan yang terburuk adalah kompresor sudah tidak mau menyala lagi. Jika sudah seperti itu, ada baiknya memanggil tenaga ahli atau service center resmi untuk memperbaiki kompresor yang rusak.

Informasi tambahan, cara membaca kode kompresor kulkas di atas juga berlaku internasional. Tapi semua tetap kembali ke masing-masing pabrikan atau produksi yang ada di Indonesia maupun negara lain yang pada dasarnya memang sama.

Semoga bermanfaat dan membantu Kamu dalam memilih kulkas yang sesuai kebutuhan dan budget ya, Pins! Selain itu, AC yang sering berada di dalam rumah juga memerlukan perawatan pada beberapa komponennya, Pins! Kamu bisa menggunakan jasa servis dan cuci yang disediakan oleh Pinhome Home Service lewat aplikasi Pinhome. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik/tonodiaz

Baca Juga: Harga Murah! Kulkas 1 Pintu Dibawah 1 Juta


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download