BlogHome ServiceKebersihan Rumah12 Cara Membasmi Tungau dengan Bahan Alami di Rumah
0
0

12 Cara Membasmi Tungau dengan Bahan Alami di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh rahman

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tungau sering muncul pada kasur dan mampu membuat kulit gatal. Untungnya, Pins bisa membasmi tungau dengan cara memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar rumah.

Tungau sendiri memiliki ukuran 0.5 cm sehingga sulit untuk membasminya secara langsung. Sementara itu, Penyebab utama hewan ini muncul adalah kebiasaan menumpuk pakaian kotor pada tempat tidur.

Namun, ada beberapa cara menghilangkan tungau kasur. Cara menghilangkan tungau perlu diselingi dengan menjaga kebersihan.

Misalnya, Pins harus rutin mengganti sprei kotor dan menjaga perlengkapan tidur tetap bersih. Pasalnya, hewan ini sangat menyukai keringat manusia. 

Cara Membasmi Tungau di Rumah

Ada banyak cara untuk membasmi tungau di rumah yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Pins tak perlu membeli produk khusus pembasmi tungau untuk mengatasinya.

Pins hanya perlu pergi ke dapur dan mencari bahan-bahan alami yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

Cuci dengan Air Panas

Source : Freepik

Cara menghilangkan tungau yang pertama adalah dengan mencuci perlengkapan tidur memakai air panas. Lakukan perendaman dengan suhu air panas diatas 32 derajat celcius selama lebih dari satu jam.

Tambahkan deterjen antibakteri untuk membunuh tungau hingga telurnya. Ketika menjemur cucian, pastikan kering sempurna karena tungau senang sekali dengan tempat yang lembab.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

cara membasmi tungau
Source : Unsplash

Cara menghilangkan tungau kasur paling sederhana adalah dengan menjemurnya tepat di bawah sinar matahari. Jangan lupa memindahkan barang-barang terlebih dahulu sebelum dijemur agar tungau tidak berpindah tempat. 

Selama menjemur, Pins sebaiknya sesekali memukul kasur, bantal, atau guling. Dengan begitu, kotoran tungau dan debu yang hinggap pada perlengkapan tidur akan luruh seketika. Penjemuran sebaiknya dilakukan  selama 2-3 jam.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Spring Bed dengan Mudah Hingga Bersih

Sedot dengan Vacuum Cleaner

Source : Freepik

Ukuran tungau sangat kecil sekali sehingga sulit menghilangkannya jika hanya mengandalkan tebah. Untuk itu, Pins bisa memanfaatkan vacuum cleaner sebagai cara membasmi tungau. 

Disarankan memakai vacuum cleaner tangan kemudian sedot ke setiap sisi kasur. Panaskan terlebih dahulu vacuum cleaner dengan suhu 40 derajat celcius. Saat pengaplikasiannya, gunakan efek putaran sentrifugal pada bagian corong debu.

Lakukan penyedotan pada beberapa perabotan sekitar kasur seperti karpet dan lainnya. Dengan begitu, tungau dapat tersedot hingga 99%.

Apabila tidak memiliki vacuum cleaner, Pins dapat menggantinya dengan setrika uap atau hair dryer. Pastikan menggunakan hair dryer dengan setting suhu panas. Uap panas dari alat ini mampu membunuh tungau.

Baca juga: 13 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik, Bagus dan Murah!

Tabur Silika Gel

Source : Pinterest

Pins tahu tidak kalau silica gel menjadi salah satu cara menghilangkan tungau kasur yang paling mudah. Silica gel merupakan bahan yang berfungsi mengawetkan makanan atau barang yang mudah berjamur. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu menaburkan silika gel ke seluruh area kasur. Taburkan pula ke beberapa area kamar seperti sudut ruangan atau tempat yang mudah lembab.

Manfaatkan Larutan Garam

cara membasmi tungau
Source : Unsplash

Memanfaatkan larutan garam bisa menjadi cara menghilangkan tungau dengan biaya murah meriah, tapi efektif. Larutkan garam dengan air kemudian masukan ke dalam botol semprot.

Garam ternyata mampu membunuh parasit seperti tungau. Cukup semprotkan ke beberapa bagian yang dicurigai sebagai sarang tungau.

Kasur yang memiliki bintik-bintik merah adalah tanda sarang tungau. Area yang kotor dan lembab juga perlu mendapatkan semprotan larutan garam ini.

Gunakan Cuka

Source : Unsplash

Selain garam, Pins dapat memanfaatkan cuka untuk memberantas tungau. Walaupun berbau kecut, gabungan cuka dan air sangat efektif menghilangkan tungau.

Cara membasmi tungau memakai cuka bahkan mampu menghilangkan hingga ke bagian telur. Pengaplikasiannya lebih mudah bila memakai botol semprot.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Lelehkan Lilin

cara membasmi tungau
Source : Unsplash

Selain dapat mengusir lalat yang beterbangan, cairan lilin mampu membasmi tungau. Cara menghilangkan tungau kasur dengan lilin cukup meneteskan cairannya secara merata pada celah yang menjadi tempat kutu bersarang.

Lakukan secara merata dan hati-hati. Setelah lelehan lilin mengering, Pins dapat mengeruk tungau dengan tangan. Tungau juga akan mati bersama dengan lelehan lilin yang telah mengering.

Letakan Kulit Durian atau Bunga Pandan

Source : Unsplash

Siapa yang menyangka bahwa bau kulit durian dan bunga pandan adalah salah satu cara menghilangkan tungau secara efektif. Konon, aroma durian juga ampuh untuk mengusir tikus.

Pengaplikasiannya cukup letakan kulit durian atau bunga pandan di dalam kamar. Tutup rapat semua ventilasi agar dapat mengunci bau tanaman ini.

Semprot Sari Bawang

Source : Unsplash

Selain bau buah durian atau pandan , Pins bisa memakai bau bawang. Caranya mudah yakni menghaluskan beberapa bawang putih hingga mencair dengan blender.

Tambahkan sedikit air lalu masukan kedalam botol semprot. Semprot ke titik-titik dimana tungau bersarang. Tunggu beberapa jam lalu tungau yang bersarang pada tempat tidur akan keluar dengan sendirinya dan pingsan.

Taburkan Daun Sirsak

Source : Pinterest

Cara membasmi tungau selanjutnya adalah dengan menaburkan daun sirsak. Daunnya memiliki bau yang cukup tajam walau tak sebau kulit durian.

Petik daun sirsak secukupnya kemudian taburkan ke area kasur. Dengan  begitu, tungau tidak akan berani datang mendekati kasur.

Selipkan Bunga Lavender

Source : Freepik

Aroma bunga lavender tak hanya ampuh membasmi tungau, tetapi juga berfungsi sebagai aroma relaksasi. Lavender juga tidak disukai oleh nyamuk.

Pins bisa mengeringkan bunga lavender kemudian selipkan ke celah-celah kasur. Selain dikeringkan, kamu bisa pula mengambil sari bunganya dan menyemprotkan ke beberapa area kasur.

Baca juga: 15 Merk Pengharum Kamar Tidur yang Awet

Beri Minyak Pohon Teh

cara membasmi tungau
Source : Unsplash

Cara menghilangkan tungau kasur yang terakhir adalah dengan memberi minyak pohon teh. Minyak pohon teh memiliki aroma yang sangat kuat.

Pins juga bisa memanfaatkannya untuk kecantikan seperti sebagai minyak pijat. Pengaplikasiannya sama dengan larutan garam. Cukup semprotkan ke beberapa barang yang memiliki potensi sebagai sarang tungau.

Bagaimana, mudah bukan cara membasmi tungau di atas? Alat dan bahannya sederhana serta harganya terjangkau namun efektif menghilangkan tungau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download